play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Doa

Gak Nyangka, Beginilah Cara Nabi Doa saat Sakit Demam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Bagi sebagian orang berpendapat bahwa sakit sangatlah menyiksa. Padahal sakit adalah salah satu ujian yang diberikan oleh Allah SWT, kepada hambanya. Dengan sakit maka Allah SWT akan mengetahui siapa saja hamba-Nya yang sabar dan tidak gampang mengeluh serta yang tetap ingat kepada-Nya. Jika ia bersabar, maka penyakit yang ditimpanya ini, akan menjadi pelebur dosa-dosanya. Hal ini juga telah disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW. Di dalam hadisnya yang diriwayatkan oleh Aisyah R.A : “Tidaklah seorang muslim ditimpa musibah kecuali Allah akan melebur dosa-dosanya dengan sampai tertusuk duri sekalipun.” Berikut ini bacaan doa saat demam yang bisa Anda hafalkan!

Lalu bagaimanakah cara untuk sembuh dari penyakit demam ? beginilah caranya untuk sembuh dari penyakit demam dengan mengikuti anjuran Nabi Muhammad SAW yaitu doa saat demam.

Berobat Ketika Sakit

Umroh.com merangkum, Imam al Bukhari memberikan isyarat bahwa salah satu jenis ujian yang diberikan oleh Allah SWT adalah sakit. Jika sakit, maka cara menyembuhkannya adalah dengan berobat. Karena setiap penyakit Allah SWT telah menjamin obatnya. Sebagaimana hadis riwayat Abu Hurairah R.A. Nabi Muhammad SAW bersabda : “Allah tidak akan menurunkan penyakit kecuali Allah juga menurunkan penawar untuknya.” (HR. Al Bukhari)

Selain hadis di atas, banyak sekali hadis-hadis yang diriwayatkan oleh para imam hadis yang mengindikasikan agar berobat ketika sakit. Seperti riwayat Imam Ahmad dari jalur Anas bin Malik “Sesungguhnya Allah, sekiranya menciptakan penyakit, maka Ia pun menciptakan obat, maka berobatlah kalian.”

Baca juga: Nabi Isa Menyembuhkan Penyakit? Simak Kisahnya di Sini!

Imam Abu Daud di dalam kitab sunannya juga meriwayatkan bahwa hadis jalur Abi Darda’ tentang anjuran berobat “Sesungguhnya Allah SWT telah menjadikan setiap penyakit ada obatnya, maka berobatlah kalian, dan jangan berobat dengan obat yang haram.” Oleh karena itu, hendaknya manusia itu berobat ketika sakit, khususnya sakit flu, karena berobat adalah salah satu usaha manusia untuk sembuh dengan izin Allah SWT. Selain berobat, Nabi Muhammad SAW juga mengajari umatnya untuk berdoa ketika sakit. Khususnya saat demam yang menjadi gejala dari sakit flu tersebut.

Berdoa saat Sakit Demam

Imam An Nawawi di dalam kitab al Adzkar meriwayatkan hadis dari kitab Imam Ibnus Sunni dari Ibnu Abbas R.A. bahwasanya Nabi Muhammad SAW, mengajari mereka (sahabat) dari semua jenis penyakit, yang diantaranya adalah sakit demam, maka beliau berdoa :

بِسْمِ اللهِ الكَبِيرِ نَعُوْذُ بِاللهِ الْعَظِيْمِ مِنْ شَرِّ عِرْقٍ نَعَّارٍ وَمِنْ شَرِّ حَرِّ النَّارِ

Bismillail Kabir, Na’udzu billahil adzim min syarri irqin na’arin wa min syarri harrin nar.

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah SWT yang maha besar, kami berlindung kepada Allah yang Maha Agung dari kejahatan keringat yang bercucuran dan dari kejahatan panasnya api neraka.”

Riwayat ini juga dapat ditemukan dalam kitab Ibnu Sunni dari sahabat Ibnu Abbas R.A, sebagimana yang dikutip oleh Imam An-Nawawi :

روينا في كتاب ابن السني عن ابن عباس رضي الله عنهما، أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يعلمهم من الأوجاع كلها، ومن الحمى أن يقول بسم الله الكبير، نعوذ بالله العظيم من شر عرق نعار ومن شر حر النار

Artinya : “Diriwayatkan kepada kami di kitab Ibnu Sunni dari Ibnu Abbas R.A bahwa Rasulullah SAW mengajari mereka terkait (penyembuhan) segala penyakit, dari demam dengan membaca Bismillail Kabir, Na’udzu billahil adzim min syarri irqin na’arin wa min syarri harrin nar.” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzakar)

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Imam An Nawawi juga menambahkan, sebaiknya membaca juga surah al fatihah, al ikhlas dan surah muawwidzatain (anas dan alfalaq), kemudian (doa di atas) lalu ditiupkan kepada kedua tangannya (dan usapkan keseluruh badan), khususnya pada semuan bagian tubuh yang sakit, dengan berkeyakinan bahwa Allah SWT akan menyembuhkan penyakit tersebut.

وينبغي أن يقرأ على نفسه الفاتحة، وقل هو الله أحد، والمعوذتين وينفث في يديه كما سبق بيانه وأن يدعو بدعاء الكرب الذي قدمناه

Artinya : “Seseorang yang sedang sakit juga seyogianya membaca surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas untuk dirinya seta meniup kedua tangannya sebagimana penjelasan telah lalu dan membaca doa, sebagimana yang telah kami sebutkan.” (Al-Adzkar)

Selain itu, Nabi SAW juga menganjurkan untuk mendinginkan dengan air ketika terkena penyakit demam, karena demam adalah bagian dari percikan api neraka jahanam. Dari Ibnu Umar R.A dari Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda : “Panas adalah bagian dari percikan api Jahanam, maka padamkanlah dengan air.” (HR. Al Bukhari)

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Demikianlah sedikit pemaparan mengenai hadis terkait dengan sakit demam. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kita, mengenai doa saat demam, dan kita dapat mengamalkannya. Ketika kita sudah mengamalkannya, maka insyaAllah akan terbebas dari penyakit demam tersebut. Namun, jika masih sakit, maka itu adalah bagian dari ujian dari Allah dan hendaknya ia berobat dan mengamalkan doa-doa yang telah disebutkan di atas dengan keyakinan yang kuat, bahwa Allah SWT akan menyembuhkannya.

Facebook Comments