1
Muslim Lifestyle

13 Balasan Orang Sombong Dalam Islam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Bagi umat islam sudah seharusnya kita untuk mengetahui dan mempelajari hal-hal apa saja yang diperbolehkan serta tidak diperbolehkan dalam islam. Salah satu hal yang dilarang dalam islam adalah sifat sombong. Seseorang yang memiliki sifat sombong tentunya memiliki perilaku yang salah. Seseorang yang hidupnya penuh dengan kesombongan dan penipuan menghuni dunia internal yang gelap. Dan Allah pun tak segan akan memberikan balasan orang sombong tersebut jika memang masih tetap melakukannya.

Baca juga : 3 Macam Sombong pada Seseorang dan Penyebabnya

Ciri – Ciri Orang Sombong

1. Menghargai dirinya sendiri secara berlebihan

Orang yang sombong selalu menghargai dirinya secara berlebihan dan orang yang sombong juga selalu melebih-lebihkan apa yang dimilikinya, sebagai contoh dia memiliki harta yang banyak, atau memiliki wajah yang rupawan, lalu dia merasa bangga dengan dirinya dan akhirnya memandang rendah orang lain, dan menggangap bahwa orang lain tidak dapat seperti dirinya.

2. Tidak menanggapi saran orang lain

Orang sombong biasanya akan mudah emosi dan susah untuk menerima pendapat orang lain, sebagai contoh ketika di dalam kelas dan pelajaran sedang berlangsung lalu orang sombong tersebut berpendapat dan ada pula yang menyanggahnya karena pendapat tersebut kurang tepat, maka orang sombong tersebut akan marah dan merasa harga dirinya di injak-injak oleh orang lain.

3. Tidak suka diberi nasihat

Nasihat akan dianggap sebagai sesuatu yang merendahkan harga dirinya dan orang sombong tentu akan menolak nasihat dari orang tersebut.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

4. Suka dengan pujian

Biasanya orang sombong akan selalu melakukan banyak hal agar memperoleh pujian dari orang lain, seperti dia bercerita bahwa dia telah berinfak kepada yatim piatu lalu menceritakannya kepada orang lain, maka orang sombong akan mengharapkan pujian dari orang lain.

5. Selalu menolak kebenaran

Orang sombong juga akan selalu menolak mengenai sebuah kebenaran, karena orang sombong tidak akan pernah mendengarkan pendapat dari orang lain, dan merasa bahwa dirinya lah yang paling benar dibandingkan dengan yang lainnya.

13 balasan orang yang sombong

1. Ganjaran neraka

Orang yang sombong tentunya akan dimasukkan ke dalam neraka, seperti sabda Nabi Muhammad SAW : “Tidak seorangpun yang memiliki bobot benih kesombongan dalam hatinya akan masuk surga.” “Sesungguhnya, Allah itu indah dan Dia mencintai keindahan. Kesombongan berarti menolak kebenaran dan memandang rendah orang.” (Shahih Muslim)

webinar umroh.com

2. Selalu berbuat salah

Bagi orang sombong melakukan perbuatan salah adalah hal yang buruk, karena biasanya orang sombong akan melakukan sesuatunya dengan teliti dan memiliki ketakutan yang berlebihan, karena orang sombong akan berusaha untuk mengambil hati mereka dengan memperlakukan orang lain dengan hati-hati agar menjaga nama baik orang sombong tersebut.

3. Dihantui rasa tidak nyaman dan gelisah

Orang sombong tentunya tidak akan memiliki kehidupan yang nyaman dan tenteram, karena biasanya orang sombong tidak akan menjadi dirinya sendiri, sehingga orang sombong akan berusaha untuk semaksimal mungkin untuk menjadi orang yang sempurna.

4. Tidak pernah tulus

Merasa selalu takut pada prospek berperilaku salah. Orang sombong berpikir bahwa dia tidak akan pernah melakukan sebuah kesalahan, dan biasanya orang sombong juga tidak pernah tulus dalam membantu orang lain seperti mengungkit-ungkit kebaikannya kepada yang dibantu.

5. Penuh dengan kritikan

Orang sombong tentunya akan mencari sasaran kritik orang lain, karena orang sombong sangat menyukai sesuatu yang dapat dikritiknya.

Tak hanya menjadi tamu Allah, umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

6. Tidak menemukan kepuasan

Umroh.com merangkum, sikap orang sombong tentunya tidak alami lagi, dan tiba-tiba akan naik dan turun ketika mendengar kritikan oleh orang lain. Oleh karena itu hidup mereka tidak akan tenang lagi. Pada akhirnya, mereka tidak pernah menemukan kedamaian dan kepuasan.

7. Perilaku yang berlebihan

Orang sombong tentunya akan terlibat pada perilaku yang berlebihan dan selalu mencari perhatian dari orang lain, seperti perilaku dalam cara mereka berjalan, berbicara dan terutama perilaku dalam bersedekah.

8. Terjebak halusinasi

Biasanya orang sombong akan berpikir bahwa apa yang ada pada dirinya itu adalah berkat dirinya sendiri bukan berasal dari Allah SWT. Seperti mereka membayangkan bahwa kecerdasan yang dimilikinya itu berasal dari mereka sendiri, bukan dari Allah SWT.

9. Tidak memiliki teman

Dengan melebih-lebihnya dirinya sendiri kepada orang lain, dan selalu meremehkan orang lain yang berada disekita mereka. Sebagai hasilnya itu sendiri tentu mereka akan dijauhkan oleh orang lain, dan tidak akan memiliki teman, teman tentunya akan menolak kehadiran dari mereka yang sombong.

10. Perilaku yang cacat

Orang sombong akan selalu mencari cara untuk menjadikan objek cinta dan kasih sayang, karena bagi mereka yang sombong tentunya mereka jauh lebih unggul dibandingkan dengan yang lainnya. Keadaan mereka mengarah kecacat perilaku lain seperti iri hati, balasan orang sombong untuk mereka iri kepada kecantikan, kecerdasan, nalar, nilai-nilai moral atau barang-barang duniawi dari orang lain.

11. Pergaulan yang terbatas

balasan orang sombong

Mereka yang sombong akan menganggap semua yang dimiliki oleh orang lain itu dengan mata cemburu. Jika seseorang dengan fitur-fitur keunggulan mereka sendiri hadir, mereka segera ingin pergi. Kecemburuan mereka berarti mereka selalu tidak bisa bergaul dengan orang lain.

12. Kesusahan yang tiada akhir

Allah SWT telah memberikan suasana hati yang merepotkan kepada orang-orang yang di cengkaram oleh penyakit kesombongan. Oleh karena itu bagi mereka yang sombong tidak akan memiliki kehidupan yang tenang, dan selalu mendapatkan kesusahan, kesedihan dan ketidakbahagiaan dalam hidupnya di dunia.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

13. Sangat dibenci oleh Allah

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran ; “Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Al-Lukman : 18)