1
Serba-serbi Ramadhan

Bolehkah Puasa Syawal di Hari Jumat? Ini Jawabannya!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Bagi kita semua umat muslim, sudah seharusnya untuk mengetahui apa saja hukum-hukum yang ada di dalam islam itu sendiri, agar kita semua dapat mengetahui apa saja yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan dalam agama islam. Masih menjadi pertanyaan tersendiri, yaitu bolehkah puasa syawal di hari jumat, dan hal tersebut akan di bahas pada pembahasan kali ini.

Bukan hanya itu saja, tetapi umat muslim juga harus mengetahui ibadah lainnya, seperti ibadah puasa, yang disunnahkan dan yang diwajibkan. Lalu bagaimanakah hukum puasa syawal di hari jumat itu sendiri ? Apakah diperbolehkan atau tidak diperbolehkan ketika seseorang ingin berpuasa tepat pada hari jumat. Oleh karena itu marilah kita simak bersama-sama.

Baca juga : Catat! Ini Ayat – Ayat Tentang Rezeki di Dalam Islam

Keutamaan Puasa Syawal

Umroh.com merangkum, bagi kita semua umat muslim tentunya sudah mengetahui bahwa puasa syawal itu tentunya mempunyai keutamaan, bagi seseorang yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan sempurna lalu seseorang tersebut mengikuti puasa 6 hari di bulan swayal, maka ia akan mendapatkan pahala puasa yang penuh dengan setahun pahalanya tersebut. Sebagaimana sabda NabiMuhammad SAW:

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan lalu kemudian berpuasa enam hari di bulan syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim no. 1164)

 Dalil di atas merupakan dalil dari jumhur atau mayoritas ulama yang menunjukkan sunnahnya untuk berpuasa syawal. Ada pun para ulama yang berpendapat mengenai puasa sunnah syawal itu sendiri adalah mazhab Abu Hanafiah, Imam Syafi’I dan Imam Ahmad. Adapun dari Imam Malik memakruhkannya.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Namun sebagaimana yang disampaikan oleh Imam Nawawi Rahimahullah, “Pendapat dalam mazhab Imam Syafi’i yang menyunnahkan puasa syawal didukung dengan adanya dalil yang tegas ini. Jika telah terbukti dengan adanya dukungan dari dalil dari hadits, maka pendapat tersebut tidaklah boleh ditinggalkan hanya karena perkataan yang diucapkan oleh orang lain.

Nabi Muhammad SAW selalu mengajarkan kepada umatnya untuk tidak meninggalkan hal-hal yang disunnahkan, walaupun dari kalangan mayoritasnya di seluruh dunia ini selalu menyelisihinya. Sedangkan untuk ulama itu sendiri khawatir, jika umat muslim ini menjadikan puasa syawal sebagai puasa yang wajib atau bukan menjadikan puasa syawal menjadi puasa yang sunnah. Maka hal tersebut yang bisa saja membatalkan anjuran untuk berpuasa ‘Arafah, puasa ‘Asyura’ dan puasa sunnah yang lainnya.” (Syarh Shahih Muslim : 8: 51)

webinar umroh.com

Larangan Puasa Pada Hari Jumat

Berikut ini merupakan hadits dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa ia pernah mendengarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, :

“Janganlah salah seorang di antara kalian berpuasa pada hari jumat kecuali jika ia berpuasa pula pada hari sebelum dan sesudahnya.” (HR. Bukhari no. 1849 dan Muslim no. 1929)

Lalu terdapat pula hadits dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda :

“Janganlah khususkan malam Jumat dengan sholat malam tertentu yang tidak dilakukan pada malam-malam lainnya. Janganlah pula khususkan hari Jumat dengan puasa tertentu yang tidak dilakukan pada hari-hari lainnya kecuali jika ada puasa yang dilakukan karena sebab ketika itu.” (HR. Muslim no. 1144)

Menjalani ibadah umroh adalah impian orang-orang yang beriman dan wujudkan itu bersama Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Lalu dari Juwairiyah binti Al Haris radhiyallahu ‘anha bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berkata :

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menemuinya pada hari jumat dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang dalam keadaan berpuasa, lalu beliau bersabda, “Apakah engkau berpuasa kemarin?” “Tidak” jawabnya. “Apakah engkau ingin berpuasa besok?” tanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kembali. “Tidak” jawab Juwairiyah. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab “Batalkan puasamu.” Ujar Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. (HR. Bukhari no. 1986)

Hal yang Dimaksud Larangan Puasa Pada Hari Jumat

Imam Nawawi rahimahullah mengatakan bahwa “Ulama Syafi’iyah berpendapat bahwa yang dimakruhkan untuk berpuasa pada hari jumat itu adalah secara bersendirian. Namun jika seseorang tersebut ingin berpuasa hari jumat maka harus diikuti oleh puasa sebelum hari jumat atau sesudah hari jumat itu sendiri, bertepatan dengan kebiasaan puasa seperti berpuasa nadzar karena telah sembuh dari sakitnya dan bertepatan dengan hari jumat, maka hal itu tidaklah makruh.” (Al Majmu; Syarh Al Muhaddab, 6: 309)

Syeikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin rahimahullah berkata, bahwa “Jika seseorang yang sedang berpuasa pada hari jumat secara bersendirian bukan dimaksudkan untuk pengkhususan karena hari tersebut adalah hari jumat, namun berpuasa dikarena itu adalah waktu longgarnya pada saat hari itu, maka pendapat yang tepat adalah masih diperbolehkannya untuk tetap berpuasa pada hari jumat.”

Hukum Puasa Syawal Pada Hari Jumat

bolehkah puasa syawal di hari jumat

Jika kita semua memperhatikan dari penjelasan Imam Nawawi mengenai puasa syawal pada hari jumat maka hal tersebut diperbolehkan karena merupakan kebiasaannya untuk berpuasa. Begitu pula dari penjelasan Syeikh Ibnu Utsaimin juga menunjukkan bahwa masih diperbolehkan untuk berpuasa syawal pada hari jumat, karena tersebut karena puasa yang dilakukan saat itu bukan karena hari tersebut adalah hari jumat lantas ia berpuasa.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Namun yang dimaksud adalah karena bulan tersebut adalah bulan syawal sehingga dilakukan puasa syawal pada saat itu. Ditambah lagi puasa syawal pada hari jumat hukumnya diperbolehkan, jika diikuti dengan berpuasa pada hari sebelum dan sesudahnya. sehingga juga masih ada pertanyaan bolehkah puasa syawal di hari jumat Anda sudah mengetahui jawabannya.