1
Kuliner

Akkawi Manakeesh, Nikmatnya Roti Keju dengan Taburan Jintan Hitam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Manakeesh adalah hidangan Timur Tengah yang mirip dengan pizza. Hidangan ini terbuat dari adonan roti yang dipipihkan, umumnya dengan bentuk bulat, lalu diberi bermacam-macam topping dan dipanggang. Topping manakeesh cukup beragam. Ada yang berupa rempah-rempah, keju, atau daging, mirip seperti pizza.

Masyarakat di Arab Saudi biasa mengkonsumsi roti ini sehari-harinya. Ada beragam manakeesh, mulai dari Zaatar Manakeesh dengan toping rempah-rempah, hingga Akawi Manakeesh, dengan topping keju.

Akkawi Manakeesh

Akkawi Manakeesh adalah roti keju khas Arab yang diberi taburan jintan hitam.   Dinamakan Akkawi Manakeesh karena di bagian atas roti ini diberi toping keju akkawi. Keju ini adalah keju khas timur tengah yang berasal dari daerah Acre atau Akka, yang merupakan daerah di sebelah selatan Israel. Kata ‘akkawi’ sendiri artinya ‘berasal dari Akka’. Keju ini merupakan jenis keju mentah yang lembut, dengan tekstur yang kenyal dan memiliki sedikit cita rasa asin.

Selain mengenyangkan, roti Akkawi Manakeesh ini juga menyehatkan, karena menggunakan jintan hitam sebagai toppingnya. Kita juga bisa, lho membuat Akkawi Manakeesh sendiri di rumah. Caranya ikuti resep di bawah ini, yuk.

Resep Akkawi Manakeesh

Untuk membuat roti Akkawi Manakeesh ini sediakan :

  • 1 ¼ air hangat-hangat kuku
  • 1 sendok teh ragi kering
  • 3 setengah cangkir tepung all purpose
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak sayur
  • 500 gram keju Akkawi. Jika sulit menemukan keju Akkawi, kita juga bisa menggunakan keju mozarella.
  • 1 sendok makan gula
  • 2 sendok makan jintan hitam.

Cara Membuat Akkawi Manakeesh

Cara membuatnya adalah dengan menuangkan air yang hangat-hangat kuku di dalam mangkuk, lalu masukkan ragi dan aduk-aduk. Diamkan selama 5 menit, hingga ragi bereaksi. Ciri-ciri ragi yang bereaksi adalah muncul gelembung-gelembung di permukaan atasnya.

Setelah itu di baskom terpisah, campurkan tepung terigu, garam, dan gula. Setelah diaduk rata, tuangkan air ragi secara perlahan. Masukkan juga minyak sayur, lalu campur hingga rata. Uleni selama 5 hingga 10 menit, hingga kita mendapatkan adonan yang lembut dan elastis.

Letakkan adonan pada mangkuk bersih yang lebih besar dan sudah diolesi dengan minyak. Tutup baskom dengan handuk bersih, lalu biarkan hingga mengembang selama kurang lebih 1,5 hingga 2 jam. Setelah didiamkan, adonan akan mengembang sebanyak 2 kali.

webinar umroh.com

Selama menunggu adonan mengembang, kita bisa menyiapkan keju Akkawi di mangkuk terpisah. Rendam dengan air agar rasanya tidak terlalu asin.

Saat adonan sudah mengembang, saatnya untuk dicetak. Bagi adonan menjadi 4 bagian yang sama besar, lalu diamkan lagi selama 30 menit. Sementara itu, kita bisa memanaskan oven.

Saat adonan yang sudah didiamkan selama 30 menit itu mengembang lagi, Pipihkan dengan menggiling di permukaan yang rata, hingga diameternya sekitar 25 cm, atau sesuai selera. Saring keju Akkawi yang sudah direndam dengan air, lalu taburkan di atas adonan. Di atas keju yang telah ditaburkan, taburkan juga biji jintan hitam.

Panggang adonan roti tersebut di atas loyang yang telah diberi lapisan kertas panggang, atau diolesi minyak. Setelah 20 menit atau permukaan roti menjadi keemasan, angkat lalu sajikan hangat-hangat.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.