Kuliner

“Cara” Mempengaruhi Rasa. Ini Langkah Menyeduh Teh Turki.

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Teh memiliki tempat spesial di hati setiap orang Turki. Saking pentingnya, membuat teh yang enak merupakan salah satu keahlian yang harus dimiliki oleh warga Turki. Bahkan ada kejuaraan khusus untuk melihat siapa yang bisa menyeduh teh Turki dengan cara terbaik, serta menghidangkannya dengan spesial.

Cara Merebus Berpengaruh Terhadap Cita Rasa

Salah seorang yang menjuarai kompetisi tersebut adalah Serpil Hut Kondakçı. Kondakçı menjelaskan bahwa yang harus diperhatikan untuk menyeduh teh Turki adalah memilih daun teh yang tepat. Selain itu, cara merebus juga harus diperhatikan. Teh harus ter-‘infused’ dengan baik untuk menghasilkan cita rasa yang sedap.

Kondakçı, yang berasal dari provinsi Rize di wilayah Laut Hitam, mengatakan bahwa wanita di kampung halamannya harus mengetahui cara menyeduh teh dengan baik. Teh juga memiliki peran penting dalam menjalin hubungan baik di masyarakat. Tidak menghidangkan teh kepada tamu merupakan salah satu tindakan yang dianggap kurang sopan.

Teh Menjadi Bagian Penting dalam Kebudayaan Masyarakat Turki

Teh menjadi bagian penting dari kebudayaan orang-orang di wilayah Laut Hitam. Wilayah Laut Hitam juga dikenal sebagai wilayah di Turki yang memiliki teh terbaik, sehingga banyak wisatawan yang datang ke sana untuk mencicipi teh.

Warga di wilayah Laut Hitam juga tidak bisa lepas dari teh. Mereka meminum teh beberapa kali dalam sehari. Misalnya mengkonsumsi secangkir di pagi hari saat sarapan, dan meminumnya beberapa kali hingga waktu tidur tiba.

Langkah Membuat Teh Turki

Langkah untuk membuat teh Turki adalah sebagai berikut.

1. Pastikan tekonya bersih, karena kebersihan teko akan berpengaruh pada cita rasa teh. Gunakan air minum yang matang untuk merebus air, bukan air yang diambil dari keran. Isi teko sebanyak 2/3 bagian, lalu panaskan hingga mendidih.

2. Masukkan daun teh Turki ke dalam teko yang berbeda. Biasanya, orang Turki menggunakan teko Turki yang memiliki bentuk khas. Jika ingin memberikan rasa manis, kita juga bisa menambahkan gula di tahap ini. Namun, jangan mengaduknya karena akan membuat rasa teh menjadi pahit.

3. Ketika air yang telah direbus mendidih, tunggu selama dua menit, atau hingga airnya berkurang. Tuangkan air yang mendidih ke dalam teko berisi teh, hingga tersisa bagian setinggi dua jari. Tambahkan lagi air dingin, dan didihkan teko berisi daun teh dengan api sedang.

4. Ketika air sudah mendidih, kecilkan apinya dan biarkan mendidih dengan api kecil. Teh akan siap disajikan ketika daun-daunnya tenggelam ke dasar teko, ketika kita membuka tutup teko setelah lima hingga enam menit. Jika masih ada daun teh yang mengambang di permukaan teko, maka teh belum siap disajikan.

5. Saat menyajikannya, tuangkan hingga sepertiga bagian gelas Teh Turki. Jika ingin rasa teh lebih pekat, kita bisa menambahkannya lagi hingga setengah gelas. Setelah itu, tambahkan air mendidih ke dalam gelas. Teh Turki siap dinikmati.