1
Doa

Doa Pendek Setelah Sholat 5 Waktu Lengkap dengan Artinya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com– Umat islam dianjurkan agar terus menjalankan semua ibadah yang telah Allah SWT perintahkan. Baik itu mengerjakan ibadah wajib ataupun ibadah sunnah. Sebagai umat muslim tentunya wajib hukumnya untuk memahami tentang rukun iman, rukun islam dan rukun islam sebagai pilar utama agama islam salah satunya di dalam sholat terdapat doa pendek setelah sholat 5 waktu.

Baca juga : Berikut Ini Doa Qunut Witir Dan Pelaksanaan Dalam Sholat

Bacaan Dzikir Dan Doa Pendek Setelah Sholat Wajib

Berikut adalah beberapa bacaan dzikir setelah sholat fardhu yang bisa Anda panjatkan.

1.      Membaca Istighfar

“Astaghfirullah Hal Adzim Alladzi La ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyumu Wa atubu Ilaihi.” (Sebanyak 3x). Artinya : ”Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya.”

2.      Membaca Doa Keselamatan

“Allahumma antassalam waminkassalam tabarakta Ya Dzaljalali wal ikram.” Artinya : ”Ya Allah, Engkaulah As-Salaam (Yang selamat dari kejelekan-kejelekan, kekurangan-kekurangan dan kerusakan-kerusakan) dan dari-Mu as-salaam (keselamatan), Maha Berkah Engkau Wahai Dzat Yang Maha Agung dan Maha Baik.” (HR. Muslim).

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

3.      Membaca Kalimat Tauhid

“Laa ilaha illallah wahda, laa syarika lah, Lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir.” Artinya : “Tidak ada Rabb yang berhak disembah kecuali Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan. Bagi-Nya pujaan. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.”

4.      Membaca Pujian Kepada Allah

“Subhanallah Walhamdulillah Wala Ilaha Illallah Wallahu Akbar”. (Sebanyak 33 kali). Artinya : “Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Allah Maha Besar.”

5.      Membaca Surah Al Fatihah

“Alhamdulilla_hi rabbil ‘a_lamin. Ar Rahmaanirrahiim. Maaliki yaumiddiin. Iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin. Ihdinash-shirraatal musthaqiim. Shiraathal ladziina an’amta ‘alaihim ghairil maghduubi ‘alaihim waladh-dhaalliin”. Artinya : “Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam, Yang Maha Pengasih, Lago Maha Penyayang, Pemilik hari pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.”

webinar umroh.com

6.      Membaca Ayat Kursi

“Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim”. Artinya : “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak atau boleh disembah), melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Yang tidak mengantuk dan tidak juga tertidur”.

7.      Membaca Surah Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas

“Qul huwallahu ahad, allahu somad, lam yalid wa lam yụlad, wa lam yakul lahụ kufuwan ahad”. Artinya : “Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa, Allah tempat meminta segala sesuatu, (Allah) tidak beranak dan tidak juga diperanakkan, Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan-Nya.”

“Qul auudzu birobbil falaq. Min syarri maa kholaq. Wa min syarri ghoosiqin idzaa waqob. Wa min syarrin naffaatsaati fil ‘uqod. Wa min syarri haasidin idzaa hasad”. Artinya : “Aku berlindung kepada Allah Yang Menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki.”

“Qul auudzu birobbinnaas. Malikin naas. Ilaahin naas. Min syarril waswaasil khonnaas. Alladzii yuwaswisu fii shuduurin naas, minal jinnati wan naas”. Artinya : “Aku berlindung kepada Allah (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.”

Mulai hari ini kuatkan Niat mu kebaitullah dan wujudkan bersama Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

8.      Membaca Tasbih, Tahmid dan Takbir

Dzikir sesudah sholat fardhu berikutnya adalah dengan membaca doa tasbih, tahmid dan takbir.

Tasbih : “Subhaanalloh” (Sebanyak 33x). Artinya : “Maha suci Allah.”

Tahmid : “Alhamdulillah” (Sebanyak 33x). Artinya: “Segala puji bagi Allah.”

Takbir : “Allahu akbar” (Sebanyak 33x). Artinya : “Allah Maha Besar.”

9.      Membaca Kalimat Tauhid dan Bacaan Hauqolah

“Allaahu akbar Kabiiraan Wal Hamdulillaahi Katsiiraan Wasubhaanallaahi Bukratan Wa Ashiilaan, Laa Ilaaha illallaahu Wahdahu Laa Syariikalahu, Lahul Mulku Walahul Hamdu Yuhyi Wa Yumiitu Wahuwa ‘Alaa Kulli Syaiin Qodiir. Walaa Haula Walaa Quwwata Illaa Billaahil ‘Aliyyil ‘Adziim(i).” Artinya : “Tidak ada yang berhak di sembah dengan sebenarnya kecuali Allah SWT, satu-satunya dan tidak ada sekutu bagi-Nya, miliknya adalah segala kerajaan, segala pujian hanya bagi Allah, Maha Berkuasa atas segala sesuatu, tiada daya dan kekuatan, Melainkan dengan pertolongan Allah yang Maha Agung.”

10.  Membaca Doa Setelah Sholat Wajib

Membaca Tahmid, Pujian dan Bersyukur Kepada Allah

Pertama-tama yang dianjurkan untuk dibaca dalam doa pendek setelah sholat 5 waktuadalah bacaan tahmid, dan pujian serta bersyukur kepada Allah atas semua nikmat yang diberikan oleh-Nya.

Artinya : “Segala puji bagi Allah Penguasa Semesta Alam. Pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmat-Nya dan menjamin tambahannya. Wahai Tuhan kami, bagi-Mu-lah segala puji, dan bagi-Mu-lah segala syukur, sebagaimana layak bagi keluhuran zat-Mu dan keagungan dan kekuasaan-Mu”

Membaca Sholawat Nabi

Doa pendek setelah sholat 5 waktu selanjutnya adalah dengan membaca sholawat atas nabi. Doa ini sebagai penghormatan kepada Nabi agar kita senantiasa mendapatkan syafaatnya.

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad dan keluarganya, yaitu rahmat yang bisa menyelamatkan kami dari semua ketakutan dan penyakit, yang bisa memenuhi semua kebutuhan kami.”

“Yang bisa mensucikan diri kami dari semua keburukan, yang bisa meninggikan derajat kami ke derajat tertinggi di sisi-Mu, dan bisa mengantarkan kami kepada tujuan maksimal dari semua kebaikan, baik semasa hidup maupun sesudah mati.”

“Sesungguhnya Allah Maha Mendengar, Maha Dekat, lagi Maha Memperkenankan semua doa dan permohonan. Wahai Dzat yang Maha Memenuhi semua kebutuhan Hamba-Nya.”

Doa Pendek Setelah Sholat 5 Waktu

Membaca Doa Untuk Orang Tua

Di dalam doa sehabis sholat, kita juga memanjatkan doa untuk orang tua. Senantiasa selalu mendoakan kedua orang tua kita agar mendapatkan ampunan dosa-dosanya.

“Allaahummaghfirlii Dzunuubi Waliwaalidayya Warhamhumaa Kamaa Rabbayaanii Saghiiraa”

Artinya : “Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelas kasihlah kepada mereka berdua sebagaimana mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil.”

Membaca Doa Penutup

Umroh.com merangkum, setelah membaca beberapa doa sesudah sholat, maka dalam doa ini ditutup dengan doa penutup dengan memohon rahmat untuk nabi Muhammad, keluarganya dan sahabat-sahabatnya.

“Washallallaahu ‘Alaa Sayyidinaa Muhammadin Wa’alaa Aali Sayyidinaa Muhammad. Walhamdulillaahi Rabbil ‘Aalamiin.”

Artinya : “Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya serta segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam.”

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Demikian rangkuman dari doa pendek setelah sholat 5 waktu. Keutamaan sholat wajib sangat luar biasa bagi yang mengerjakannya, apalagi ditambah dengan berdoa setelahnya. Jika Anda memiliki keinginan atau hajat, maka mohonlah kepada Allah dengan mengucapkan permohonan Anda tersebut. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua.