play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

Mau Doa Mustajab Selalu Terkabul? Rutinkan 10 Doa Ini!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Sebagai manusia, kita hendaknya selalu ingat untuk berdoa kepada Allah. Dengan senantiasa melibatkan Allah, urusan kita di dunia akan selalu dimudahkan. Doa Mustajab pun perlu dipraktikkan, agar doa kita lebih mudah dikabulkan Allah.

Allah telah berjanji untuk mengabulkan doa hamba-hamba-Nya. Allah berfirman, “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran”. (QS.Al Baqarah: 186).

Baca juga: Doa Adalah Senjata yang Sangat Ampuh? Ini Faktanya!

Rasulullah juga bersabda, “Tiada seorang berdoa kepada Allah dengan suatu doa, kecuali dikabulkanNya, dan dia memperoleh salah satu dari tiga hal, yaitu dipercepat terkabulnya baginya di dunia, disimpan (ditabung) untuknya sampai di akhirat, atau diganti dengan mencegahnya dari musibah (bencana) yang serupa.” (HR.At Thabrani).Karena itu, bacalah dzikir dan doa mustajab berikut ini setiap kita memiliki hajat.

Doa Mustajab yang Wajib Dihafalkan

1. Hauqalah

Lafal hauqalah adalah Laa haula wa laa quwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘adzim. Artinya, tiada daya dan upaya melainkan karena kekuatan Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung.

Ini menunjukkan pengakuan bahwa tidak ada kekuatan yang bisa menjadikan sesuatu terwujud (termasuk hajat kita) kecuali karena kekuatan dan kekuasaan Allah. Dengan membaca dan menghayati bacaan ini, kita dapat menguatkan penghambaan, kepasrahan, sekaligus harapan kita atas kekuatan Allah untuk membantu hajat kita.

Agar hajat terkabul, para ulama menganjurkan untuk membaca lafal ini sebanyak-banyaknya. Allah akan menurunkan pertolongan dengan izin-Nya.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

2. Basmallah

Salah satu cara agar hajat terkabul adalah bergerak untuk ikhtiar. Sebelum mulai berikhtiar, bacalah bismillahirrohmaanirrohiim dengan penuh penghayatan. Lafal Basmallah artinya “Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”. Dengan ini, Allah akan menyertai setiap langkah kita, sehingga memudahkan untuk mencapai hajat.

3. Istighfar

Salah satu penghalang terkabulnya hajat adalah dosa dari maksiat yang kita lakukan. Karena itu, sebaiknya kita memperbanyak istighfar. Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang memperbanyak istighfar, niscaya Allah akan melapangkan kesusahannya, memberi jalan keluar pada setiap kesukarannya, dan memberi rezeki tanpa diguga-duga”. (HR.Abu Daud dan Nasa’i).

4. Asmaul Husna

Allah memiliki Sifat-Sifat Mulia. Ada 99 nama Allah yang bisa kita lafalkan untuk memperlancar hajat. Seperti Al Fattah (Maha Pembuka Rahmat), Al Wahab (Maha Pemberi Karunia), Ar Razaq (Maha Pemberi Rizki), Al Hadi (Maha Pemberi Petunjuk), dan Al Malikal Mulk (Maha Penguasa Segala Kerajaan).

Allah berfirman, “Allah mempunyai Asmaul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna itu” (QS.Al A’raf: 180).

Mau jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci? Yuk temukan paket umroh terbaik cuma di Umroh.com!

5. Shalawat

Shalawat adalah doa mustajab dan dukungan kepada Allah. Satu kali bershalawat, akan dibalas 10 kali oleh Allah kepada kita. Sebagaimana sabda Rasulullah, “Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali” (HR.Muslim).

Umar bin Khattab juga menuturkan, “Saya mendengar bahwa doa itu ditahan di antara langit dan bumi, tidak akan dapat naik, sehingga dibacakan shalawat atas Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam” (HR.Tirmidzi).

6. Doa Rasulullah

Ada doa mustajab dari Rasulullah yang beliau panjatkan saat kesulitan, yaitu Allahu Allahu Rabbuna La Nusyrik bihi Syai’a. Artinya: “Allah, Allah Tuhan kami, kami tidak menyekutukan-Nya dengan apapun”. Jika dibaca dengan penuh keyakinan, maka Allah akan membantu agar hajat terkabul.

Doa tersebut diriwayatkan Imam At Thabrani dari Ibnu Abbas. Rasulullah bersabda, “Wahai Bani Abdul Muthalib, apabila kesusahan, kesukaran, atau kesulitan melanda kalian maka ucapkanlah: Allahu Allahu Rabbuna La Nusyrik bihi Syai’a (Allah, Allah Tuhan kami, kami tidak menyekutukan-Nya dengan apapun)”.

7. Surat Al Fatihah

Di dalam surat pembuka Al Quran ini terdapat kalimat iyyakana’budu wa iyyakansta’in. Artinya, hanya Engkaulah yang kami sembah dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.

Rasulullah menjelaskan dalam sebuah hadis qudsi. Allah sejatinya menjawab doa di dalam surat Al Fatihah tersebut. Rasulullah bersabda, “Allah berfirman dalam hadist Qudsi: “Aku membagi shalat antara Aku dan hamba-Ku menjadi dua dan untuk hamba-Ku apa yang ia minta.” Maka jika sang hamba membaca Alhamdulillahirabbil’alamin, Allah berkata: “Hamba-Ku menyukuri aku,”

dan jika membaca Araahman arrahiim, Allah berkata: “Hamba-Ku memuji Aku,”

dan jika membaca Maalikiyaumiddiin, Allah berkata: “Hamba-Ku pasrah kepada-Ku,

dan jika membaca Iyyakana’budu wa iyyakanasta’iin, Allah berkata: “Ini antara Aku dan hamba-Ku, dan untuk hamba-Ku apa yang ia minta,”

dan jika membaca Ihdinashiratolmustaqiim shiratoladzina an’amta ‘alaihim ghairil maghdhubi’alaihim waladhoollin, Allah berkata: “Ini untuk hamba-Ku dan untuk hamba-Ku apa yang ia pinta”” (HR.Muslim)

8. Surat Al Ikhlas

Surat yang terdiri dari empat ayat ini berisi pengakuan tentang keesaan Allah, dan pernyataan bahwa hanya Allah tempat bergantung. Jika dihayati, bacaan surat Al Ikhlas bisa menjadikan Allah mengabulkan hajat.

Sebagaimana dalam hadis berikut.

“Sesungguhnya Rasulullah mendengar seseorang berkata: “Ya, Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu, bahwa diriku bersaksi sesungguhnya Engkau (adalah) Allah yang tidak ada ilah yang haq disembah kecuali Engkau Yang Maha Esa, Yang bergantung (kepada-Mu) segala sesuatu, Yang tidak beranak dan tidak pula dipernakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan-Nya,”

Kemudian bersabda: “Sungguh dirimu telah meminta kepada Allah dengan nama-Nya, yang jika Ia diminta dengannya (pasti akan) memberi, dan jika Ia diseru dengannya, (pasti akan) mengabulkannya”” (HR.Abu Daud).

9. Surat Al Baqarah: 285-286

Para ulama menganjurkan kita membaca dua ayat terakhir surat Al Baqarah (ayat 285-286) setiap malam. Dengan itu, Allah akan memberikan kecukupan di dunia dan di akhirat. Itu juga bisa berarti Allah akan memudahkan hajat kita.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Rasulullah bersabda, “Siapa yang membaca dua ayat terkahir dari surat Al Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan” (HR.Bukhari dan Muslim).

10. Ayat Kursi (Al Baqarah: 255)

Surat Al Baqarah ayat 255 yang juga dikenal dengan nama Ayat Kursi ini menjelaskan betapa besarnya kekuasaan Allah. Di dalamnya ada pengakuan terhadap keesaan Allah, serta sifat-sifat Allah yang mulia. Jika membacanya dengan sepenuh hati, maka Allah akan menurunkan pertolongannya untuk memudahkan hajat kita.

Facebook Comments