1
Serba-serbi Ramadhan

Doa Menyambut Bulan Ramadhan dan Keistimewaan di Dalamnya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia serta bulan yang suci, bulan yang penuh dengan keberkahan dan bulan Ramadhan juga bulan yang sangat di-rindukan oleh umat muslim di dunia. Karena bukan tanpa alasan, bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat mempunyai banyak hikmah dan keutamaan yang telah dijanjikan oleh Allah SWT kepada umatnya di dalam doa menyambut bulan ramadhan.

Baca juga : Kenali Tata Cara Sholat Tahiyatul Masjid Dan Alasannya

Doa menyambut Bulan Ramadhan

Sebagai umat muslim tentunya akan merindukan bulan Ramadhan. Dengan datangnya bulan Ramadhan maka semua umat muslim yang ada di dunia akan menyambutnya dengan penuh suka cita dan yang terpenting adalah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan serta meningkatkan amal ibadah lebih baik dari hari-hari sebelumnya. Mengingat bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan hikmah dan keutamaan di dalamnya.

Oleh karena itu, sebagai umat muslim alangkah baiknya kita menyambut bulan Ramadhan dengan penuh rasa syukur dan berdoa kepada Allah SWT sebab kita masih diberi kesempatan untuk merasakan indahnya bulan Ramadhan dan masih diberi umur panjang, oleh karena itu jangan sampai kita menyia-nyiakan kesempatan yang sudah diberikan oleh Allah SWT dengan berpuasa dan mengerjakan amal ibadah lainnya dengan bersungguh-sungguh. Untuk menyambut bulan Ramadhan maka alangkahnya baiknya untuk berdoa. Berikut merupakan doa menyambut bulan Ramadhan.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Allahumma baarik fii Rajabi wa Sya’baana, wa baarik lanaa fii Romadhoona

Artinya : “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban. Serta berkahilah kami dalam bulan Ramadhan.”

Doa menyambut bulan suci Ramadhan diatas dibaca sejak bulan Rajab, diambil dari hadist riwayat Ahmad nomor 2346 dan 2387, selain membaca doa diatas kita juga bisa membaca doa di-bawah ini.

Allaahumma sallimnii ilaa romadhoona wa sallim lii romadhoona wa tasallamhu minii mutaqobbalaa

webinar umroh.com

Artinya : “Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.” (Latha-if al-Ma’arif : 148)

Keistimewaan Bulan Ramadhan

Berikut ini keistimewaan bulan ramadhan yang tidak ada di dalam bulan – bulan lainnya.

1.      Malam lailatul qadar

Keistimewaan bulan Ramadhan yang pertama adalah tidak adanya malam yang lebih baik dari malam lailatul qadar. Dimana malam itu hanya ada di bulan Ramadhan, sehingga setiap harinya pada bulan Ramadhan, wajib untuk melakukan amal ibadah agar dapat bertemu dengan malam yang penuh dengan kebaikan tersebut. Tentunya dengan menjalankan amalan-amalan baik yang wajib dan sunnah.

2.      Bulan diturunkannya Al-Quran

Ramadhan merupakan bulan yang mulia. Pada bulan Ramadhan Al-Quran diturunkan. Seperti yang disebutkan dalam surat Al-Baqarah ayat 185, “Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia, penjelasan bagi petunjuk dan furqan (pembeda).”

3.      Bulan dikabulkannya doa

Bulan Ramadhan juga merupakan waktu yang terbaik untuk kita berdoa, sebab pada bulan Ramadhan terdapat banyak waktu yang mustajab untuk berdoa. Tentunya doa yang dilakukan harus ikhlas dan sesuai dengan adab yang baik.

Mau jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci? Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

4.      Setiap amal akan dilipat gandakan

Bagi umat muslim ketika melakukan kebaikan tentunya akan mendapatkan pahala. Namun pada bulan Ramadhan ini setiap amal ibadah dan ibadah yang kita kerjakan akan dilipat gandakan oleh Allah SWT pahalanya.

5.      Bulan yang penuh berkah

Umroh.com merangkum, berkah Ramadhan secara garis besar bisa dibagi menjadi tiga, yaitu 10 malam pertama yang merupakan periode penuh rahmat Allah, 10 hari kedua yang berisi banyak maghfirah (ampunan), dan 10 hari terakhir sebagai periode pembebas manusia dari api neraka.

6.      Pintu kebaikan dibuka

Keistimewaan bulan Ramadhan lainnya juga telah dijelaskan dalam riwayat oleh Bukhari dan Muslim, yaitu apabila telah datang bulan Ramadhan, pintu-pintu langit dibuka, sedangkan pintu-pintu neraka akan ditutup, dan setan dibelenggu.

Bulan Ramadhan adalah bulan terbaik dimana kesempatan untuk berbuat amal kebaikan terbuka seluas-luasnya dan tidak ada bulan dimana pintu kebaikan dibuka hingga seperti di bulan Ramadhan.

7.      Bulan pengampunan dosa

doa menyambut bulan ramadhan

Allah SWT akan mengampuni dosa hambaNya sebanyak apapun saat kamu bersungguh-sungguh bertaubat dan menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan ikhlas. Pintu kebaikan akan terbuka lebar, terlebih dengan dilakukannya doa pengampunan dosa.

Hal ini juga dijelaskan di dalam riwayat oleh Bukhori dan Muslim yang berbunyi “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

8.      Bulan terbaik untuk bersedekah

Rasulullah pernah bersabda bahwa waktu terbaik untuk bersedekah ialah di bulan Ramadhan. Mengapa ? sebab di bulan Ramadhan kamu bisa merasakan, bahwa tidak semua orang mendapat kemudahan seperti yang kita miliki. Misalnya tidak semua orang punya uang untuk membeli makan, membeli baju, bahkan miliki tempat tinggal yang layak. Oleh karena itu, sedekah yang dilakukan dengan sungguh-sungguh maka akan membantu mereka yang kesusahan untuk bisa lebih jauh mendapatkan kesenangan.