play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Doa

Penting! Begini Bunyi Dalil Tentang Tawakal

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Tawakal dalam artian seperti memasrahkan suatu permasalahan yang terjadi dalam kehidupan manusia, baik di dunia maupun di akhirat. Arti kata tawakal dalam Bahasa Arab, yaitu tawakkul yang artinya mewakilkan atau menyerahkan. Sebagai umat islam Anda perlu tahu tentang dalil tentang tawakal agar bisa melewati berbagai ujian yang akan dihadapi.

Dalam setiap kehidupan manusia yang dijalankan, pasti ingin berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Untuk yakin dan usaha saja tidak cukup, jika tidak meminta kepada Allah SWT. Setelah berusaha dan berdoa sungguh-sungguh, bertawakalah kepada Allah SWT. Dengan bertawakal, hidup kita akan selalu tenang, damai, dan mudah bersyukur atas apa yang telah Allah SWT berikan.

Baca juga : Cara Menghilangkan Sifat Riya di Dalam Agama Islam

Seperti Ini Dalil Tentang Tawakal

Inilah Korelasi Syukur Dengan Kesehatan

Umroh.com merangkum, di dalam agama Islam memiliki beberapa pedoman yang diberikan dalam setiap ajarannya, salah satunya adalah dalil. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti kata dalil adalah keterangan yang dijadikan bukti atau alasan suatu kebenaran (terutama berdasarkan ayat Alquran).

Di dalam Alquran banyak ditemukan mengenai dalil-dalil, termasuk dalil mengenai tawakal. Berikut ini ada beberapa ayat Alquran yang dapat dijadikan sebagai dalil tentang tawakal, yaitu: “Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah nikmat Allah (yang diberikan) kepadamu ketika suatu kaum bermaksud hendak menyerangmu dengan tangannya, lalu Allah menahan tangan mereka dari kamu. Dan bertakwalah kepada Allah dan hanya kepada Allah-lah hendaknya orang-orang beriman itu bertawakal.” (QS. Al-Maidah : 11).

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Makna yang terdapat dari ayat tersebut adalah sikap berserah diri atau tawakal kepada Allah SWT dapat menahan serangan dari tangan-tangan kaum kafir yang ingin mencelakakan orang-orang yang selalu beriman kepada Allah SWT. Allah SWT akan selalu melindungi umat-umat yang bertawakal dan beriman kepada-Nya.

Dalil yang lainnya adalah “Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yang hatinya bergetar apabila disebut nama Allah, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah kuatlah imannya. Dan hanya kepada Tuhan lah mereka bertawakal.” (QS. Al-Anfal: 2)

Kandungan yang terdapat dalam ayat tersebut yaitu untuk orang-orang beriman yang selalu memiliki getaran dan takut dalam perasaannya, jika disebutkan nama Allah SWT. Bagi orang-orang yang beriman, perasaan gemetar dan takut berkaitan dengan pengawasan Allah SWT. Maka dari itu, jangan sesekali melakukan perbuatan dosa.

Tak hanya menjadi tamu Allah, umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

Selalu ingatlah kepada Allah SWT. Maksud dari perasaan gemetar dan takut lainnya dapat dikatakan seperti memuliakan asma-asma Allah SWT. Adapula jika mengaji atau mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Alquran, maka bertambahlah kekuatan iman umatnya.

Allah SWT berfirman, “Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu. Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampun untuk mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakalah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal.” (QS. Ali-Imran : 159)

Ayat tersebut menjelaskan tentang akhlak yang baik dari Nabi Muhammad Saw, seperti sikapnya yang lemah lembut, pemaaf, dan selalu memohon ampunan kepada Allah SWT. Begitu banyak yang mencintai Nabi Muhammad Saw, karena memiliki akhlak baiknya tersebut. Ketika sedang dalam suatu urusan, Nabi Muhammad selalu memberikan musyawarah untuk mendapatkan suatu keputusan. Setelah itu bertawakal dan berbaik sangkalah kepada Allah SWT.

Dalam surat Al-Furqan ayat 58, Allah berfirman bahwa “Dan bertawakallah kepada Allah yang hidup (kekal) yang tidak mati, dan bertasbihlah dengan memuji-Nya. Dan cukuplah Dia Maha mengetahui dosa-dosa hamba-hamba-Nya.” (QS. Al-Furqan : 58).

Wajid Dihafalkan, Ini Bunyi Doa Zakat Maal yang Benar

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Pada ayat tersebut menjelaskan bahwa berserah dirilah hanya kepada Allah SWT. Karena, hanya Allah-lah yang kekal tidak akan mati. Agungkanlah Allah SWT dengan memuji segala nikmat yang telah diberikan. Dan hanya Allah-lah yang mengetahui setiap dosa-dosa umat-Nya, entah itu dosa kecil maupun dosa besar.

Facebook Comments