1
Doa

Ini Perbedaan Ucapan Subhanallah Dengan Masyaallah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com- Ucapan subhanallah dan masyaallah tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena kalimat tersebut senantiasa diucapkan oleh kaum muslim di seluruh dunia. Namun tak sedikit pula kaum muslim yang masih bingung membedakan antara kalimat subhanallah dengan masyaallah, karena ucapan tersebut memiliki makna dan berbeda penempatan pula. Terdapat perbedaan ucapan subhanallah dengan masyaallah yang sampai saat ini masih salah umat muslim mengucapnya.

Banyak dari mereka yang sering tertukar dalam menempatkan pengucapannya. Lantas apa bedanya kalimat subhanallah dengan masyaallah? Nah..jika Anda masih bingung dan untuk menjawab rasa kebingungan Anda berikut telah penulis rangkum perbedaan kalimat subhanallah dengan masyaallah serta kapan waktu yang tepat untuk kita mengucapkan kedua kalimat tersebut.

Baca juga : Catat! Ini 10 Contoh Akhlakul Karimah dalam Kehidupan

Pengertian Subhanallah

Subhanallah dalam bahasa arab sering di artikan “maha suci allah” kalimat ini merupakan kalimat tasbih yang di sunnahkan membacanya ketika selesai melaksanakan sholat wajib. Namun masih banyak dari kita yang sering kali tertukar menyebutkan antara subhanallah dengan masyaallah. Perlu Anda ingat bahwa ucapan subhanallah sangat tepat di gunakan setiap kali Anda melihat atau mendengar sesuatu yang tidak baik dan juga berbagai keburukan yang jelek.

Bukan untuk hal-hal yang baik-baik atau keindahan. Dengan mengucapkan kalimat subhanallah menegaskan bahwa Allah SWT maha suci dari semua keburukan tersebut. Perbedaan ucapan subhanallah dengan masyaallah juga memiliki arti yang beda disamping hanya sekadar salah ucap.

Sesuai dengan kutipan dari Abu Hurairah yang berkata : “Suatu hari aku berjunub dan aku melihat Rasulullah SAW berjalan bersama para sahabat, lalu aku menjauhi mereka dan pulang untuk mandi junub. Setelah itu aku datang menemui Rasulullah SAW beliau bersabda : ‘wahai Abu Hurairah, mengapakah engkau malah pergi ketika kami muncul? Akupun menjawab : ‘wahai Rasulullah, aku kotor (dalam keadaan junub) dan aku tidak nyaman untuk bertemu kalian dalam keadaan junub. Rasulullah SAW bersabda : Subhanallah, sesungguhnya mukmin tidak najis”. (HR. Tirmizi). Rasulullah SAW pun bersabda ”sesunggungnya mukmin tidak najis”, maksudnya, keadaan junub jangan menjadi halangan untuk bertemu sesama muslim.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Pengertian Masyaallah

Masyaallah dalam bahasa arab memiliki arti “Allah SWT telah berkehendak akan hal itu”. Ucapan tersebut sebagai salah satu ungkapan seorang muslim untuk menunjukkan kekaguman baik itu terhadap orang, sesuatu ataupun kejadian. Sebagai contohnya jika kita melihat bangunan yang indah dan megah, memasuki kebun yang cantik.

Mendapat prestasi yang membanggakan, dan menggunakan teknologi yang canggih, nah untuk hal-hal yang telah disebutkan tersebut kita patut mengucapkan kalimat masyaallah, sebagai bentuk penghargaan sekaligus pengingat bahwa semua itu bisa terjadi hanya karena kehendak Allah SWT.

webinar umroh.com

Sesuai dengan surat Al Kahfi ayat 39 yang memiliki arti : “Dan mengapa kamu tidak mengatakan waktu kamu memasuki kebunmu ‘Masyaallah, laa quwwata illaa billaah’ (sungguh atas kehendak Allah SWT semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah SWT). Sekiranya kamu anggap aku lebih edikit darimu dalam hal harta dan keturunan”.

Jadilah tamu istimewa Allah dengan temukan paket umroh terbaik di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Bagaimana Jika Tertukar Pengucapannya?

Kata subhanallah di ungkapkan dalam mensucikan Allah SWT dari hal yang tak pantas dan kata masyaallah di ungkapkan sebagai ekspresi penghargaan sekaligus pengingat bahwa semua itu bisa terjadi karena hanya kehendak-Nya. Namun banyak diantara kita yang masih sering tertukar pengucapan dan juga salah mengartikan ucapan subhanallah dengan masyaallah, lantas bagaimana jika kita tertukar mengucapkan subhanallah, padahal seharusnya masyaallah, begitu pun sebaliknya.

Anda tidak perlu khawatir karena jawabannya insyaallah tidak berdosa. Karena Allah SWT maha mengerti maksud perkataan hamba-Nya. Namun ada baiknya setelah kita mengetahui hal tersebut, mari kita biasakan untuk mengungkapkannya dengan tepat dan benar antara kalimat subhanallah dengan masyaallah.

perbedaan ucapan subhanallah dengan masyaallah

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Umroh.com merangkum, dengan mengetahui kedua makna dari kalimat tersebut, sekarang Anda sudah paham dan bisa bedakan bukan penggunaan kalimat subhanallah dengan masyaallah? Jika sudah, jangan sampai tertukar lagi ya untuk pengucapan kedua kalimat tersebut, karena dengan mengetahui kedua makna dari kalimat tersebut tentunya memberikan makna yang lebih baik dalam usaha kita mendapatkan rahmat Allah SWT dengan cara mengucapkan kedua kalimat tersebut. Semoga informasi yang di sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua yang membacanya.