play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

Penting! Ini 4 Cara Menghilangkan Sifat Sombong

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Terkadang manusia tak puas apa yang telah diberikan oleh Allah SWT. Mereka kadang iri antara sesama manusia. Tanpa kita sadari, apa yang telah Allah berikan hanyalah titipan sementara. Sifat tersebut akan mengantarkan manusia menjadi sifat yang menyombongkan diri. Namun tidak perlu khawatir karena sudah ada cara menghilangkan sifat sombong di dalam diri sendiri.

Manusia, apa pun status dan jabatannya, tidak memiliki ruang sedikit pun untuk menjadi sombong. Karena secara hakiki, manusia adalah makhluk Allah yang diciptakan dari bahan yang hina (sperma). Ia diciptakan untuk beribadah kepada Allah SWT semata, menjauhi segala larangan-Nya dan menjalankan segala perintah-Nya.

Baca juga : Waktu Membaca Taawudz Ternyata Ada Ketentuannya Lho!

Akibat Kesombongan

Kemampuan dan kelebihan yang ada pada setiap manusia atau suatu bangsa, tidak lebih dari anugerah Allah yang di amanahkan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. Bukan untuk di bangga – banggakan, kemudian menganggap rendah yang lain serta dengan sesuka hati berbuat kerusakan di muka bumi. Sebagaimana Firaun telah berbuat brutal terhadap rakyatnya.

“Dan (ingatlah) ketika Kami selamatkan kamu (Musa) dari (Firaun) dan pengikut-pengikutnya; mereka menimpakan kepadamu siksaan yang seberat-beratnya, mereka menyembelih anak-anakmu yang laki-laki dan membiarkan hidup anak-anakmu yang perempuan …. “(QS Al Baqarah: 49)

Atas perbuatan Firaun yang biadab itulah, Allah kemudian mengutus Musa sebagai pemberi peringatan. Tetapi karena kesombongannya, Allah mengutuk Firaun dan menenggelamkannya bersama seluruh tentaranya. Firaun menolak seruan Nabi Musa karena gengsi sebagai raja, sementara Musa hanya rakyat biasa.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Allah sangat murka kepada manusia yang memiliki sifat sombong. Siapa pun dia, raja ataupun rakyat biasa. Kesombongan yang dilakukannya, akan memperberat timbangan dosa-dosanya. Kami telah membinasakan mereka karena sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang berdosa.” (QS Ad- Dukhan: 37).

Dalam hubungan antarsesama manusia, kesombongan juga sering terjadi bahkan setiap hari. Kesombongan seperti ini jika terus dipertahankan akan melahirkan sikap angkuh. Keduanya adalah sifat yang sangat berbahaya dan membinasakan.

Luqman al-Hakim memberi nasihat kepada anak-anaknya. “Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS [31]: 18).

Ancaman bagi mereka yang sombong tidaklah main-main. Allah SWT akan memasukkan mereka ke dalam Neraka Jahanam selama-lamanya. “Masuklah kamu ke pintu-pintu Neraka Jahanam, sedangkan kamu kekal di dalamnya. Maka, itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang sombong.” (QS Ghafir: 76).

Manusia tidak boleh memelihara kesombongan dalam dirinya. Dalam sebuah hadis Qudsi Allah berfirman, “Kebesaran (kesombongan atau kecongkakan) adalah pakaian-Ku dan keagungan adalah sarung-Ku. Barang siapa merampas salah satu (dari keduanya), Aku lempar dia ke neraka (jahanam)” (HR Abu Dawud).

Jadilah tamu Allah dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Cara Menghilangkan Sifat Sombong

Di era modern ini mengubah pola pikir manusia menjadi lebih gengsi, lebih cuek, labil tampil kebarat-baratan yang berorientasi pada kesombongan belaka. Padahal sifat itu tidak disukai oleh Allah SWT. Sebagai muslim sejati kita harus mengubah sifat sombong sejak dini agar terus dicintai Allah SWT. Berikut ini empat cara menghilangkan sifat sombong, diantaranya.

1. Akui Kekurangan Anda

Anda harus mengakui kekurangan yang terdapat dalam diri anda. Jika anda menyadari banyak kelemahan yang anda miliki. Niscaya anda tidak memiliki apa-apa untuk di sombongkan. Ciri-ciri teman yang baik dan tulus selalu mengingatkan anda bahwa anda sedang bersikap sombong terhadap orang lain. Jika anda tidak mengetahui kekurangan anda. Anda bisa berkonsultasi dengan sahabat anda atau anggota keluarga anda. Karena dengan pendapat orang terdekat anda bisa memiliki info yang akurat.

2. Perbanyak Beribadah

Umroh.com merangkum, beribadah adalah salah satu jalan untuk menenangkan hati. mendekatkan diri kepada sang pencipta dapat membuat hati anda tenang dan tidak gelisah. Meminta bantuan kepada yang memiliki kekuatan diatas kekuatan manusia perlu anda lakukan. Cara menenangkan hati dan pikiran saat ada masalah adalah dengan beribadah.

Terkadang kesombongan atau berperilaku sombong terjadi karena kita ada kekurangan. Ada masalah yang tidak ingin diungkapkan. sehingga mengalihkan perhatian orang lain daripada masalah anda dengan bersifat jelek. Tanpa disadari anda melakukan hal-hal yang jauh dari sifat baik.

3. Berhenti Memikirkan Kelebihan Diri

Anda boleh bangga dengan kelebihan yang Tuhan anugerahkan kepada diri Anda. Tapi jangan terus menerus memikirkan kelebihan tersebut. Kebiasaan inilah yang kemudian akan memicu munculnya sifat sombong.

Karena itu, sehebat apa pun Anda dalam bidang tersebut biarlah orang lain yang menilai. Bukan diri Anda sendiri yang menilai. Ketika sebuah kelebihan dinilai oleh diri sendiri, yang ada hanyalah rasa sombong.

Mulai saat ini berhenti memikirkan  kelebihan diri. Lebih baik Anda memikirkan bagaimana caranya kelebihan yang dimiliki bisa memberi manfaat bagi orang banyak. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan sisi positif dari kelebihan tersebut dibanding membanggakannya secara berlebihan di hadapan orang lain.

4. Sejajarkan Diri Anda Dengan Orang Lain

Anda dan orang lain adalah jenis yang sama. anda hidup di dunia dengan tujuan yang sama. bentuk tubuh anda sama dengan orang lain. Jika anda menyadari itu. anda akan menyadari bahwa anda bukanlah siapa-siapa. tidak ada yang patut di sombongkan dari diri anda. Jangan bersifat kekanak – kanak. Pribadi yang tidak sombong tahu cara menghilangkan sifat kekanak-kanakan.

sombong dalam islam

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Demikian empat cara menghilangkan sifat sombong. Semoga kita terhindar dari sikap dan sifat yang tidak disukai oleh Allah SWT.

Facebook Comments