1
Serba-serbi Ramadhan

Begini Doa Puasa Ramadhan dan juga Pahala di Dalamnya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Ibadah puasa Ramadhan sebentar lagi akan datang dan tentunya sebagai umat muslim akan menjalankan puasa Ramadhan secara bersama-sama di seluruh dunia. Berpuasa di bulan Ramadhan bagi umat muslim hukumnya adalah wajib dikerjakan, dan puasa Ramadhan juga termasuk kesalah satu rukun islam yang keempat. Tidak hanya niat, selama berpuasa juga terdapat doa puasa ramadhan yang belum banyak orang tahu.

Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Baqarah, :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah : 183)

Baca juga : Ini Hikmah Puasa Ramadhan yang Akan Dirasakan!

Pahala Puasa Ramadhan

Sebagai umat muslim marilah kita sambut kedatangan bulan suci Ramadhan ini dengan rasa syukur kehadiran Allah SWT, di mana kita semua masih diberi kesempatan dan umur yang panjang sehingga dapat merasakan nikmatnya berpuasa di bulan yang penuh dengan kemuliaan ini.

Bukan hanya itu bulan Ramadhan juga merupakan bulan dimana pertama kali diturunkannya kitab suci Al-Quran Nul Karim dan terdapat satu kemuliaan lagi di bulan Ramadhan ini yaitu malam Lailatul Qadar. Bulan yang penuh dengan maghfiroh dimana di bukanya pintu surga yang seluas-luasnya dan penuh ampunan dari Allah SWT atas segala perbuatan dosa yang pernah kita lakukan di masa lalu.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW mengungkapkan :

webinar umroh.com

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah SWT berfirman : “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Makna dari hadits di atas adalah Rasulullah mengatakan bahwa setiap amalan kebaikan manusia akan dilipat gandakan pahalanya sebanyak 10 kali lipat bahkan 700 kali lipat. Namun, hal ini tentunya berbeda dengan amalan puasa. Pahala dalam puasa tidak dilipat gandakan dengan cara tersebut, melainkan, pahala pada orang yang berpuasa akan dilipat gandakan menjadi tak terhingga oleh Allah.

Hal ini karena, dalam berpuasa manusia telah berusaha untuk meninggalkan segala bentuk dari syahwat karena Allah SWT semata dan menahan segala emosi. Allah juga begitu memuliakan orang yang berpuasa sehingga di ibaratkan bau mulut orang yang berpuasa adalah lebih harum dari pada bau minyak kasturi.

Ibnu Rajab Al Hambali R.A juga mengatakan :

“Sebagaimana pahala amalan puasa akan berlipat-lipat disbanding amalan lainnya, maka puasa di bulan Ramadhan lebih berlipat pahalanya disbanding puasa di bulan lainnya. Ini semua bisa terjadi karena mulianya bulan Ramadhan dan puasa yang dilakukan adalah puasa yang diwajibkan oleh Allah pada hamba-Nya. Allah pun menjadikan puasa di bulan Ramadhan sebagai bagian dari hukum islam, tiang penegak islam.”

Bila banyak alasan dan pembenaran menunda ke Baitullah, maka ketaatan takkan maksimal. Dan kehadiran Umroh.com akan menyempurnakan ibadah Anda!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Doa Niat Puasa Ramadhan

Umroh.com merangkum, sebelum melakukan puasa Ramadhan diwajibkan untuk mengucapkan doa niat puasa sebelum menjalankan puasa Ramadhan hukumnya adalah wajib.

Berikut lafadz doa niat puasa Ramadhan :

نـَوَيْتُ صَوْمَ غـَدٍ عَـنْ ا َدَاءِ فـَرْضِ شـَهْرِ رَمـَضَان هـَذِهِ السَّـنـَةِ لِلـّهِ تـَعَالى

Nawaitu Shauma Ghodin ‘An Adaa’I Fardhi Syahri Romadhona Haadzihis Sanati Lillahi Ta’ala

Artinya :

“Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah SWT.”

Anda bisa mengucapkan doa niat puasa Ramadhan tersebut saat selesai sholat tarawih atau sebelum waktu imsak telah tiba.

Doa Buka Puasa

Setelah seharian berpuasa merasakan lapar dan dahaga terutama dalam menahan hawa nafsu yang dapat membatalkan puasa, maka ketika berkumandang adzan maghrib, maka Anda disunnahkan untuk segera berbuka puasa dan tidak menunda-nundanya.

Berikut lafadz doa berbuka puasa :

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma Lakasumtu Wabika Aamantu Wa’alaa Rizqika Afthortu Birohmatika Yaa Arhamar Roohimin

Artinya :

“Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Marilah kita niatkan dalam hati untuk segera menjalankan ibadah puasa Ramadhan tahun ini dengan bersungguh-sungguh. Karena umur manusia tidak ada yang tau, kita juga belum pasti apakah Allah SWT masih memberikan kita kesempatan semua untuk bisa bertemu dengan bulan Ramadhan tahun depan.

manfaat perilaku husnudzon

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Kita semua juga harus senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Semoga amal ibadah puasa Ramadhan kita tahun ini bisa diterima dan diberi ganjaran yang setimpal oleh Allah SWT. Yang terpenting dari niat puasa Ramadhan tersebut semata-mata ibadahnya ditujukan kepada Allah SWT. Sesuai janji Allah SWT, bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa maka akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu saat berbuka puasa dan kebahagiaan yang kedua adalah saat bertemu dengan Allah SWT, Tuhan pemilik dari alam semesta ini.