1
Kuliner

Arayes, Pai Daging Praktis Ala Lebanon

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Arayes sangat cocok digunakan sebagai makanan pembuka atau appetizer. Pai daging ini berasal dari Lebanon, namun tidak banyak yang mengetahui resep pai ini. Akan tetapi, ketika mengetahuinya, banyak orang akan ketagihan karena rasanya enak dan sangat mudah dibuat.

Arayes terbuat dari roti pita yang diberi isian daging berbumbu. Nikmat dan sederhana, Arayes juga cocok dihidangkan dalam berbagai acara, serta nikmati dengan berbagai cara. Arayes bisa digunakan sebagai hidangan pembuka, atau sebagai makanan utama.

Resep Arayes

Bahan yang digunakan untuk membuat kulit Arayes adalah roti pipih. Kita bisa menggunakan berbagai macam roti pipih. Selain roti pipih, bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat Arayes adalah daging cincang. Untuk memilih daging cincang sebagai isian, usahakan yang rasio daging dan lemak nya adalah 80% banding 20%.

Untuk 15 lembar roti pita, sediakan kira-kira 680 gram daging cincang. Selain itu, sediakan:

  • 4 tomat berukuran besar
  • 2 buah bawang bombay
  • 6 siung bawang putih
  • Cabai sesuai selera
  • 425 gram saus tomat
  • 2 sendok makan pomegranate molasses (bisa diganti kecap)
  • 175 ml atau 3/4 cangkir olive oil
  • Garam dan merica.

Pertama-tama, cincang bawang bombay, kemudian potong tomat menjadi kecil-kecil. Cincang juga bawang putih. Untuk cabai, kita bisa menggunakannya sebanyak yang kita mau. Jika suka yang pedas, kita bisa menggunakan lebih banyak cabai.

Campurkan bawang putih dan bawang bombay yang sudah dicincang halus dengan tomat. Aduk sampai rata, lalu masukkan daging cincang. Setelah rata, masukkan saus tomat, molasses dan seperempat cangkir olive oil. Kita bisa mencampur bahan-bahan itu menggunakan food processor dengan beberapa kali putaran, perhatikan jangan sampai terlalu halus. Kita juga bisa memakai sendok, yang penting semua bahan tercampur rata.

Jika bahan yang dicampur itu mengeluarkan banyak cairan, kita bisa menyaring agar isiannya tidak terlalu berair. Biarkan selama 10 menit sampai benar-benar tiris airnya. Setelah itu, masukkan 2 sendok makan minyak zaitun dan sisa dari molasses. Tambahkan garam dan merica. Setelah rata, isian untuk Arayes sudah jadi.

Sebelum diisi, kita bisa menyiapkan roti pipih yang terlebih dahulu dibagi menjadi dua.  Ruang yang terbentuk di bagian tengah roti akan digunakan untuk isian. Oleskan minyak zaitun di bagian dalamnya, lalu ambil isian daging dan diratakan pada bagian tengah roti. Kita bisa menambahkan minyak zaitun lagi jika suka.

webinar umroh.com

Setelah semua roti terisi, panggang di dalam suhu 230 derajat Celcius, selama kurang lebih 12 hingga 18 menit. Saat dipanggang, bolak-balik roti agar permukaan roti pita matang merata, dan rasanya lebih renyah di semua sisinya.

Orang-orang di Lebanon biasa menikmati Arayes dengan saus yoghurt. Arayes akan dipotong-potong menjadi bentuk segitiga yang lebih kecil, lalu dihidangkan untuk dinikmati bersama-sama.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.