1
Muslim Lifestyle

MasyaAllah! Ternyata Ini Keutamaan Ayat Kursi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com –Ayat Kursi seringkali digunakan untuk ‘mengusir setan’ sewaktu kita kecil. Padahal ayat yang terletak di dalam surat Al Baqarah ayat 255 ini berisi soal keagungan Allah sebagai Tuhan Semesta Alam. Berikut isi dari Ayat Kursi:

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar“ (QS. Al Baqarah:255)

Dalam Ayat Kursi terdapat 3 macam tauhid yakni tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah, dan tauhid nama dan sifat Allah.

Dalam tafsir Ibnu Katsir menjelaskan bahwa ayat kursi memiliki kedudukan yang sangat agung. Dalam hadits shahih dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam disebut bahwa ayat kursi merupakan ayat teragung yang terdapat dalam Al-Quran (Tafsir Al-Quran Al-‘Azhim)

Baca juga: Yuk Amalkan! Ini Manfaat Ayat Kursi

Keutamaan Ayat Kursi

Umroh. com merangkum, sejatinya ayat kursi memiliki banyak sekali keutamaan sehingga kita akan mendapatkan fadhilah setiap kali membacanya. Berikut keutamaan ayat kursi!

1. Ayat paling Agung dalam Al Quran

Dalam suatu riwayat Rasulullah pernah bertanya kepada Ubay bin Ka’ab,

webinar umroh.com

Ayat mana yang paling agung dalam kitabullah?” Ubay menjawab, “Ayat kursi.” Maka beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam menepuk dada Ubay kemudian berkata, “Wahai Abu Mundzir, semoga engkau berbahagia dengan ilmu yang engkau miliki.” (HR. Muslim)

Ayat Kursi dikategorikan sebagai ayat yang paling agung karena terdapat nama Allah yang paling agung, yakni Al Hayyu dan Al Qayyum.

2. Keagungan Ayat Kursi Melebihi Langit dan Bumi

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi (karena di dalam ayat tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah)

Sufyan ats-Tsauri berkata, “Sebab ayat kursi merupakan (salah satu) kalamullah (perkataan Allah), sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi” (HR. At-Tirmidzi)

Salah satu sebab bagi seseorang untuk masuk surga

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setelah selesai shalat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian” (HR. An Nasa-i, dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani)

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Waktu yang utama untuk membaca Ayat Kursi

Sejatinya, ada beberapa waktu yang utama untuk membaca ayat kursi. Berikut ulasannya!

1. Pagi dan petang

Dari Ubay bin Ka’ab, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا قَرَأَتْهَا غُدْوَةً أُجِرَتْ مِنَّا حَتَّى تُمْسِيَ ، وَإِذَا قَرَأَتْهَا حِيْنَ تُمْسِي أُجِرَتْ مِنَّا حَتَّى تُصْبِحَ

Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga pagi. Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi hingga petang.” (HR. Al Hakim 1: 562. Syaikh Al Albani menshahihkan hadits tersebut dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no. 655)

Yuk jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

2. Sebelum tidur

Membaca Ayat Kursi sebelum tidur dapat membuat kita terjaga sepanjang malam. Berdasarkan riwayat dari Abu Hurairah pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang seseorang yang mengajarkan padanya ayat kursi.

Abu Hurairah menjawab, “Wahai Rasulullah, ia mengaku bahwa ia mengajarkan suatu kalimat yang Allah beri manfaat padaku jika membacanya. Sehingga aku pun melepaskan dirinya.”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apa kalimat tersebut?” Abu Hurairah menjawab, “Ia mengatakan padaku, jika aku hendak pergi tidur di ranjang, hendaklah membaca ayat kursi hingga selesai yaitu bacaan ‘Allahu laa ilaha illa huwal hayyul qoyyum’. Lalu ia mengatakan padaku bahwa Allah akan senantiasa menjagaku dan setan pun tidak akan mendekatimu hingga pagi hari. Dan para sahabat lebih semangat dalam melakukan kebaikan.”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda, “Adapun dia kala itu berkata benar, namun asalnya dia pendusta. Engkau tahu siapa yang bercakap denganmu sampai tiga malam itu, wahai Abu Hurairah?” “Tidak”, jawab Abu Hurairah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Dia adalah setan.” (HR. Bukhari no. 2311)

Riwayat di atas menjelaskan kita betapa mulia keutamaan ayat kursi. Namun, mengapa ayat kursi begitu agung? Imam Nawawi menyebut, para ulama berkata karena di dalamnya terdapat nama dan sifat Allah yang penting yaitu sifat ilahiyah, wahdaniyah (keesaan), sifat hidup, sifat ilmu, sifat kerajaan, sifat kekuasaan, sifat kehendak. Itulah tujuh nama dan sifat dasar yang disebutkan dalam ayat kursi. (Syarh Shahih Muslim, 6: 85)

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Hendaknya setiap muslim mampu mengamalkan ayat yang singkat namun penuh keagungan ini. Semoga Allah memudahkan kita untuk mengamalkannya ya!