1
Muslim Lifestyle

Catat! Ini 10 Contoh Akhlakul Karimah dalam Kehidupan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Dalam ajaran agama islam, berakhlakul kharimah adalah suatu hal yang wajib diterapkan dalam kehidupan sehari – hari, baik untuk diri sendiri maupun dengan orang lain. Perbuatan akhlak adalah perbuatan yang telah tertanam kuat dalam jiwa seseorang sehingga telah menjadi dasar kepribadiannya. Lalu apa saja sih contoh perilaku akhlakul karimah yang wajib diterapkan?

Umroh.com merangkum, Akhlakul karimah atau Akhlak mulia atau sikap terpuji yaitu suatu sikap yang baik sesuai dengan ajaran agama islam. Akhlakul karimah adalah akhlak yang baik atau terpuji. Semua manusia harus memiliki sifat akhlakul karimah ketika hidup di dunia. 

Bagi seseorang yang memiliki akhlakul karimah maka akan selalu disenangi oleh sesama manusia, bahkan tidak hanya itu jika seesorang berperilaku sesuai ajaran agama islam maka sudah pasti baik dimata Allah. Dan kelak nanti akan masuk dalam surga bersama Nabi Muhammad saw.

Baca juga: Banyak yang Salah, Ini Pengertian Akhlakul Karimah

Ciri-Ciri Akhlakul Karimah 

Akhlakul karimah atau akhlak terpuji ialah Akhlaq atau sifat – sifat yang baik yang ada pula di diri Rasulullah SAW. Dari sekian banyak sifat – sifat terpuji tersebut banyak disimpulkan menjadi kelompok besar yang mencakup semua sifat – sifat yang baik diantaranya yaitu:

  1. Memelihara harga diri optimis, ikhlas, sabar, menepati janji, pemaaf, jujur, amanah, hemat dan lemah lembut. 
  2. Assyaja‟ah ( berani menegakkan kebenaran ) 
  3. Al Qonaah ( sederhana, mereka merasa cukup dan adil ) 
  4. Persaudaraan dan persatuan. 

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

10 Contoh Akhlakul Kharimah

“Orang yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik perilakunya.” Demikian sabda Rasulullah saw. kutipan tersebut menunjukkan bahwa kesempurnaan iman seseorang dapat dilihat dari perilakunya. Semakin baik perilakunya, semakin sempurna keimanannya. Ada banyak perilaku positif yang dikenal dalam kehidupan kita. Adapun yang termasuk dalam contoh akhlakul karimah atau akhlak terpuji di antaranya adalah:

1. Berbakti kepada orang tua

Islam menjadikan berbakti kepada kedua orang tua sebagai sebuah kewajiban yang sangat besar. Rasulullah saw bersabda ketika ditanya tentang amal – amal sholeh paling tinggi dan mulia, “ sholat tepat pada waktunya.. berbuat baik kepada kedua orang tua.. jihad di jalan Allah swt.” ( H.R. Bukhari dan Muslim ). Berbakti kepada kedua orang tua adalah perintah utama. Maka hukumnya jelas, berbaktinya anak kepada orangtua adalah hak yang Allah swt berikan kepada ibu dan bapaknya. Maka dosa besar lah yang akan didapat jika anak enggan berbakti kepada kedua orangtua.

contoh akhlakul karimah

2. Bersikap baik dan menolong kepada saudara dan tetangganya

Manusia adalah makhluk sosial. Manusia tidak bisa hidup sendiri di dunia tanpa adanya orang lain disekitar. Berbuat baik serta tolong menolong menjadi suatu hal yang wajib dilakukan demi terciptanya hidup rukun dan damai antar sesama manusia. 

webinar umroh.com

3. Mematuhi perintah Allah

Sebagai hamba allah swt, sudah menjadi kewajiban bagi setiap umat muslim untuk senantiasa taat akan perintah Allah dan menjauhi segala larangnya. Karena setelah mati, sudah bukan lagi saatnya bagi kita untuk taat, melainkan menerima dampak dari amalan – amalan yang telah kita lakukan selama hidup di dunia.

4. Berbicara dengan kata-kata yang baik

Berbicara dengan kata-kata yang baik dan sopan seperti dalam Al-Qur’an surat Al-Isra ayat 23, diperintahkan untuk tidak berkata “ah” kepada kedua orang tua karena hal tersebut dapat menyakiti hatinya.. 

5. Menjaga amanah dan menepati janji

Tim Umroh.com memaparkan, amanah dan menepati janji takan pernah lepas dari kehidupan kita sehari – hari. Mulai dari yang terkecil sampai dengan yang besar. Menjaga amanah dan menepati janji adalah perkara berat. Sebab sifatnya ialah keyakinan akan pemberian kepercayaan agar dijalankan dan terpelihara dengan baik. Maka dari itu kita sebagai umat muslim wajib menjaga amanah dan tepati janji agar tidak tergolong ke dalam orang – orang munafik.

Jadilah tamu istimewa Allah dengan temukan paket umroh terbaik di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

6. Pemaaf

Sebuah maaf kadang bisa memberi perubahan yang besar dalam hidup kita bahkan orang lain. setiap manusia pasti memiliki salah dan memaafkan adalah kunci dari segala ketentraman dan kebahagiaan. 

7. Ikhlas

Ikhlas adalah sebuah kata yang mudah diucapkan tapi sulit untuk dilakukan. Ikhlas adalah sebuah ibadah yang hanya bisa dilakukan oleh hati dan tidak bisa terlihat. Ikhlas adalah perbuatan shaleh yang semata – mata untuk mendapatkan keridhoan Allah dan bukan untuk mendapatkan pujian. 

8. Selalu bersyukur kepada Allah

Ketahuilah bahwa syukur merupakan salah satu sifat Allah dan Nabi. Syukur ialah menunjukan adanya nikmat Allah pada dirinya dengan melalui lisan, yaitu berupa ujian dan mengucapkan kesadaran diri bahwa ia telah diberi nikmat. 

contoh akhlakul karimah

9. Bertawakal

Pada dasarnya hakikat tawakal adalah hati benar – benar bergantung kepada Allah dalam rangka memperoleh hal – hal yang baik dan menolak mudhorot dari urusan dunia dan akhirat. Tawakal bukanlah pasrah tanpa berusaha, namun harus disertai ikhtiar dan penyadaran diri kepada Allah. Apabila seorang hamba bertawakal kepada Allah dengan benar benar ikhlas dan terus mengesakan Allah, maka hati dan akalnya serta seluruh kekuatannya akan semakin kuat mendorongnya untuk melakukan semua amalan. 

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

10. Memiliki rasa Malu

Contoh akhlakul karimah yang terakhir adalah memiliki rasa malu. Hal ini sangat penting untuk tetap dipelihara oleh setiap manusia, karena dengan adanya rasa malu maka akan menghindarkan kita dari tindakan yang memalukan.