play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

3 Macam Sombong pada Seseorang dan Penyebabnya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Salah satu penyakit hati yang terdapat dalam diri manusia yang dapat mengakibatkan tertutupnya jalan hidayah oleh Allah SWT adalah sifat sombong atau yang biasa disebut dengan takabur. Orang yang memiliki sifat sombong dalam islam adalah penyakit yang bisa saja melanda bagi seluruh lapisan masyarakat, baik dari yang kaya raya maupun yang miskin, orang alim dan bodoh, serta orang muslim maupun non muslim, serta masih banyak yang lainnya. Terdapat macam sombong pada seseorang dan juga penyebab munculnya sifat tersebut.

Allah SWT berfirman “Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri. Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkan lah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara adalah suara keledai.” (QS. Lukman : 18-19)

Baca juga : Agar Tidak Salah, Perhatikan Batas Waktu Aqiqah Ini

Hukum islam mengenai sifat sombong

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran :

“Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.”(QS. Al-Isra : 37)

Bahwa sudah jelas manusia tidak diperkenankan untuk berjalan diatas bumi ini dengan mempunyai sifat sombong di dalam dirinya. Di dalam hadits Rasulullah SAW juga bersabda :

“Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya ada sifat sombong, walaupun hanya satu biji sawi.” (HR.Muslim)

Jelas sudah, hukum islam mengenai sifat sombong bahwa Allah SWT tidak menyukai sifat sombong yang artinya sombong itu dilarang dan harus dihindari oleh manusia. Agar Allah SWT tidak murka terhadap dirinya (orang sombong)

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

3 Macam Sombong dalam Diri Manusia

Ketika manusia itu sombong tentu telah terjadi sesuatu terhadap dirinya, biasanya orang yang memiliki sifat sombong terdapat faktor yang mendorong sifat sombong tersebut misalnya, harta, fisik, ilmu pengetahuan, keturunan bahkan ibadahnya.

Namun, terdapat tiga macam sombong dalam diri manusia itu sendiri yang perlu untuk diketahui agar kita semua terhindar darinya, yakni :

hadits fitnah

1. Sombong terhadap Allah

Umroh.com merangkum, sombong terhadap Allah SWT ini merupakan keadaan atau penyakit sombong yang paling parah itu karena jika seseorang yang sombong kepada Allah SWT artinya seseorang tersebut telah menolak dan tidak menaati segala perintah Allah SWT. Orang yang memiliki sifat tinggi hati kepada Allah SWT, berarti di dalam hati orang tersebut tidak peduli, tidak takut dan tidak segan untuk melanggar semua perintah Allah SWT. Dan tentu hal tersebut dilakukan tanpa ada perasaan bersalah sedikitpun dan tidak merasa berdosa ketika melanggar perintah Allah SWT.

Allah SWT berfirman :

“Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina.” (QS. Lukman : 60)

2. Sombong terhadap Rasulullah

Sombong yang kedua ini adalah sombong terhadap Rasulullah. Dimana seseorang yang tidak mau mengikuti ajaran Rasulullah, seseorang yang sombong juga merasa bahwa apa yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW tidaklah benar dan tidak sedikitpun peduli atau mau taat terhadap ajaran Rasulullah SAW. Jika begitu dapat dikatakan bahwa seseorang tersebut telah memiliki sifat sombong terhadap Rasulullah SAW di dalam hatinya.

3. Sombong terhadap sesama manusia

Jenis sombong yang ketiga ini adalah jenis penyakit sombong yang paling sering terjadi atau kita temui. Biasanya seseorang yang sombong terhadap sesama manusia akan selalu menganggap remeh orang lain, merasa dirinya adalah yang paling baik, paling bijaksana, paling hebat, dan paling cantik atau segala sesuatunya yang bersifat paling. Biasanya juga seseorang yang sombong akan selalu membandingkan dirinya dengan orang lain.

Orang sombong juga biasanya akan selalu gila hormat dan senang mendapatkan pujian bahkan dapat dikatakan haus akan pujian dari orang lain. Mereka selalu membanggakan dirinya sendiri dihadapan orang lain tentu dengan niat ingin pamer agar selalu dipuji dan orang lainpun merasa rendah, karena tidak bisa seperti dia. Selain itu orang sombong juga biasanya tidak suka menerima kritikan, teguran, bantahan, saran dan nasihat. Dia akan selalu merasa bahwa dia lah yang paling benar dan tidak akan peduli terhadap keadaan atau pendapat orang lain.

Tak hanya menjadi tamu Allah, umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Sebab – Sebab Penyakit Sombong

1. Faktor lingkungan dan keturunan

Seseorang itu tumbuh sangat berpengaruh terhadap faktor keluarga dan lingkungan dimana dia tinggal. Jika di lingkungan dan di faktor keluarganya sudah memiliki sifat sombong, maka besar kemungkinan seseorang tersebut akan menjadi sombong.

2. Sanjungan dan pujian yang berlebihan

Sanjuran yang berlebihan, tanpa memperhatikan etika agam tentunya dapat menyebabkan seseorang tersebut menjadi sombong, karena sebagai manausia biasa tentunya selalu ingin mendapatkan pujian, sehingga dia bersifat sombong. Penyebab ini yang sering menjadi awal macam sombong pada seseorang, untuk itu harus selalu rendah hati.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

3. Bergaul dengan orang sombong

Rasulullah SAW bersabda “Perumpamaan teman yang shalih dan teman yang jahat adalah seperti seorang yang berteman dengan penjual minyak wangi dan pandai besi.” (HR. Muslim dan Bukhari)

Facebook Comments