1
Doa

Baca Doa Ini saat Melewati Jembatan pada Hari Kiamat

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Hari kiamat adalah hari dimana kehidupaan yang fana ini tak lagi ada. Kehidupan di dunia hanya berlangsung sementara, sedangkan kehidupan yang abadi terjadi ketika berada di akherat. Semua yang hidup akan kembali kepada Sang Pencipta, Allah SWT. Semua apa yang dilakukan di dunia akan dipertanggungjawabkan di akherat. Semua amalan dan dosa-dosa yang diperbuat akan dipertanyakan pada hari akhir ini. Meski begitu, begini bunyi doa yang harus dibaca saar melewati jembatan pada hari kiamat.

Ada beberapa tahapan yang akan dilalui, salah satunya fase dimana kalian akan melewati jembatan Shiratal Mustaqim. Jembatan Shiratal Mustaqim merupakan titian yang terbentang di atas permukaan neraka Jahanam yang sangat licin, memiliki kait, cakar dan duri. Setelah melewati masa di Padang Mahsyar, di hadapan kaum Muslim akan dibentangkan shiratal mustaqim ini. 

Baca juga: Ini Lho Rahasia Kehebatan Sholawat Nabi!

Umroh.com merangkum, hanya saja umat muslim tidak akan mudah melewati Jembatan Shiratal Mustaqim ini. Ada banyak faktor yang menentukan berhasil tidaknya seorang muslim melaluinya. Yang menentukan kelancaran dan keselamatan perjalanan seseorang di atas Jembatan Sirath adalah amal dan rahmat Allah SWT. Sebagian ulama mengajarkan doa harian yang dapat memuluskan perjalanan seseorang di jembatan sirath dengan selamat. 

Doa Selamat Lewati Jembatan Shiratal Mustaqim

Agar diberikan kelancaran dalam melewati jembatan shiratal mustaqim, sebaiknya selalu berdoa setiap hari untuk keselamatan di akherat. Berikut ini doa seelamat lewati jembatan shiratal mustaqim:

مُسْلِمُوْنَ لَهُ وَنَحْنُ سِوَاهُ مَعْبُوْدَ لَا شَاهِدًا وَرَبًّا وَاحِدًا إِلَهًا لَهُ شَرِيْكَ لَا وَحْدَهُ اللهُ إِلَّا إِلَهَ لَا أَنْ دُأَشْهَ

Asyhadu an la ilaha illallahu wahdaha la syarīka lahu ilahan wahidan, wa rabban syahidan, la ma’buda siwahu, wa nahnu lahu muslimun.

Artinya: “Aku bersaksi tiada tuhan selain Allah yang Esa. Tiada sekutu bagi-Nya sebagai Tuhan yang Esa dan Tuhan yang menyaksikan. Tiada zat yang (patut) disembah selain-Nya. Kami tunduk kepada-Nya.” 

webinar umroh.com

Selain doa harian dalam keselamatan melewati jembatan akherat. Kita juga harus memiliki amalan untuk mempermudah melewwati jembatan shiratal mustaqim. Berikut ini amalan yang mempermudah lewat jembatan shiratal mustaqim, diantaranya.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

1. Bertaubat Kepada Allah SWT

Bekal pertama yang harus dilakukan oleh manusia agar dimudahkan untuk melewati jembatan shiratal mustaqim adalah dengan bertaubat. Tentu saja taubat yang dilaksanakan tersebut harus taubatan nasuha. Yakni taubat yang sungguh-sungguh, penuh ketulusan untuk kembali ke jalan Allah SWT dengan tidak mengulangi kesalahan yang pernah ia lakukan.

Dengan bertaubat kepada allah akan mendapatkan ketenangan dan memperoleh kesempurnaan sinar yang akan mengakibatkan dirinya sukses menyebrangi jembatan shiratal mustaqim yang mendebarkan tersebut.

2. Melaksanakan Sholat Lima Waktu

Umroh.com memaparkan, bekal yang kedua yang harus dilakukan adalah melaksanakan sholat lima waktu  dengan mendirikan sholat menjadi ibadah yang dapat mencegah manusia melakukan perbuatan keji dan mungkar.

Ketika melewati jembatan ini, kita harus menyeimbangkan amal perbuatan selama hidup di dunia. Terlebih lagi bagi seorang muslim tetap melangkahkan kaki di tengah kegelapan untuk menegakkan perintah Allah SWT. Bahkan mereka akan mendapatkan sinar yang prima di akhirat kelak untuk membantu mempermudah langkahnya melewati jembatan tersebut. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW,

“Berilah berita gembira pada beberapa orang yang jalan menuju masjid-masjid dalam kegelapan dengan sinar yang prima pada hari kiamat.” (HR. Ibnu Majah 773).

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda cuma di umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

3. Membutat Perlindungan untuk Sesama Muslim dari Kejahatan Orang Munafik

Amalan selanjutnya yang ternyata juga menjadi salah satu bekal agar mempermudah langkah kaum muslim melewati jembatan shiratal mustaqim adalah dengan membuat perlindungan untuk sesama muslim dari kejahatan orang munafik.

Pembelaan dan penentangan terhadap tuduhan dari kaum munafik ini dapat menjadi salah satu cara melindungi diri dari siksaan neraka jahanam di akhirat kelak.

Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa saja membuat perlindungan seorang Mukmin dari kejahatan orang Munafik, Allah bakal mengutus malaikat membuat perlindungan daging orang itu pada hari kiamat (dari neraka jahannam). Siapa saja menuduh seseorang Muslim dengan maksud menginginkan mencemarkannya, jadi Allah bakal menahannya di atas jembatan neraka jahannam sampai orang itu dibikin bersih dari dosa pengucapan buruknya “. (HR. Abu Dawud 4239)

4. Ikhlas Bersedekah

Bekal selanjutnya adalah ikhlas dalam bersedekah tidak perhitungan. Dengan melakukan ini, selain akan mendapatkan pahala dari Allah SWT nantinya kita juga akan dimudahkan untuk melewati jembatan shiratal mustaqim.

Oleh sebab itu, janganlah mengharap pujian dari sesama manusia ketika melakukan sedekah kepada orang lain. Berharaplah hanya kepada Allah SWT. Apa yang akan kita berikan akan dibalas ganjarannya 2 kali lipat oleh Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa berbuat kebaikan dengan bersedekah jadi dia diijinkan lewat ash shirat dengan memperoleh panduan.”

5. Kurangi Beban dan Menolong Orang Lain

Amalan lainnya yang dapat dilakukan oleh kaum muslim dan menjadi bekal agar memudahkannya melewati jembatan shiratal mustaqim adalah dengan mengurangi beban dan menolong orang lain yang tengah mengalami kesulitan.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang melapangkan diri untuk menolong orang lain, Allah bakal isi hatinya pada hari kiamat dengan keridhoan-Nya, Serta barangsiapa yang jalan dengan saudaranya bakal satu keperluan lalu dia dapat memenuhinya, jadi Allah bakal mengambil keputusan dua kakinya pada hari saat kaki-kaki bakal terpeleset dalam neraka” (HR. Anas).

Demikian doa harian agar lancer melewati jembatan shiratal mustaqim. Semoga kita semua selalu melakukan amalan-amalan yang telah diperintahkan Allah SWT. Jangan lupa tetap selalu mennjalankan kebaikan di dunia agar mendapatkan keselamatan di akherat.