1
Muslim Lifestyle

Begini Adab Berpakaian dalam Islam dan Contohnya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Setiap muslim sudah seharusnya untuk menggunakan pakaian yang rapi dan indah. Pakaian yang digunakan bukan hanya untuk berfungsi sebagai menutup aurat dan hiasan. Akan tetapi harus dapat menjaga kesehatan lapisan terluar tubuh kita. Kulit kita juga berfungsi sebagai pelindung dari berbagai kerusakan-kerusakan fisik seperti gesekan, penyinaran dari matahari, kuman-kuman maupun panas zat kimia dan lain sebagainya dari penerapan adab berpakaian.

Dalam kaitannya dengan penggunaan bahan, hendaknya pakaian tersebut terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat, seperti bahan katun, karena bahan katun itu sendiri memudahkan untuk terjadinya penguapan keringat, dan untuk menjaga kestabilan tubuh agar tetap normal dan tidak gerah. Tetapi sebagai kaum wanita muslimah alangkah baiknya untuk menggunakan pakaian yang tidak membentuk tubuhnya dan tentunya harus menutupi bagian dada, agar terhindar dari segala bentuk fitnah.

Baca juga : Inilah Penjelasan Jenis-jenis Sholat Jamak

Pengertian Adab Berpakaian dalam Islam

Menurut ajaran islam, berpakaian adalah dimana seseorang muslim harus mengenakan pakaian yang menutupi auratnya dan sekaligus menggunakan perhiasan untuk memperindah jasmani seseorang muslim. Sebagaimana yang telah ditegaskan oleh Allah SWT di dalam firmannya :

“Wahai anak Adam! Sesungguhnya Kami telah menyediakan pakaian untuk menutupi auratmu dan untuk perhiasan bagimu. Tetapi takwa itulah yang lebih baik. Demikianlah sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.” (QS. Al-A’raf : 26)

Dari ayat tersebut tentunya sudah memberikan acuan cara berpakaian sebagaimana yang telah dituntut oleh sifat takwa, yaitu untuk menutup aurat dan menggunakan pakaian yang rapi, sehingga tampak simpati dan berwibawa serta anggun untuk dipandang, bukan sebaliknya sebagai bahan yang menggiurkan dari lawan jenis.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Umroh.com merangkum, islam juga sangat menganjurkan kepada umatnya untuk selalu menggunakan pakaian rapi dan bersih dalam kehidupan sehari-hari. Karena rapi dan bersih merupakan anjuran dari Rasulullah SAW yang mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Artinya, orang yang beriman tentu akan selalu menjaga kebersihannya.

Contoh Adab dalam Berpakaian

Di dalam ajaran Islam itu sendiri, berpakaian bukan hanya sekadar kain yang menutupi badan, dan bukan hanya sebagai mode atau trend dari perkembangan zaman. Islam mengajarkan kepada umatnya mengenai tata cara atau adab berpakaian yang sesuai dengan agama, baik secara moral, indah untuk dipandang dan nyaman saat digunakan. Diantara adab berpakaian dalam pandangan islam yaitu sebagai berikut :

webinar umroh.com
  • Seseorang tersebut harus memperhatikan syarat-syarat dalam berpakaian yang sesuai dengan ajaran islam, yaitu dengan menutupi aurat, dan tidak berpakaian yang menonjolkan lekukan tubuh dan terutama untuk bagi kaum wanita diwajibkan untuk menutupi bagian dada.
  • Menggunakan pakaian yang bersih dan rapi, sehingga tidak terkesan seperti kumal dan dekil, tentunya yang akan berpengaruh terhadap pergaulan dengan sesama manusia lainnya.
  • Ketika menggunakan pakaian hendaknya mendahulukan anggota badan yang sebelah kanan, baru kemudian disusul dengan bagian kiri.
  • Tidak menyerupai pakaian wanita bagi laki-laki, dan bagi wanita tidak menyerupai pakaian bagi laki-laki.

Jadilah tamu istimewa Allah dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]
  • Tidak menyerupai pakaian yang seperti digunakan oleh pendeta Yahudi, atau Nasrani dan atau apapun itu yang melambangkan pakaian kebesaran dari agama lain.
  • Tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat dan transparan, sehingga membuat kesan ingin diperlihatkan tekuk tubuhnya atau mempertontonkan kelembutan kulitnya.
  • Tidak terlalu berlebihan atau dengan senjaga melebihkan lebar kainnya, sehingga terlihat seperti berat dan ringkuh pada saat menggunakannya, di samping itu juga tentunya bisa mengurangi nilai pantas dan keindahan pemakainya.
  • Sebelum memakai pakaiannya, hendaklah berdoa terlebih dahulu, yaitu : “Segala puji bagi Allah yang telah memberi pakaian dan rezeki kepadaku tanpa jerih payahku dan kekuatanku.” 

Memperaktikkan Adab Berpakaian dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sebagian muslim yang beriman, hendaknya kamu menggunakan pakaian yang sesuai dengan ajaran islam. Bagi wanita, pakaian harus menutupi seluruh aurat. itu artinya seluruh tubuh wanita harus tertutup oleh pakaian (busana) kecuali muka dan telapak tangan. Selain itu sebagai seorang muslim juga harus menggunakan pakaian yang pantas dan menarik untuk dipandang dan sesuai dengan ukuran tubuhnya. Begitu pula dengan seorang muslim pakaiannya juga harus menutupi aurat dan tidak berlebihan. Untuk membiasakan diri mempraktikkan adab berpakaian secara islami, hendaklah terlebih dahulu untuk perhatikan hal berikut ini :

manfaat dzikir

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

  • Tanamkanlah keimanan yang kuat dalam hati, agar niat yang baik dalam hati tidak ter goyahkan
  • Yakinlah dalam hati bahwa dengan menutup aurat bagi seseorang muslim dan muslimah adalah sebuah kewajiban hukumnya, sehingga akan mendapatkan dosa jika tidak sesuai dengan ajaran islam.
  • Tanamkanlah keyakinan bahwa islam tidak bermaksud untuk memberatkan umatnya dalam berpakaian justru hal tersebut sebaliknya memberikan kebebasan dan perlindungan bagi harkat dan martabat umatnya.
  • Tanamkanlah rasa bangga ketika menggunakan pakaian yang sesuai dengan ajaran islam, sebagai bentuk dari perwujudan keimanan yang kuat dari diri seorang muslim atau muslimah.