1
Muslim Lifestyle

Dalil Tentang Doa Berjamaah Dalam Islam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Sebagaimana seorang muslim tentu Anda pernah melakukan doa secara bersama – sama baik itu dalam keadaan selesai sholat berjamaah, mengikuti kajian islam, pengajian rutin, ataupun hal lainnya. Dalam hal ini doa berjamaah sesungguhnya tidak diperintahkan atau tidak diharuskan untuk dilakukan. Terdapat dalil tentang doa berjamaah yang memberikan banyak manfaat dan juga amalan baik kepada Anda dan juga orang yang berjamaa

Saat Anda berdoa, sejatinya syarat utama pengabulan doa Anda yang ditemukan dalam al-Qur’an dan Sunnah, ialah keikhlasan dalam berdoa serta beribadah kepada-Nya. Doa adalah inti ibadah, bisa dilakukan bersama-sama atau sendiri-sendiri. Semakin banyak orang berdoa maka semakin yakin do’a kita akan dikabulkan.

Baca juga : Ini 14 Keistimewaan Surat Al Fatihah yang Jarang Diketahui

Apakah Doa Berjamaah Merupakan Sebuah Sunnah ?

Doa bersama, atau doa jama’i, adalah berdoa dimana ada seorang yang memimpin doa lalu orang-orang di belakang mengaminkannya. Maka dalam hal ini ada perincian di dalamnya :

Umroh.com merangkum, ada dalil khusus yang menunjukkan pelaksanaannya, seperti saat Qunut, doa istisqo (meminta hujan) dll. Ada juga yang tidak ada dalilnya, seperti doa bersama setelah sholat wajib, setelah pemakaman, pernikahan, dll. Maka dalam kondisi tersebut penjabarannya ialah :

Jika tidak di senantiasakan, tidak dirutinkan, tidak dianggap sebagai sunnah, dilakukan kadang – kadang, insidentil, maka yang demikian ini adalah tidak mengapa. Akan tetapi jika dirutinkan, di senantiasakan, dikerjakan terus menerus, dan seakan – akan dianggap bagian dari sunnah, maka yang demikian ini adalah tidak boleh, karena termasuk dalam bid’ah ( perbuatan yang dikerjakan tidak menurut contoh Rasul ).

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Dalil Doa Berjamaah

Dari Abi Amamah RA berkata, Rasulullah Saw pernah ditanya doa apa yang paling cepat di ijabah,  Rasulullah Saw menjawab :

“ Doa di tengah malam dan doa setelah sholat lima waktu.” (HR. Tirmidzi)

webinar umroh.com

Berdasarkan riwayat inilah, Imam Nawawi Rahimahullahu ‘Anhu menyampaikan bahwa para Ulama sepakat berdoa setelah sholat hukumnya sunnah. 

Ada pun berdoa berjamaah merupakan anjuran dari Rasulullah Saw sebagaimana Hadits Riwayat Imam Thabrani sebagai berikut :

Dari Habib bin Maslamah Al-Fihri RA, ia adalah seorang yang dikabulkan doanya dan berkata: Saya mendengar Rasulullah Saw bersabda :

“Tidaklah berkumpul suatu kaum muslim yang sebagian mereka berdoa, dan sebagian lainnya mengamininya, kecuali Allah mengabulkan doa mereka.” (HR. al-Thabarani) 

Bahkan dalam riwayat Imam Al-Dailami disebutkan bahwa orang yang berdoa dan mengaminkan berserikat dalam pahala.

“Dari Ibn Abbas Radhiyallahu ‘anhuma, berkata: “Rasulullah SAW bersabda: “Orang yang berdoa dan orang yang membaca amin sama-sama memperoleh pahala.” (HR. al-Dailami ).

Tak hanya melancarkan rezeki, umroh juga menjadikan Anda tamu istimewa Allah. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Imam Bukhari dan Imam Muslim dari Sahabat Abu Hurairah berikut ini:

“Sesungguhnya Allah memiliki malaikat yang ditugaskan untuk berkeliling di jalan-jalan untuk melihat ahli-ahli dzikir, Maka apabila mereka mendapati suatu kaum yang sedang berdzikir kepada Allah mereka menyeru: sampaikanlah hajat kalian, Maka para malaikat meliputi mereka dengan sayap-sayap mereka hingga mereka sampai ke langit dunia. Kemudian para malaikat ditanya oleh Allah yang lebih mengetahui dari pada para malaikat: Apa yang dikatakan oleh para hamba-hambaku? Para malaikat berucap: Mereka mensucikan-Mu, Membesarkan-Mu, Memuji-Mu, dan Mengagungkan-Mu. Maka Allah Ta’ala berkata: Apakah mereka melihat-Ku? Para malaikat menjawab:Tidak, demi Allah, Mereka tidak melihat-Mu, Maka Allah berkata: Dan bagaimana jikalau mereka melihat-Ku? Para malaikat menjawab: Kalau mereka melihat-Mu mereka akan lebih sangat dalam beribadah pada-Mu, Lebih banyak mengagungkan-Mu,Dan akan bertambah banyak Mensucikan-Mu.Maka Allah Ta’ala berkata pula: Apa permintaan mereka kepada-Ku? Para malaikat menjawab: Mereka meminta kepada-Mu surga, Kemudian Allah berkata: Apakah mereka pernah melihat surga tersebut? Para malaikat menjawab: Belum, Demi Allah mereka tidak pernah melihatnya. Maka Allah berkata: Bagaimana jika mereka melihatnya? Para malaikat menjawab:Kalau mereka melihatnya niscaya mereka akan bertambah giat untuk mendapatkannya, dan akan bertambah sangat memintanya pada-Mu, dan akan lebih besar keinginan mereka untuk mendapatkannya. Allah Ta’ala berkata pula: Dari apa mereka meminta perlindungan kepada-Ku? Para malaikat menjawab: Mereka meminta perlindungan pada-Mu dari dari neraka. Allah berkata pula: apakah mereka pernah melihatnya? Para malaikat menjawab; tidak, mereka tidak pernah melihatnya, Allah ta’ala berkata: Bagaimana jika mereka melihatnya? Para malaikat menjawab: Jikalau mereka melihatnya mereka akan bertambah takut terhadapnya, dan akan bertambah lari mereka darinya, Maka Allah Ta’ala pun Berkata: Saksikanlah bahwa Aku telah memberikan ampunan kepada mereka,maka salah satu di antara malaikat berkata: di antara para hamba-hamba-Mu itu ada yang datang hanya karena suatu hajat, Allah berkata: Mereka para ahli majelis, ia tidak merusak majelis mereka.

Hadits tentang ruqyah

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

dalil tentang doa berjamaah sudah menjelaskan bagaimana sudah jelaskah pasal tentang doa berjamaah ? melaksanakan ataupun tidak itu adalah hak dari setiap masing – masing umat muslim. Yang terpenting kita tidak sampai menjadi keliru akan hal tersebut dan menjerumuskan diri kedalam sebuah perbuatan bid’ah. Naudzubillah