1
Doa

Doa Puasa Rajab dan Keutamaan Menjalankannya dalam Islam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com– Siapa yang tak kenal bulan rajab? Tentunya bagi umat muslim bulan rajab sudah tidak asing lagi bukan? Ya, bulan rajab merupakan salah satu dari bulan haram. Di mana bulan haram ini adalah bulan yang dimuliakan. Kenapa dikatakan bulan haram? karena Pada bulan tersebut diharamkan berbagai pembunuhan, maka dari itu terdapat doa puasa rajab.

Saat bulan rajab tiba, biasanya umat muslim melaksanakan puasa rajab. Namun tidak ada pelarangan tentang berpuasa di bulan rajab dan juga tidak ada penganjurannya karena bulan rajabnya itu sendiri akan tetapi berpuasa pada dasarnya disunnahkan. Berpuasa di bulan rajab juga menandai telah dekatnya bulan ramadhan agar mengingatkan untuk puasa Ramadhan.

Baca juga : Begini Doa Puasa Ramadhan dan juga Pahala di Dalamnya

Keutamaan Puasa Rajab

Sebelum membahas apa saja doa puasa rajab, kita bahas dulu mengenai keutamaan puasa rajab yang begitu luar biasa dan sayang jika dilewatkan. Berikut ulasannya

1.      Melaksanakan puasa Rajab hukumnya Sunnah

Termasuk sunnah adalah perkataan, perbuatan, dan tingkah laku Nabi Muhammad SAW yang mana ketika kita mengerjakannya akan mendapatkan pahala. Akan tetapi, bagi yang tidak mengerjakannya tidak apa-apa. namun, jika dalam hati kita timbul rasa mencintai terhadap Nabi, tentunya tidak akan berat melaksanakan sunnah beliau bukan?

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

2.      Diberi Minum oleh Allah SWT dari sungai di Surga

Pernahkah Anda membayangkan bagaimana surga itu? Yang pasti keindahannya jauh lebih indah dari semua hal yang indah-indah di dunia. Pernah minum air sumber secara langsung? Pasti kesegaran dan rasa manisnya sangat enak dan menyegarkan tubuh. Nah, apalagi jika air dari surga. Betapa utamanya yang kita dapatkan jika kita berpuasa rojab. Luar biasa bukan?

3.      Dihapus dosanya oleh Allah SWT

Pahala penghapusan dosa yang kita dapat jika berpuasa Rojab berbeda-beda. Pada hari pertama, dosa kita akan diampuni selama tiga tahun, pada hari kedua selama dua tahun, pada hari ketiga selama satu tahun, sedangkan pada hari-hari setelahnya dihapus dosa dalam satu bulan. Jadi kira-kira penghapusan dosa yang kita dapat adalah delapan tahun.

Umroh.com merangkum, sungguh keutamaan yang bisa kita dapat dengan mudah. Memang kita tidak boleh menghitung pahala yang kita berikan, akan tetapi, jika kita menghitungnya untuk menambah semangat kita dalam beribadah boleh saja bukan?

webinar umroh.com

4.      Sama dengan berpuasa di bulan yang mulia

Bulan Rajab termasuk bulan yang mulia jika dirujukkan pada hadits di atas. Maka ketika kita melakukan hal mulia (puasa) pada bulan yang mulia, insya Allah keutamaan dan kemuliaan besar akan kita dapatkan pula.

Mau jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci? Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Doa Puasa Rajab

Sebelum melakukan puasa rajab dan jika kita ingin memperoleh semua keutamaan-keutamaan puasa rajab, pada saat sore hari mulailah untuk mandi wajib agar tubuh Anda bersih dari hadast besar. Untuk memulai puasanya, sebelumnya Anda harus membaca niat puasa Rajab dengan bacaan latin dan arti sebagaimana berikut:

“Nawaitu Shouma Ghodin Fii Syahri Rojabi, Sunnatan Lillaahi Ta’aalaa” Artinya : “Aku Niat Berpuasa Besok Hari Di Bulan Rajab, Sunnah Karena Allah Ta’ala”. Niat puasa rajab tersebut dibaca ketika malam hari hingga menjelang waktu subuh tiba atau tepatnya ketika waktu sahur. Setelah membaca niat tersebut, selanjutnya Anda bisa mulai berpuasa, menahan semua hawa nafsu mulai saat fajar hingga waktu maghrib tiba.

Setelah sampai pada waktu maghrib, maka tibalah saatnya untuk berbuka. Bacaan doa berbuka puasa rajab sama dengan bacaan doa berbuka puasa ramadhan. Lafadz-nya adalah sebagaimana berikut: “Allaahummalakasumtu, Wabika Aamantu, Wa’alaa Rizqika Afthortu, Birohmatika, Yaa Arhamar Roohimiin.” Artinya : “Ya Allah karana-Mu aku puasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka puasa, dengan rahmat-MU, Ya Allah, Tuhan Maha Pengasih.”

doa puasa rajab

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Bagaimana sudah paham bukan? Semoga setelah mengetahui bacaan niat tersebut beserta keutamaan-keutamaan yang diperoleh dengan melaksanakan puasa sunah rajab ini, kita semakin termotivasi dan bersemangat untuk terus beribadah. aamiin