1
Doa

Keutamaan dan Kehebatan Ayat Kursi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Ayat kursi merupakan salah satu ayat Al Quran yang terdapat di surat Al Baqarah ayat 255. Ayat ini, ayat paling mulia di dalam Al Quran. Bacaannya berisi tentang keesaan Allah serta kekuasaan Allah yang mutlak. 

اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ، لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ، لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ، مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ، يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ، وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ، وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا، وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Allah, tidak ada ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi-Nya tanpa seizin-Nya. Dia mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Dia Maha Tinggi lagi Maha besar.” (QS. Al Baqarah: 255)

Baca juga: Wajib Dibaca, Ini Kumpulan Doa untuk Sehari-hari

Kita sering dianjurkan untuk membaca ayat Kursi. Membacanya lebih baik dilakukakan ketika pagi petang, sebelum tidur, dan setelah sholat lima waktu. Banyak sekali makna dan manfaat yang dapat kita ambil dari ayat ini. Apalagi memiliki keutamaan dan kehebatan di dalamnya.  Dengan membacanya, maka akan mempengaruhi jiwa dan keimanan hidup kita. Bacaan ini dipercaya sebagai pembawa berkah dan perlindungan bagi manusia di bumi. Berikut ini keutamaan yang berlu diketahui, sebagai berikut:

Ayat yang paling agung di dalam Al Quran

Sebagaimana yang ada pada pertanyaan yang diajukan oleh Rasulullah kepada Ubay bin Ka’ab, “Ayat mana yang paling agung dalam kitabullah?” Ubay menjawab, “Ayat kursi.” Maka beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam menepuk dada Ubay kemudian berkata, “Wahai Abu Mundzir, semoga engkau berbahagia dengan ilmu yang engkau miliki.” (HR. Muslim).

Baca juga: Jadwal Sholat Lengkap Ada di Sini

Ayat Kursi dikategorikan sebagai ayat yang paling agung karena di dalamnya terdapat nama Allah yang paling agung, yaitu Al Hayyu dan Al Qayyum

webinar umroh.com
ayat kursi
source: shutterstock

Memiliki keagungan melebihi bumi dan langit

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi (karena di dalam ayat tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah)”.

Sufyan ats-Tsauri berkata, “Sebab ayat kursi merupakan (salah satu) kalamullah (perkataan Allah), sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi” (HR. At-Tirmidzi)

Baca juga: Pilih Paket Umroh Sesuai Budget Anda di Sini

Salah satu bacaan dzikir sebelum tidur

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi” (HR. Al-Bukhari).

Jadikanlah sebagai dzikir rutin yang dibaca ketika hendak tidur. Selain itu juga termasuk bacaan dzikir pagi dan petang.

Perantara masuk surga

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setelah selesai shalat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian” (HR. An Nasa-i, dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani).

Dari sabda Rasulullah tersebut menerangkan bahwa ayat kursi merupakan perantara kita masuk ke surga. Selama kita masih hidup dan membaca ayat kursi setelah sholat maka akan mendapatkan kemuliaan untuk masuk surga.

ayat kursi
source: shutterstock

Ayat pembuka bagi segala kesusahan

Dimana ketika Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam tidak pernah berhenti berdzikir dengan ayat kursi, maka banyak kemenangan yang telah dicapai dalam peperangan serta telah banyak sekali pintu-pintu kemudahan telah dibukakan oleh Allah SWT bagi Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam. 

Rasulullah pernah bersabda

Barangsiapa yang belajar ayat kursi dan tahu hak-haknya Allah akan membuka 8 pintu syurga untuknya, masuk pintu yang mana saja dipersilahkan “.

Beberapa hadits di atas menunjukkan keutamaan Ayat Kursi. Apabila kita mengamalkan dan merutinkannya, maka kita akan mendapatkan keutamaan. Apalagi manfaatnya sangat banyak, diantaranya dilindungi dari godaan setan, mendapat ketenangan jiwa, dilindungi oleh Allah SWT, membuat otak cerdas, diperbanyak rezekinya oleh Allah SWT, terhindar dari kejahatan, kesejahteraan dalam hidup, mengahpus keburukan, dan mendapatkan kasih sayang dari Allah SWT.

Hendaknya setiap muslim bersemangat untuk hal yang bermanfaat bagi dirinya di dunia, terkhusus untuk akhiratnya. Ayat Kursi sendiri bukanlah ayat yang panjang dan sulit untuk dihafal. Semoga Allah mudahkan kita untuk mengamalkannya.