1
Muslim Lifestyle

Banyak yang Salah, Ini Pengertian Akhlakul Karimah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Setiap manusia pasti dilihat tingkah laku dan perbuatannya dalam kehidupan sehari-hari. Akhlak itu sesuatu yang melekat pada jiwa manusia yang daripadanyalah lahir perbuatan-perbuatan yang mudah tanpa melalui proses pemikiran pertimbangan atau penelitian. Perbuatan yang baik akan memberikan respon yang baik juga. Begitu pula sebaliknya, perbuatan buruk akan menghasilkan respon yang buruk. Tergantung kita memiliki akhlak yang bagaimana sehingga orang lain juga memberikan sikap yang patut kita terima. Berikut akan dijelaskan soal pengertian akhlakul karimah yang wajib diketahui,

Baca juga: Terungkap, Ini Tujuan Hidup Seorang Muslim di Dunia

Pengertian Akhlakul Karimah

Umroh.com merangkum, semua umat harus memiliki sifat akhlakul karimah selama hidup di dunia. Akhlakul karimah atau akhlak mulia ialah suatu sikap yang baik sesuai dengan ajaran agama islam. Bagi seseorang yang mempunyai akhlakul karima, maka ia akan senantiasa disenangi oleh sesama manusia, hingga tak hanya itu saja namun bila seseorang memiliki perilaku yang sesuai pada ajaran agama Islam sudah tentu orang tersebut baik di mata Allah SWT. Apalahgi Allah akan menjanjikan di masukkan ke dalam surga. 

Akhlak berasal dari bahasa arab yang berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku, atau tabiat, serta kebiasaan. Sedangkan karimah artinya mulia, terpuji, dan baik. Maka yang dimaksud dengan Akhlakul Karimah adalah Akhlak yang baik dan terpuji yaitu suatu aturan atau norma yang mengatur hubungan antar sesama manusia dengan tuhan dan alam semesta. Sebuah akhlak memiliki tujuan agar setiap orang bertingkah laku atau bertaabiat sesuai dengan adat istiadatnya yang baik dan sesuai dengan ajaran agama Islam.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Adapun untuk dasar-dasar berakhlakul karimah bisa kalian pelajari dan dilihat dalam kitab suci Al Qur’an dan As Sunnah Nabi Muhammad SAW. Karena apa yang baik menurut Al Qur’an dan As Sunnah maka itulah yang baik dan menjadi pegangan di dalam kehidupan sehari-hari. Sebaliknya jika apa yang buruk menurut Al Qur’an dan As Sunnahmaka itu tidak baik dan harus dijauhi. Allah berfirman, 

“Dan sesungguhnya kam (Nabi Muhammad SAW) benar-benar berbudi pekerti yang Agung.” (QS Al Qalam : 4)

Contoh Perbuatan Akhlakul Karimah

Berakhlakul karimah bukan semata-mata hanya sesama manusia saja. Tetapi kita harus berakhlakul karimah kepada Allah SWT. Berikut ini contoh perbuatan terpuji yang patut kita lakukan kepada Allah, diri sendiri, dan sesama manusia, diantaranya.

1. Husnuzzan kepada Allah

Husnuzzan berarti berpasangka baik atau positif. Allah SWT menciptakan alam semesta seperti bumi, langit, laut, dan segala isinya menjadi bukti dann wujud kekuasaan Allah serta sebagi rahmat bagi makhuk hidup khususnya manusia. Rahmat adalah karunia Allah yang dapat dirasakan kenikmatan dan manfaatnya. Manusia harus berpikir positif dan menganggap bahwa semua kejadian ada manfaatnya dan tidak ada yang sia-sia.

webinar umroh.com

2. Gigih dan optiomis

Sikap gigih atau optimis termasuk di antara akhlak mulia yakni percaya akan hasil positif dalam segala usaha. Rasa yakin ini akan menimbulkan sugesti sehingga percaya diri dan makin besarnya harapan. Besar harapan tersebut membawa manusia pada sikap lapang dada dan lebih giat lagi berusaha

3. Berinisiatif 

Berinisiatif merupaka perilaku yang terpuji karena sifat tersebut mampu berprakarsa melakukan kegiatan postif serta menghindari sikap terburu-buru bertindak dalam situasi sulit bertindak dengan kesadaran diri sendiri tanpa menunggu perintah. Sikap ini selalu menggunakan nalar ketika bertindak di daalam berbagai situasi guna kepentingan masyarakat.

Dapat melancarkan rezeki, yuk temukan paket umroh Anda cuma di umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

4. Bersilatuhrahmi

Bersilatuhrami seperti bertatap muka, bertamu ke rumah sesorang muslim baik itu teman, saudara, dan orang tua sebagai cara mempererat tali silatuhrami. Keutamaan silaturahmi sangatlah banyak seperti dapat memasukan kita sebagai seorang muslim ke dalam surga, dapat melapangkan rejeki, diperpanjangkan umurnya, dan mendapataakan pahala karena telah menjadi sunah Rasul dan perintah Allah SWT. Apalagi dengan bersilaturahmi kita menambah persaudaraan. Jika kalau kita terkena musibah aatau pun kesulitan, berkat silaturahmilah rasa tolong menolong akan timbul.

5. Baik terhadap orang lain

Manusia tidak akan bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Manusia itu makhluk yang hidup bersosialisasi. Mereka saling bergantung satu sama lain. Dalam hal kebaikan saling tolong menolong dan membantu satu sama lain. Ini semata-mata ikhlas mengerjakan karena mengharapkan ridho Allah SWT. Allah berfirman,

“…Dan tolong menolong kalian dalam hal mengerjakan kebajikan  dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksaNya.” (QS. Al MAidah: 2).

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Demikianlah mengenai pengertian akhlakul karimah dan contoh perbuatannya. Semoga kita termasuk orang-orang soleh yang selalu mengamalkan apa yang diperintahkan Allah SWT.