1
Muslim Lifestyle

Alasan Doa Sangat Penting Dalam Hidup Manusia di Dunia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – sebagaimana yang kita ketahui, doa merupakan kunci dan jalan bagi setiap umat muslim untuk meminta pertolongan serta perlindungan dari Allah SWT. namun, nyatanya masih banyak di antara kita yang masih enggan berserah diri untuk memohon doa kepada Allah SWT. Entah karena lupa, tidak yakin, tidak menganggap pentingnya pengaruh doa untuk kehidupannya, Alasan doa sangat penting dalam hidup sebagai umat yang beragama khususnya agama islam.

Atau mungkin lebih mengandalkan dirinya sendiri dan bantuan manusia karena merasa sudah cukup mampu dalam mengatasi kehidupannya di dunia sehingga saat diperintahkan untuk senantiasa berdoa dan memohon kepada Allah SWT terkadang ada sebagian manusia yang seolah mengingkari hal tersebut dan bahkan bertanya  “ Mengapa saya harus berdoa kepada Allah SWT sedangkan hidup saya sudah dipenuhi rasa aman ? atau mengapa saya harus berdoa pada Allah SWT sedangkan Ia pun tak pernah jawab doa saya ?

Baca juga : Ini Perbedaan Ucapan Subhanallah Dengan Masyaallah

Pentingnya Manusia Memanjatkan Doa

Ketahuilah bahwa Allah SWT ialah sebaik baiknya pendengar,  yang paling mengetahui, dan lagi Maha Kuasa melakukan apa saja. Dalam kehidupan manusia, sejatinya Allah SWT sudah mengatur dan mengetahui apa-apa yang akan dialami hambaNya semasa hidup. Meskipun Allah sudah mengatur kehidupan dan segala apa pun yang akan terjadi pada hambaNya di dunia, Allah memberikan kesempatan kepada manusia untuk senantiasa meminta permohonan, keinginan dan harapan kepadaNya. Bahkan Allah SWT memberikan perintah untuk berdoa kepadaNya. Luar biasanya lagi walaupun manusia tidak meminta doa kepada-Nya, Allah SWT tetap akan memberikan kepada manusia apa yang sudah menjadi haknya dalam hidup.

Allah SWT tidak akan membiarkan manusia larut dalam permasalahan hidupnya di dunia. Allah SWT memang tidak membutuhkan pemberitahuan dari manusia apa yang menjadi kebutuhan, keinginan dan harapannya, karena Allah SWT Maha Mendengar dan Maha Mengetahui apa yang ada di seluruh muka bumi.

Keagungan dan kemuliaan Allah tidak akan bertambah karena manusia memuliakan dan  menganggungkanNya dengan permohonan doa kepada-Nya. akan tetapi apabila manusia tidak mau berdoa kepada Allah SWT saat berada dalam kesulitan, penderitaan atau malapetaka.

Manusia tidak bisa mengubah kesulitan itu dengan tangan mereka sendiri sehingga mengharuskan manusia tersebut untuk mengetahui alasan doa sangat penting kepada Allah SWT. karena sejatinya pentingnya berdoa dalam kehidupan ini sebenarnya ialah untuk diri manusia dan kehidupannya sendiri baik itu secara jasmani maupun rohani.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah!Yuk download sekarang juga!

Doa Adalah Perintah Dari Allah SWT

hukum membaca doa iftitah

Sebagaimana yang kita ketahui doa adalah ibadah bagi setiap umat muslim. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

webinar umroh.com

 “Doa adalah ibadah”. (HR. Abu Daud, Shahih).

Dan Allah SWT berfirman : “Berdoalah kepadaKu, niscaya Kukabulkan. Sesungguhnya orang-orang yang sombong (enggan) beribadah kepadaKu, akan masuk ke neraka jaha          nam dalam keadaan terhina” (QS. Ghafir : 60).

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan, Rasulullah shallalahu ‘alayhi wa sallam bersabda : 

“Barang siapa tidak memohon kepada Allah, ia akan dimurkai” (HR. At-Tarmidji dan Ibnu Majah, Hadist Hasan).

Doa Akan Mendekatkan Diri Kita Dengan Allah SWT

Umroh.com merangkum, memanjatkan doa sama hal nya berkomunikasi dengan Allah SWT. berkeluh kesah, meminta pertolongan, meminta solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi, bahkan membicarakan seputar angan dan cita-cita yang mungkin belum terlaksana dalam hidup. Semakin sering kita berbicara dan mendekatkan diri dengan Allah SWT lewat ibadah doa, semakin terasa dekat pula Allah SWT di hati kita.

Sebagian sahabat RA bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah Rabb kami itu dekat sehingga cukup bersuara lirih ketika berdoa ataukah Rabb kami itu jauh sehingga kami menyeru dengan suara keras?” karena pertanyaan itu kemudian Allah SWT menurunkan ayat berikut,

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

Jadilah tamu istimewa Allah dengan temukan paket umroh terbaik di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Allah SWT Sebaik Baiknya Perancang Hidup Masa Depan Manusia

Dalam hidupnya, manusia tidak akan pernah bisa mengetahui sesuatu yang akan terjadi dimasa mendatang. Untuk melindungi hal-hal yang tidak baik atau merugikan dirinya pada saat sekarang dan akan datang, semua manusia sadar bahwa sesama manusia tidak akan mampu membantu dirinya menyelesaikan hal-hal yang tidak diketahui. Ini berarti manusia mutlak sepenuhnya membutuhkan pertolongan Allah SWT.

Tidak di pungkiri bahwasanya Allah SWT telah memberi petunjuk kepada kita agar senantiasa memanjatkan doa kepadaNya. Dengan doa inilah Allah SWT memberikan jalan dan pertolongan kepada hambanya dengan cara yang sama sekali tidak  diketahui sebelumnya dan dari arah yang sama sekali tidak diduga oleh seorang hamba. Hal ini membuktikan bahwa doa merupakan sarana yang menjadi kepentingan manusia sendiri, bukan kepentingan bagi Allah SWT.

Doa yang kita panjatkan kepada Allah SWT  insyaAllah akan menghilangkan semua bentuk kekacauan batin, pikiran dan perasaan kita pada saat kita tidak lagi dapat mencari jalan dalam mengatasinya. Pada saat itu pula jiwa kita hanya bisa bersandar diri kepada Allah.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Sudah sangat jelas alasan doa sangat penting kepada Allah SWT untuk semua urusan di dunia, karena manusia diciptakan oleh Allah SWT, bukan mereka sendiri yang menciptakan diri mereka. Jadi, yang paling memahami tentang manusia dan kehidupan mereka adalah Allah SWT, bukan manusia itu sendiri. Sudah sepatutnya manusia memiliki semangat yang kuat untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT, yang mana itu juga untuk keuntungan dan kebaikan bagi dirinya. Karena tak ada daya dan upaya manusia dapat melakukan sesuatu dan mendapatkan yang diinginkannya kecuali hanya karena ada pertolongan dari Allah SWT.