play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

Ini Manusia dan Makhluk Langka yang Muncul di Hari Kiamat

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Hari kiamat merupakan salah satu hari akhir yang wajib kita yakini karena termasuk kedalam rukun iman. Peristiwa hari kiamat ini alam semesta beserta isinya akan hancur lebur. Hari dimana langit akan terbelah, planet-planet dan huru-haranya telah berterbangan, bintang-bintang berjatuhan, gunung-gunung hancur, matahari digulung, binatang-binatang liar telah dikumpulkan, lautan-lautan meluap, ruh-ruh dipertemukan dengan badan, neraka dinyalakan, surga telah didekatkan dan bumi diratakan. Namun, tahukah Anda ternyata akan ada 3 manusia dan 2 makhluk langka yang akan muncul di hari kiamat. Berikut penjelasannya.

Umroh.com merangkum, semua umat mausia berkumpul mempertanggungjawabkan apa yang terlah dilakukaknnya selama hidup di dunia. Ini semua atas kehendak allah SWT. Tidak ada yang tahu kapan hari kiamat tiba.  Namun hari kiamat ini terjadi sudah tertulis di dalam Al Quran.

Baca juga: Bikin Merinding, Begini Keutamaan Asmaul Husna

Tanda-tanda Kiamat

Dalam Al Quran dan hadist tanda-tanda kiamat nyaris yang dijelaska. Bahkan bisa disimpulkan bahwa kita sedang menanti datangnya tanda kiamat besar. Jelang terjadinya kiamat besar, maka akan terjadi petaka dan huru-hara yang akan melanda manusia khususnya umat Islam.

Dalam agama Islam kiamat dibagi menjadi dua, yaitu tanda-tanda kiamat kecil dan kiamat besar. Tanda-tanda kiamat kecil adalah tanda yang mendahului kiamat dalam kurun waktu yang lama dan dianggap biasa. Tanda ini biasanya seperti, adanya bencana alam gempa bumi, tsunami, tanah longsor, banjir bandang, perubahan jenis kelamin, banyaknya pembunuh, dan lain sebagainya.

Sedangkan tanda kiamat besar tidak akan terjadi, sebelum muncul beberapa tanda-tandaya. Sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Asap, Dajjjal, binatang besar, terbit matahari dari tempat tenggelamnya, turunnya isa bin Maryam Alaihissalam, Ya’juj dan Ma’juj, tiga kali gempa bumi, sekali ditimur, sekali di barat dan yang ketiga di Semenanjung Arab yang akhir sekali adalah api yang keluar dari arah negeri Yaman yang akan menghalau manusia ke Padang Mahsyar mereka.” (HR. Muslim).

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Makhluk Langka yang Akan Muncul di Hari Kiamat

Dalam Alquran sebelum datangnya kiamat, ada beberapa makhluk yang sudah dijadwalkan untuk hadir menemani manusia. Ada yang tugasnya untuk membawa manusia pada keburukan ada juga yang membawa pada kebaikan. Penasaran? Berikut ulasan tentang makhluk-makhluk yang akan muncul di hari kiamat, diantaranya.

1. Dajjal

Kita semua mengetahui bahwasannya menjelang terjadinya hari kiamat akan muncul sesosok yang menganggap bahwa dirinya adalah tuhan. Memang ia diberi kekuatan oleh Allah SWT dengan tujuan untuk menjadi cobaan bagi umat manusia apakah ia akan tetap berpegang teguh terhadap agamanya atau lebih memilih mengikuti Dajjal si mata satu.

Dajjal adalah seorang makhluk kafir yang jahat dalam eskatologi Islam, ia akan muncul menjelang Kiamat. Menurut hadits Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sejak Allah SWT menciptakan Nabi Adam AS sampai ke hari kiamat nanti, tidak ada satu ujian pun yang lebih dahsyat daripada Dajjal” Nabi Muhammad SAW mengingatkan para pengikutnya untuk membaca dan menghafal sepuluh ayat pertama dari Surat Al-Kahfi sebagai perlindungan dari Dajjal, dan kalau bisa berlindung di kota Madinah dan Mekkah, karena Dajjal tidak akan pernah bisa masuk kota tersebut yang dijaga oleh para malaikat.

Dajjal akan berada di bumi selama 40 hari dan dia akan mengelilingi bumi dalam waktu yang singkat untuk mengajak orang menjadi pengikutnya, bagi yang membangkang dan tidak ingin mengikutinya maka ia akan diberikan kesengsaraan oleh Dajjal. Satu hari pertama seperti 1 tahun, satu hari kedua seperti 1 bulan, satu hari ketiga seperti sepekan, dan hari berikutnya seperti hari-hari biasanya

2. Imam Al Mahdi

Berdasarkan pemaparan tim umroh.com, setelah Dajjal muncul ke bumi dan mengajak manusia untuk menjadi pengikutnya, sehingga orang-orang shaleh ketakutan dan pergi berpindah-pindah mencari perlindungan agar tidak bertemu dengan Dajjal, Imam Al-Mahdi akan muncul dan kembali membawa panji keadilan, ketika Al-Mahdi muncul semua orang sudah tahu informasi saat ini menyebar dengan cepat, seakan-akan tanpa diberi tahu semua orang sudah langsung tahu.

Kelak Al-mahdi akan memerangi pengikut-pengikut Dajjal bersama Nabi Isa dan pasukan-pasukan muslim, perang tersebut adalah perang terbesar sepanjang sejarah dan akan menjadi perang terakhir yang terjadi di muka bumi, dikabarkan perang tersebut kembali seperti zaman dahulu yaitu menggunakan benda-benda tajam seperti pedang, tombak, dan sebagainya.

3. Nabi Isa Al Masih

Nabi Isa akan turun ke dunia di menara timur Damsyiq, disaat kaum muslimin hendak mengerjakan shalat berjama’ah. Turunnya Isa dengan diapit oleh dua malaikat yang mengenakan dua pakaian yang dicelupkan dengan minyak waras dan za’faran. Ia memiliki wangi yang sangat harum serta ketika ia mengibaskan rambutnya keluarlah permata darinya. Setelah mengerjakan shalat, beliau memimpin perang melawan Dajjal yang diikuti oleh 70.000 Yahudi.

Tatkala Dajjal melihat Isa maka tubuhnya meleleh seperti melelehnya garam dalam air. Kemudian ia terbunuh oleh nabi Isa AS dengan pedangnya di pintu Lood (Majmu’ Zawa’id : 7: 344). Saat itulah berakhir perang terbesar di dunia dan perang terakhir yang terjadi di muka bumi.

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda cuma di umroh.com!

4. Ya’juj dan Ma’juj

Setelah Dajjal terbunuh manusia akan kembali tenang dan damai, semua penuh kebahagiaan bagaikan cahaya terang muncul dan menyinari tiap-tiap manusia saat itu, namun kebahagiaan itu tidak berlangsung lama, setelah kematian Dajjal muncul makhluk pengacau baru yang lebih kejam bahkan jumlahnya berkali-kali lipat melebihi jumlah manusia saat ini, mereka bernama Ya’juj dan Ma’juj, mereka merupakan 2 kaum yang memberikan kekacaukan menjelang hari akhir tiba.

Tidak ada yang tahu pasti berupa sepeti apa Ya’juj dan Ma’juj ini, ada yang mengatakan bahwa mereka merupakan manusia yang kejam yang berjumlah berkali-kali lipat dari jumlah manusia pada saat ini, segala hal yang terlihat oleh mereka akan mereka porak-porandakan, bahkan lautan pun bisa mereka buat kering karena sangat banyaknya jumlah mereka.

Namun coba kita pakai logika mungkinkah 2 kelompok manusia ini lebih banyak jumlahnya dari manusia sekarang bahkan berkali-kali lipat jumlahnya? Mungkinkah manusia mampu menjadikan laut menjadi kering kerontang? tentu tidak masuk akal, oleh karena itu Ya’juj dan Ma’juj masihlah menjadi misteri, bahkan mereka di ilustrasikan berupa monster ganas yang berukuran besar.

Ya’juj dan Ma’juj kelak akan mengacaukan bumi dan seisinya, sehingga membuat semua manusia ketakutan, ketika itu Nabi Isa akan menuju ke gunung Tur dan berdoa kepada Tuhan agar diberikan pertolongan, maka seketika itu juga Tuhan memberikan pertolongan berupa ulat-ulat yang keluar dari leher mereka dan menggigit mereka sehingga mereka mati secara serentak dalam waktu yang sama.

Setelah Ya’juj dan Ma’juj mati penderitaan tidak berhenti sampai di situ saja, karena bangkai mereka yang begitu banyak sehingga menimbulkan aroma yang sangat busuk dan menyengat, lalu ketika itu Nabi Isa kembali berdoa kepada Tuhan, kemudian Tuhan pun mengirimkan burung-burung bangkai yang membawa bangkai mereka ketempat yang jauh sehingga bau menyengat itupun menghilang.

5. Dabbah

Dabbah merupakan makhluk melata yang berbentuk aneh, dikatakan bahwa Dabbah berbetuk seperti sapi yang tegak berdiri dan mampu berbicara, ia membawa Tongkat Nabi Musa, Cincin Nabi Sulaiman, dan sebuah stempel.

Ia muncul ke permukaan bumi setelah manusia dalam keadaan yang aman semenjak berakhirnya Dajjal dan Ya’juj dan Ma’juj, ketika itu manusia kembali bermaksiat dan menyimpang, sehingga keluarlah makhluk ini, ia pergi menemui tiap-tiap manusia untuk menanyakan apakah mereka mengakui keberadaan Tuhan mereka.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Jika manusia tersebut menjawab ya maka Dabbah akan mencapnya adengan stempel kebaikan pada dahinya, namun jika manusia tersebut menjawab tidak mengakui adanya keberadaan Tuhan, maka Dabbah akan mencapnya dengan stempel keburukan, tidak ada yang tahu secara pasti seperti apa makhluk melata yang bernama Dabbah ini.

Nah begitulah Allah ciptakan makhluk dan keajaiban-keajaiban pada akhir zaman, bahwa apa yang di firmankan-Nya merupakan bukti-bukti kebenaran-Nya.

Facebook Comments