1
Fashion

Apakah Wanita Muslim Perlu Diselamatkan?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Jilbab sering diwakili dengan cara yang menyamakannya dengan penindasan. Dalam bukunya Do Muslim Women Need Saving? Lila Abu Lughod, Profesor di Universitas Columbia, memeriksa penggunaan gambar-gambar wanita Muslim dalam burqa dalam kampanye untuk membangun dukungan bagi perang di Afghanistan. Dia mengilustrasikan bahwa gambar sederhana tentang seorang wanita Muslim dalam kerudung, mengandaskan asumsi Orientalis tentang penindasan dan kebutuhan untuk diselamatkan. Sebagian besar buku, artikel berita, dan studi barat tentang wanita Muslim menyebarkan citra palsu ini bahwa semua wanita Muslim memohon untuk diselamatkan oleh Barat. Ciri yang sama dalam semua karya ini adalah asumsi yang salah bahwa perempuan Muslim dilecehkan dan keinginan untuk melarikan diri ke cita-cita Barat.

Ada banyak faktor yang menindas wanita Muslim yang juga menindas pria dan wanita lain di seluruh dunia. Hanya sedikit penyakit, perang, ketimpangan, kemiskinan, pengangguran, dan pemerintahan korup. Mengapa persepsi yang dimiliki banyak orang di Barat adalah bahwa wanita Muslim ditindas oleh agama? Faktanya, sebagaimana dicatat oleh Abu Lughod, Laura Bush sebagian membenarkan perang di Afghanistan dengan mencatat bahwa perempuan yang dilindungi perlu dibebaskan. Yang menarik adalah bahwa bahkan setelah perang usai, dan kelompok-kelompok ekstremis dicopot, wanita Muslim di Afghanistan masih berlindung.

Tak terhitung kali, perempuan Muslim ditanya kapan mereka “dipaksa” untuk mengenakan jilbab. Daripada bertanya kapan mereka memilih untuk memakainya, banyak orang langsung menyimpulkan bahwa itu dilakukan atas kehendak mereka dan bahwa mereka hidup dalam penindasan. Apa yang sering gagal dilihat orang adalah bahwa jilbab bukanlah tanda penindasan.

Wanita Muslim memandang jilbab sebagai simbol kebebasan dan pilihan yang mereka buat sendiri. Dengan semua liputan negatif tentang jilbab, dan obsesi dengan pakaian wanita Muslim di media, membuat orang lain sulit untuk menganggap jilbab sebagai simbol kebebasan.

Ini melambangkan kesederhanaan, di mana seorang wanita Muslim dibebaskan dari keharusan untuk memenuhi standar kecantikan yang ribuan wanita dan gadis muda saat ini berusaha keras untuk menyesuaikan diri. Dalam generasi di mana anak perempuan merasa perlu untuk mengatupkan bibir mereka dan minum pil penurun berat badan untuk membantu mereka mencapai tubuh yang mirip dengan model dan selebriti Instagram, kerendahan hati dan kepercayaan diri sering kali dilupakan, dan agak berkurang sepenuhnya dari kehidupan orang-orang.

Ini berkontribusi pada citra kecantikan yang terdistorsi, di mana segala sesuatu yang berbeda dari apa yang sedang tren dipandang sebagai tidak normal. Seorang wanita yang memamerkan rambutnya dan memamerkan kulitnya yang tanpa cacat tidak membuatnya lebih cantik daripada orang yang memilih untuk menampilkan kecantikannya melalui tindakan kesederhanaan. Sama seperti wanita yang mengenakan jilbab kadang-kadang dikasihani karena mengenakan jilbab, mereka juga mengasihani para gadis yang merasa perlu memamerkan tubuh mereka dan memikat pria secara fisik agar merasa cantik.

Obsesi Barat terhadap jilbab berakar dari ketidakmampuan untuk memahami mengapa wanita rela memutuskan untuk menutupi dirinya dengan cara yang tidak sesuai dengan norma masyarakat. Adalah tugas mereka yang peduli dengan hak-hak perempuan untuk mengatasi anggapan dan citra yang salah tentang perempuan Muslim ini. Wanita Muslim yang pantas berpikiran terbuka dan stereotip tentang mereka harus ditantang dan dihilangkan. Kemarahan tentang jilbab sering datang dari orang lain, biasanya pria, yang memberi tahu wanita cara berpakaian.

 

webinar umroh.com