play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

Kenali Tata Cara Sholat Tahiyatul Masjid Dan Alasannya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com- Masjid ialah tempat beribadah bagi umat muslim. Masjid memiliki kedudukan dan kehormatan mulia yang harus senantiasa dijaga oleh orang yang memasukinya. Nah bagaimanakah cara umat muslim memberikan penghormatan pada masjid? Sebagai seorang muslim, mendatangi masjid mungkin bukan menjadi suatu hal asing bagi Anda. Tata cara Sholat Tahiyatul Masjid tidak berbda dengan sunnah yang lain, hanya berbeda pada waktu pengerjaannya ketika baru memasuki masjid.

Akan tetapi saat Anda masuk ke dalam masjid, pernahkah Anda melihat seseorang yang juga baru tiba sampai masjid tak langsung duduk melainkan mengerjakan sholat? Nah, itulah yang dimaksud dengan sholat tahiyatul masjid. Ialah sholat sunnah dua rakaat yang dikerjakan saat berniat memasuki masjid sebagai tanda tahiyatul masjid (penghormatan masjid). Syarat dan rukun dalam pelaksanaan sholat tahiyatul masjid sama seperti sholat sunnah pada umumnya. Begitupun dengan tata cara pelaksanaannya tidak berbeda dengan sholat sunnah lainnya.

Baca juga : Sebelum Sholat, Pahami Yuk Bunyi Doa Setelah Adzan

Tata Cara Sholat Tahiyatul Masjid

1. Mengucapkan Niat

Sesudah memasuki masjid, maka berdiri lurus menghadap kiblat dan membaca lafaz niat berikut Niat sholat ini, sebagaimana juga sholat-sholat yang lain cukup diucapkan di dalam hati namun sunnah melafal-kannya dan apabila ingin di lafalkan jangan terlalu keras sehingga mengganggu Muslim lainnya. Adapun niat sholat tahiyatul masjid, sebenarnya sah saja jika dicukupkan dengan usholli, “aku berniat sholat”, sebagaimana sholat sunnah mutlak. Namun boleh juga semisal kita menyebutkan niat secara lengkap, seperti: “Usholli sunnatan tahiyyatal masjidi rok’ataini lillaahi ta’aalaa”. Yang artinya : “Saya niat sholat tahiyatul masjid dua rakaat karena Allah ta’ala”

2. Tunaikan dua rakaat solat ini sesuai dengan anjuran dan tertib

Pada rakaat pertama, bacalah surah Al-Fatihah dan diikuti surah Al-Kafirun. “qul yā ayyuhal-kāfirụn, lā a’budu mā ta’budụn, wa lā antum ‘ābidụna mā a’bud, wa lā ana ‘ābidum mā ‘abattum, wa lā antum ‘ābidụna mā a’bud, lakum dīnukum wa liya dīn”. Artinya: “Katakanlah (wahai Muhammad): “Hai orang-orang kafir! Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu tidak mahu menyembah (Allah) yang aku sembah. Dan aku tidak akan beribadat secara kamu beribadat. Dan kamu pula tidak mahu beribadat secara aku beribadat. Bagi kamu agama kamu, dan bagiku agamaku”.

Mau jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci? Yuk temukan paket umroh terbaiknya cuma di Umroh.com!

3.  Pada rakaat kedua, bacalah surah al-Fatihah dan diikuti surah Al-Ikhlas

 “qul huwallāhu aḥad, allāhuṣ-ṣamad, lam yalid wa lam yụlad, wa lam yakul lahụ kufuwan aḥad”. Artinya : “Katakanlah (wahai Muhammad): “(Tuhanku) ialah Allah Yang Maha Esa; “Allah Yang menjadi tumpuan sekalian makhluk untuk memohon sembarang hajat. Ia tiada beranak, dan Ia pula tidak diperanakkan. Dan tidak ada seisi apapun yang serupa dengan-Nya.”

4. berniatlah beriktikaf di dalam masjid

Niat beriktikaf di dalam masjid : “Nawaitul iktikaf fi hazal masjidi sunnatan lillahi taala”. Artinya: “Sahaja aku beriktikaf di dalam masjid ini sunat karena Allah Taala”.

Kenapa Umat Muslim Disunnahkan Untuk Tahiyatul Masjid?

Umroh.com merangkum, sholat tahiyatul masjid disunnahkan oleh Allah SWT, yang jika dikerjakan akan mendapat pahala dan jika tidak dikerjakan tidak akan berdosa pula, namun sholat ini sangat sayang jika dilewatkan karena suatu amalan sunnah yang akan memberikan kita pahala yang besar, sebagai wujud rasa syukur kita agar bisa beribadah di dalam masjid, dan juga sebagai bentuk penghormatan mulia terhadap sang maha pencipta Allah SWT.

Karena masjid merupakan rumahnya Allah SWT, sudah selayaknya orang-orang yang datang ke rumah-Nya memuliakan-Nya. Nah..adapun salah satu bentuk memuliakan masjid adalah dengan melakukan sholat tahiyatul masjid ketika kita memasuki masjid. Untuk itu sebagai umat muslim banyak cara untuk kita mendapatkan pahala dan juga menutup ibadah sholat fardhu yang terkadang masih terlupakan dengan satu dua hal alasan.

masjid terbersih di Jakarta

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Sehingga Anda senantiasa dapat melakukan sholat sunnah, mengingat begitu banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan hanya dengan menjalankannya. Sangat merugi jika Anda melewatkannya. Semoga kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi terutama lebih meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.

Facebook Comments