1
Fashion

Terungkap! Ini Alasan Islam Menyuruh Wanita Berkerudung

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Jakarta, Umroh.com – Perempuan muslimah, tentu harus mengetahui perintah dari Allah SWT mengenai bagaimana hukum mengenai menggunakan kerudung. Dalam ajaran agama islam, hukum seorang wanita muslim menggunakan kerudung adalah wajib bagi siapa saja yang sudah baligh atau sudah cukup umur. Bila wanita muslimah tersebut tidak mengikuti perintah dari Allah SWT dan tidak menutup auratnya maka dia akan berdosa. 

Umroh.com merangkum, dalam perkembangan zaman seperti sekarang ini, banyak sekali wanita muslimah yang mengganggap bahwa berkerudung hukumnya tidak wajib, dan jika wanita Muslimah tersebut menggunakan kerudung maka dia akan dijuluki sebagai wanita yang tidak gaul, bukan hanya itu perkembangan globalisasi juga yang menyebabkan para kaum wanita memiliki sifat seperti kebarat-baratan, dimana pakaian yang dia kenakan tidak menutup auratnya dan terbuka, sehingga tidak menunjukkan jati dirinya sebagai seorang wanita muslimah.

Baca juga: Catat Baik-baik! Hindari 5 Hal Ini saat Berhijab

Alasan Wanita Muslimah Harus Berkerudung

1. Sebagai bentuk wujud ketaatan kepada Allah SWT

Sebagai seorang wanita muslimah, tentunya kita harus taat kepada perintah Allah SWT, dengan taat kepada perintah Allah SWT, maka kita akan mendapatkan kebahagiaan dan kesuksesaan di dunia, karena dengan taat maka kita juga akan mendapatkan ketenangan dalam hidup, dan tentunya semakin dekat dengan Allah SWT.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

“Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar”. [Al Ahzab:71]

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

“Sungguh akan merasakan manisnya iman, seseorang yang telah rela Allah sebagaiRabb, Islam sebagai agama, dan Muhammad sebagai Rasul utusan Allah”. [HR Muslim].

webinar umroh.com

Allah SWT berfirman “Dan katakanlah kepada wanita yang beriman: Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluan-nya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya.” (Q.S An-Nur: 31)

2. Identitas dan pelindung wanita muslimah

Dengan berkerudung, maka identitas wanita muslimah akan nampak dan tentunya akan berbeda dengan wanita yang bukan muslimah, dengan berkerudung juga, wanita muslimah akan dilindungi dari kejahatan ketika sedang berada dijalan, karena dengan menggunakan pakaian tertutup, maka orang lain pun enggan untuk menggodanya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Hai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mu’min.

“Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu.” (Q.S. Al-Ahzab: 59).

Mau dapat tabungan hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini dan dapatkan sekarang juga!

3. Pamer aurat dan keindahan tubuh merupakan bentuk maksiat yang mendatangkan murka Allah dan RasulNya.

Allah SWT berfiman “Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan RasulNya maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata”. [Al Ahzab:36].

Rasulullah SAW bersabda “Setiap umatku (yang bersalah) akan dimaafkan, kecuali orang yang secara terang-terangan (berbuat maksiat)”. [Muttafaqun alaih].

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

4. Simbol kesucian

Jilbab merupakan simbol kesucian hati seorang muslimah. Untuk menghindari fitnah dan membatasi diri dari penyakit hati. “Apabila kamu meminta suatu (keperluan) kepada mereka (istri-istri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir. Cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka.” (Q.S. Al-Ahzab: 53)

5. Tidak berkerudung dan memamerkan bentuk tubuh akan mengundang bagi laki-laki

Seorang wanita apabila memamerkan bentuk tubuh dan perhiasannya di hadapan laki-laki non mahram, jelas akan mengundang perhatian kaum laki-laki hidung belang dan serigala berbulu domba. Jika ada kesempatan mereka pasti akan memangsa dengan ganas laksana singa sedang kelaparan.

Seorang wanita muslimah yang menjaga hijab, secara tidak langsung ia berkata kepada semua kaum laki-laki,“Tundukkanlah pandanganmu, aku bukan milikmu dan kamu juga bukan milikku. Aku hanya milik orang yang dihalalkan Allah bagiku. Aku orang merdeka yang tidak terikat dengan siapapun dan aku tidak tertarik dengan siapapun karena aku lebih tinggi dan jauh lebih terhormat dibanding mereka.”

Adapun wanita yang bertabarruj atau pamer aurat dan menampakkan keindahan tubuh di depan kaum laki-laki hidung belang, secara tidak langsung ia berkata, “Silahkan anda menikmati keindahan tubuhku dan kecantikan wajahku. Adakah orang yang mau mendekatiku? Adakah orang yang mau memandangku? Adakah orang yang mau memberi senyuman kepadaku? Ataukah ada orang yang berseloroh,“Aduhai betapa cantiknya dia?”. Mereka berebut menikmati keindahan tubuhnya dan kecantikan wajahnya hingga mereka pun terfitnah.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com sekarang juga!

Manakah di antara dua wanita di atas yang lebih merdeka? Jelas, wanita yang berhijab secara sempurna akan memaksa setiap lelaki untuk menundukkan pandangan mereka dan bersikap hormat ketika melihatnya, hingga mereka menyimpulkan bahwa dia adalah wanita merdeka, bebas dan sejati.

Oleh karena itu, Allah Subhanahu wa Ta’ala menjelaskan hikmah di balik perintah mengenakan hijab dengan firmanNya

“Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Pengasih”. [Al Ahzab : 59]