play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Tips

Cara Mudah Belajar Bahasa Arab di Tengah Kesibukan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Zaman sekarang sepertinya menguasai bahasa asing sudah menjadi tuntutan skill yang wajib dimiliki setiap orang tak terkecuali bahasa Arab. Selain bahasa pemersatu umat islam, banyak seorang muslim mempelajari bahasa arab sebagai bahasa yang paling penting agar terbantu memahami isi Kitab Suci Al Quran dan perkataan Nabi Muhammad saw. Berikut ini akan dijelaskan cara mudah belajar bahasa Arab, yang dijamin langsung bisa.

Berdasarkan pemaparan tim Umroh.com, saat mempelajari bahasa Arab, tentunya akan ada banyak kendala yang di alami. Kegagalan seseorang menguasai bahasa Arab terbanyak disebabkan karena salah sistematika dan langkah belajarnya. Nah, berikut ada beberapa tips mudah agar Anda mahir berbahasa Arab dengan cepat dan tepat.

Baca juga: Ini Alasan Bahasa Arab Disebut Kunci Pemahaman Umat

Cara Belajar Bahasa Arab

1. Membeli Kamus Bahasa Arab

Saat Anda ingin memulai untuk menguasai bahasa Arab, boleh disarankan jika Anda membeli kamus bahasa arab terlebih dahulu. Dari kamus tersebut Anda bisa mencari beberapa kosa kata yang sering dipergunakan dalam percakapan atau mencari kata yang Anda tidak tahu artinya dalam bahasa Indonesia. Menghapal sehari 3 kosa kata juga akan jauh sangat membantu Anda dalam proses belajar bahasa arab. Dengan begitu Anda akan cepat mahir dalam penguasaan bahasa Arab.

2. Tingkatkan Semangat Belajar Bahasa Arab

Dengan gelora atau semangat yang tinggi, maka Anda akan menikmati perjalanan belajar. Dengan menikmati perjalanan belajar, Anda akan mudah menerima ilmu baru, dan yang terpenting Anda akan mempunyai konsistensi dan persistensi yang tinggi untuk tetap berjalan menuju tujuan. Buat diri Anda selalu antusias mempelajari bahasa Arab sampai tuntas, artinya sampai kitab yang dibahas habis atau sampai seluruh pelajaran yang ada pada silabus selesai dipelajari.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

3. Belajar Langsung Kepada Guru

Umroh.com merangkum, cara ini dirasa lebih efektif dan manjur untuk melatih kemampuan dan menambah wawasan berbahasa. Karena dengan kita menemui seorang guru yang terpercaya, maka secara tidak langsung kita juga telah memegang kunci sebuah ilmu. Dalam berbagai macam ilmu pasti teradapat banyak  rahasia yang hanya bisa dijelaskan dengan jelas oleh guru yang terpercaya. Sahabat Ali R.A pernah berkata yang artinya : “ilmu khat itu tersembunyi dibalik pengajaran seorang guru”. Perkataan ini dapat dikiaskan bahwa dalam berbagai macam bidang keilmuan (tidak hanya ilmu khat atau kaligrafi) itu pasti menyimpan rahasia ilmu yang hanya bisa diungkap dengan bantuan seorang guru yang terpercaya.

4. Mengikuti Komunitas

Komunitas biasanya berisi berbagai macam orang dengan berbagai macam pengetahuan pula. Dengan berbagai macam pengetahuan dari masing-masing anggota secara otomatis kita juga akan dapat berbagi ilmu. Selain berbagi kita juga mendapatkan feedback berupa pengetahuan dari teman satu komunitas. Hal ini berpengaruh positif pada perkembangan belajar kita. Menciptakan lingkungan berbahasa juga menjadi sangat mudah jika didukung dengan anggota yang banyak. Lingkungan berbahasa sangatlah penting dalam perkembangan belajar bahasa seseorang. Karena dengan lingkungan bahasa kita dapat berlatih secara bebas dalam berkomunikasi, sehingga menambah perbendaharaan kosakata secara cepat.

Tak hanya melancarkan rezeki, Umroh juga menjadikan Anda tamu istimewa Allah. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

5. Menggunakan Aplikasi

Zaman sekarang segala hal memang nyatanya jauh lebih mudah dibandingkan beberapa tahun silam termasuk dalam mencari ilmu. Menggunakan atau mendownload beberapa aplikasi pendukung pembelajaran bahasa Arab mungkin akan sangat efisien dalam pembelajaran. Saat ini sudah banyak aplikasi pembelajaran bahasa di smartphone. Metode-metode yang digunakan juga bermacam — macam. Ada yang menggunakan sistem quiz, game bahasa, audio visual, dan masih banyak lagi. Tinggal memilih mana yang cocok dengan kesibukan masing-masing.

Kenapa Kita Harus Belajar Bahasa Arab

Bahasa Arab adalah bahasa mulia, bahasa yang lembut, lurus, mudah dipahami dan mudah digunakan sebagai hukum bagi manusia. Mempelajari bahasa Arab bagi sebagian masyarakat Indonesia tentunya bukan menjadi suatu hal yang asing. Mengingat mayoritas masyarakat Indonesia adalah seorang muslim. Keutamaan bahasa Arab amatlah jelas karena bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur’an Al-Karim. Cukup alasan inilah yang jadi alasan besar kenapa kita harus mempelajari bahasa Arab. Keistimewaan bahasa Arab disebutkan dalam Al-Qur’an lebih dari sepuluh tempat, di antaranya pada ayat.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Sesungguhnya telah Kami buatkan bagi manusia dalam Al Quran ini setiap macam perumpamaan supaya mereka dapat pelajaran. (Ialah) Al Quran dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.” (QS. Az-Zumar: 27-28)

Facebook Comments