1
Muslim Lifestyle

Agar Berkah, Ini 9 Kebiasaan Rasulullah yang Bisa Ditiru

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Aisyah ra pernah ditanya tentang akhlak yang menjadi kebiasaan Rasulullah. Beliau menjawab, “Sesungguhnya akhlak Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam adalah Al Quran” (HR.Muslim).

Dari situ kita bisa memahami bahwa kebiasaan dan akhlak Rasulullah mencerminkan Al Quranul Karim. Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam telah memberikan teladan kepada kita bagaimana cara bersikap dan beraktivitas sebagai seorang muslim.

Ada banyak kebiasaan Rasulullah yang bisa kita teladani. Tim umroh.com telah merangkum 9 kebiasaan Rasulullah yang bisa kita teladani.

Baca juga: Nasihat Rasulullah dalma Berpakaian sesuai Syariat Islam

Kebiasaan Rasulullah

1. Sholat Subuh Rasulullah

Sholat Subuh menjadi penentu keberhasilan seorang muslim. Mereka yang pagi harinya diisi dengan Sholat Subuh berjamaah di masjid, maka akan mendapatkan jaminan dari Allah SWT. Agar bisa memulai hari dengan baik, kita bisa meniru kebiasaan sholat subuh Rasulullah.

Beliau biasa menunaikan sholat subuh bersama para Sahabat di masjid, dan kemudian tidak beranjak dari tempat sholatnya hingga matahari terbit. Ketika beliau mengetahui matahari telah terbit, beliau sholat dua rakaat, yang kini dikenal sebagai sholat sunnah syuruq. Kebiasaan Rasulullah itu dituturkan oleh Jabir bin Samurah dan diriwayatkan oleh Imam Abu Daud.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Para ulama menjelaskan bahwa waktu antara ba’da Subuh hingga setelah terbit matahari itu biasa digunakan Rasulullah untuk berdzikir. Setelah itu, kita bisa menunaikan sholat syuruq atau sholat dhuha di awal waktu. Boleh juga melakukan sholat dhuha sebanyak empat rakaat atau lebih di sepanjang rentang waktu dhuha (tidak harus setelah matahari terbit).

2. Kebiasaan Rasulullah Membantu Pekerjaan Istri

Setelah kembali dari masjid, Rasulullah bertemu dengan istrinya di rumah. Namun, beliau tidak lantas bersantai dan berleha-leha. Hal yang dilakukan Rasulullah adalah membantu istrinya.

webinar umroh.com

Aisyah ra. menuturkan (sebagaimana diriwayatkan Imam Ahmad) bahwa Rasulullah ikut membantu pekerjaan rumah tangga istrinya. Beliau tidak keberatan memerah susu kambing, menjahit baju, melayani kebutuhannya sendiri, hingga menjahit sandal.

3. Kebiasaan Rasulullah Bersikap Lembut kepada Keluarganya

Rasulullah merupakan pribadi yang lembut dan penuh kasih sayang. Dalam aktivitasnya di rumah, beliau selalu menunjukkan sikap yang baik, memuliakan, dan lembut.

Aisyah ra menuturkan bahwa Rasulullah tidak pernah memukul dengan tangannya, baik terhadap seorang wanita ataupun pelayan, melainkan di waktu sedang berjihad fi-sabilillah (HR.Muslim).

4. Kebiasaan Qailulah Rasulullah

Umroh.com merangkum, qailulah adalah tidur sejenak di siang hari. Kebiasaan ini beliau lakukan agar bisa bangun untuk sholat malam. Rasulullah bersabda, “Tidurlah pada waktu qailulah, karena sungguh setan tidak tidur qailulah.” (HR.Thabrani).

5. Makan dengan Tangan Kanan

Dalam hal sederhana seperti makan, ada kebiasaan Rasulullah yang bisa kita tiru agar makanan yang kita santap menjadi berkah. Rasulullah selalu makan dengan tangan kanan. Beliau bersabda, “Jika salah seorang dari kalian makan, hendaknya ia makan dengan tangan kanannya, dan jika minum hendaknya minum dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya” (HR.Muslim).

Yuk jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

6. Tidur Rasulullah

Tidur adalah saat manusia mengistirahatkan tubuhnya. Saat tidur, Rasulullah terbiasa berwudhu sebelum tidur, lalu sholat witir, membersihkan tempat tidur, kemudian berbaring menghadap kanan, dan ditutup dengan doa.

Rasulullah bersabda:

“Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat.” (HR.Bukhari dan Muslim).

“Apabila seorang dari kamu akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah mengibaskan kainnya pada tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di atasnya” (HR.Bukhari dan Muslim).

Abu Hurairah juga menuturkan, “Kekasihku yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewasiatkan kepadaku tiga wasiat: berpuasa tiga hari setiap bulannya, mengerjakan dua rakaat sholat Dhuha, mengerjakan witir sebelum tidur” (HR.Bukhari).

7. Kebiasaan Rasulullah Mengucapkan Salam

Rasulullah juga dikenal pribadi yang hangat dan selalu menjaga hubungan baik dengan orang di sekelilingnya. Dituturkan oleh Abu Hurairah, beliau pernah berpesan, “Hendaklah yang kecil memberi salam pada orang yang lebih tua, hendaklah yang berjalan memberi salam pada yang sedang duduk, hendaklah yang sedikit memberi salam pada yang banyak.” (HR.Bukhari dan Muslim).

8. Mengucapkan Terima Kasih dan Bersyukur

Nikmat Allah datang dari berbagai jalan. Karena itu, kita harus meneladani kebiasaan Rasulullah dalam berterima kasih kepada manusia dan bersyukur kepada Allah. Beliau bersabda, “Tidak dianggap bersyukur kepada Allah orang yang tidak bersyukur kepada manusia.” (HR.Abu Dawud).

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

9. Sholat Malam Rasulullah

Rasulullah terbiasa bangun malam untuk menunaikan sholat tahajud. Beliau berpesan kepada umatnya, ”Rabb kita turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir. Allah berfirman, ’Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku kabulkan. Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, niscaya Aku penuhi. Dan barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku ampuni.” (HR.Bukhari dan Muslim).