1
Muslim Lifestyle

Sholat Tanpa Doa Iftitah, Sah atau Tidak?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Sholat adalah kewajiban bagi setiap umat beragama muslim di seluruh dunia. Merupakan tiang dari agama islam yang patut kita laksanakan setiap waktunya, Sholat biasanya mulai diajarkan sejak dini oleh orangtua maupun guru agama agar kita terlatih untuk terbiasa beribadah dan mengerti bahwa Allah ialah Dzat yang wajib disembah oleh umat beragama muslim. Namun, masih menjadi pertanyaan mengenai sholat tanpa doa iftitah.

Membicarakan pasal rukun sholat dan bacaan yang terdapat dalam urutan sholat, ada satu bacaan yang senantiasa dibaca saat pelaksanaan sholat, namun tahukah Anda bahwa bacaan tersebut sebenarnya tidak ada dalam rukun sholat. Bacaan apakah itu ? ya, doa iftitah. Lantas bagaimana hukum yang berlaku jika kita melewatkan bacaan tersebut dalam sholat ? simak jawabannya dibawah ini.

Baca juga : Ingat Baik-baik! Begini Bunyi Niat Puasa Senin Kamis

Hukum Sholat Tanpa Membaca Doa Iftitah

Doa iftitah merupakan ungkapan seorang hamba yang sedang berjumpa dengan tuhannya, Doa iftitah lebih terasa seperti ungkapan batin yang mengalir dari jiwa paling dalam seorang hamba, diawali dengan takbir, tahmid, tasbih kemudian di lanjutkan dengan ungkapan wajjahtu wajhiya (aku menghadapkan wajahku).

Doa iftitah merupakan amalan sunnah dalam sholat, baik itu dikerjakan di dalam sholat wajib maupun sholat sunnah. Apabila kita membacanya di dalam sholat maka akan mendapatkan pahala yang terhitung masuk dalam pahala amalan sunnah. Dan apabila ditinggalkanpun tak berdosa.

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Terdapat Hadits Sahih dari Amr bin Auf bin Zaid Al Muzani bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi :

Barangsiapa yg menghidupkan Satu Sunnah dari Sunnah – Sunnah ku, dan diamalkan oleh Manusia. Maka ia akan memperolehkan pahala seperti pahala orang – orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun (Hadits Shahih Riwayat Ibnu Majah, No. 209) ”.

Imam Nawawi, seorang ulama besar bermazhab Syafi’i, sejatinya sangat menganjurkan umat muslim untuk membaca doa iftitah di setiap sholatnya, baik sholat wajib maupun sholat sunnah. Bahkan, bagi muslim yang sedang sakit dan harus sholat sambil berbaring, atau bagi seorang musafir yang sholat di perjalanan, membaca doa iftitah juga tetap dianjurkan.

webinar umroh.com

Lantas bagaimana jikakita lupa atau dengan sengaja tidak membaca doa iftitah sewaktu sholat ? seperti yang sudah dijabarkan di atas bahwa doa iftitah dalam pelaksanaan sholat adalah sunnah. Tidak akan berdosa bila ditinggalkan, dan tidak pula membatalkan sholat. Namun alangkah lebih baik lagi jika senantiasa dibaca dalam setiap sholat.

Yuk jadilah tamu istimewa Allah dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Bagaimana Jika Imam Sholat Tidak Membaca Doa Iftitah ?

Umroh.com merangkum, doa iftitah sendiri memiliki arti pembukaan. Kesunnahan melaksanakan doa iftitah terdapat dalam hadits dari Ali bin Abi Thalib, dari Rasulullah saw., bahwa ketika melaksanakan sholat beliau mengucapkan doa “Wajjahtu wajhiya lilladzi fatharas samawati wal ardla hanifan wa ma ana minal musyrikin, inna shalati wanusuki wa mahyaya wa mamatii lillahi rabbil ‘aalamiin, laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimin.” (HR. Muslim ).

Pada saat kita melaksanakan sholat berjamaah, mungkin Anda pernah terheran jika imam sholat Anda setelah takbiratul ihram langsung dengan cepat membaca surat Al Fatihah sedangkan kita sebagai makmum belum selesai membaca doa iftitah. apakah makmum tetap terus melanjutkan bacaannya ? atau berhenti dan lanjut mengikuti imam membaca Al Fatihah ? Jawabannya, Anda tetap terus membacanya sebagaimana Ulama Syafi’iyah menyatakan bahwa

“ disunnahkan bagi makmum untuk membaca doa iftitah walau imam sudah mengeraskan bacaan suratnya dan makmum mendengarkannya.” Atau Anda bisa membaca doa iftitah dengan bacaan yang lebih pendek yaitu : “Alhamdulillah hamdan katsiran thayyiban mubarakan fiih..”.  yang artinya “Segala puji bagi Allah (aku memuji-Nya) dengan pujian yang banyak, yang baik dan penuh keberkahan”.

sholat tanpa doa iftitah

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Sungguh Allah memberi kita banyak sekali cara untuk memperoleh pahala kebaikan, bahkan dengan amalan yang kecil sekalipun. Untuk itu,  mulai dari sekarang marilah kita terus menambah pahala kita dengan senantiasa melaksanakan amalan – amalan sunnah yang diperintahkan oleh Allah SWT.