play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Doa

Ingat Baik-baik! Begini Bunyi Dalil soal Akhlakul Karimah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Akhlakul karimah merupakan akhlak mulia dan akhlak terpuji di ajarkan agama Islam. Akhlakul karimah ini mengatur hubungan sesama manusia, dan alam semesta. Berakhlak mulia adalah tanda kebahagiaan seseorang di dunia dan di akhirat. Apalagi dasar akhlakul karimah bersumber dari Al Quran dan As Sunnah dari ajaran Rasulullah SAW. Karena apa yang baik menurut Al Qur’an dan As Sunnah maka itulah yang baik dan menjadi pegangan di dalam kehidupan sehari-hari. Sebaliknya jika apa yang buruk menurut Al Qur’an dan As Sunnah maka itu tidak baik dan harus dijauhi. Berikut akan dijelaskan bunyi dari dalil Akhlakul Karimah itu sendiri.

Allah berfirman, “Dan sesungguhnya kamu (Nabi Muhammad SAW) benar-benar berbudi pekerti yang Agung.” (QS Al Qalam : 4)

Umroh.com merangkum, sepatutnya kita sebagai umat muslim mengikuti perbuatan yang Rasulullah SAW ajarkan. Karena bukan sekedar disanjungi oleh sesama muslim, namun Allah akan mencintai dan memberikan kenikmatan yang luar biasa di dunia maupun di akhirat. 

Baca juga: Banyak yang Salah, Ini Pengertian Akhlakul Karimah yang Benar

Dalil Tentang Akhlakul Karimah

Anjuran berkahlak mulia bukan hanya sekedar dicontohkan Rasulullah SAW, namun tertera dalam Al Quran dan hadist. Pentingnya akhlakul karimah dalam diri seseorang menjadi bukti bahwa Islam sangat menjunjung tinggi kebaikan umatnya agar senantiasa berperilaku dan bertindak sesuai syariat. Allah SWT mengutus Nabi Muhammad SAW turun ke bumi tak lain untuk menyempurnakan akhlak umatnya.

Terlalu banyak dalil yang menunjukkan berakhlakul karimah. Diantaranya sebagai berikut sabda Nabi Muhammad SAW,

أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِيْنَ إِيْمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا

“Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang terbaik akhlaknya.” (HR At- Tirmidzi)

“Sesungguhnya orang yang paling aku cintai dan yang paling dekat denganku tempatnya pada hari kiamat adalah yang terbaik akhlaknya diantara kalian” (HR At-Tirmidzi 2018).

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Akhlak yang mulia merupakan tolak ukur utama dalam menilai tingkat keimanan seseorang. Bahkan Nabi kita Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ketika ditanya tentang apa yang paling banyak memasukkan seseorang ke dalam surga, beliau mengatakan:

تَقْوى اللَّهِ وَحُسْنُ الْخُلُقِ

“Bertaqwa kepada Allah dan berakhlak dengan akhlak yang baik.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah)

Beliau juga Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

إِنَّمَا بُعِثْتُ لِأُتَمِّمَ صَالِحَ الْأَخْلَاقِ

“Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang baik.” (HR. Ahmad, Bukhari)

 Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam juga bersabda :

“Sesungguhnya seorang hamba itu benar-benar mencapai derajat orang yang berpuasa dan sholat malam dengan sebab akhlaknya yang baik” (HR Abu Dawud no 4798)

Hadits ini menunjukkan bahwasanya bisa jadi seseorang kurang dalam amal ibadatnya seperti puasa dan sholat malam, akan tetapi dengan akhlaknya yang mulia ia bisa menyamai orang yang senantiasa puasa sunnah dan sholat malam. Bagaimana lagi jika ia rajin beribadah sekaligus dibarengi dengan akhlak yang mulia?

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam juga bersabda :

مَا مِنْ شَيْءٍ أَثْقَلُ فِيْ مِيْزَانِ الْمُؤْمِنِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ خُلُقٍ حَسَنٍ

“Tidak ada sesuatu yang lebih berat pada timbangan (kebajikan) seorang mukmin pada hari kiamat daripada akhlak yang mulia” (HR At-Tirmidzi)

Hadits ini mengisyaratkan kepada kita bahwa seseorang mukmin berusaha untuk melakukan amalan yang terbaik dengan timbangan yang terberat pada hari kiamat. Karena kita sadar bahwa umur dan kemampuan kita untuk beramal sholeh terbatas, maka Nabi mengarahkan kita untuk berakhlak yang mulia, karena akhlak mulia merupakan amal ibadah yang sangat berat timbangannya pada hari kiamat.

Dan diantara keutamaan akhlak yang terbaik sebagaimana perkataan Abdurrahman bin Nashir as-Si’diy :

“Dan sesungguhnya akhlak mulia itu sendiri pada dasarnya merupakan ibadah yang agung yang mencakup waktu yang panjang dari seorang hamba, sementara sang hamba dalam ketenteraman dan kebahagian, disertai memperoleh pahala yang besar” (risalah “Husnul Khuluq”)

Jadilah tamu Allah dengan temukan paketnya di Umroh.com!

Dalil Tentang Perbuatan Akhlakul Karimah

1. Contoh perbuatan akhlakul karimah terhadap Allah

Bersikaplah husnuzzan kepada Allah SWT. Sebab Allah SWT telah menciptakan alam semesta seperti bumi, langit, laut, dan segala isinya menjadi bukti dann wujud kekuasaan Allah serta sebagi rahmat bagi makhuk hidup khususnya manusia.

Allah berfirman dalam surat Jathiyah ayat 12-13,

“Allahlah yang menundukkan lautan untukmu supaya kapal-kapal dapat berlayar padanya dengan seizinNya, dan supaya kamu dapat mencari sebagian karuniaNya dan mudah-mudahan kamu bersyukur. Dan Dia menundukkan untukmmmu yang ada di langit dan apa yang ada di bumi semuanya (sebagai rahmat) daripadaNya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar terdapat tanda-tanda kekuasaann Allah vafi kaum yang berpikir.” (QS., Jathiyah:12-13)

2. Contoh perbuatan akhlakul karimah terhadap diri sendiri

Tim Umroh.com memaparkan, bersikaplah merendah diri dan tidak sombong di muka bumi. Karena sikap tersebut akan menolong kita sebagai dipercaya oleh orang lain. Allah berfirman dalam surat Al Isra ayat 37,

“Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.” (QS. Al Isra: 37)

3. Contoh perbuatan akhlakul karimah terhadap lingkungan

Bersikaplah terpuji pada lingkungan alam. Bila kita tidak menjaganya akan mendapatkan ganjaran dari Allah SWT. Allah berfirman dalam surat Ar Rum ayat 41,

“Telah Nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagiaan daari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar.” (QS. Ar Rum: 41)

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Demikianlah dalil-dalil mengenai perbuatan akhlakul karimah. Semoga kita semua termasuk golongan orang-orang yang memiliki hati yang mulia di mata Allah dan lingkungan sekitar.

Facebook Comments