Doa Muslim Lifestyle

Inilah Doa Sholat Sunnah Taubat yang Benar

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Sholat sunnah taubat biasa disebut juga dengan sholat istighfar atau sholat minta ampun. Sholat sunnah ini dilakukan bagi insan manusia yang ingin bertaubat dan kembali ke jalan yang benar sesuai dengan syariat islam. Karena merasa dirinya telah melakukan suatu salah dan kekhilafan baik yang disengaja maupun yang tidak.  

Baca juga: Macam-macam Sholat Sunnah dalam Islam

Umroh.com merangkum, hakikatnya, Allah SWT akan selalu membuka pintu taubat sebagai bentuk pemaafan atas berbagai kesalahan yang telah dilakukan oleh setiap manusia. Tidak ada satu pun kesalahan yang tidak akan Allah ampuni, dengan catatan manusia tersebut meminta ampunan kepada Allah dengan sungguh – sungguh. 

Doa Sholat Sunnah Taubat

Tak jauh berbeda dengan sholat sunnah pada umumnya, dalam melaksanakan sholat sunnah taubat pun terdapat doa yang dapat di amalkan. Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa doa adalah hal atau merupakan salah satu cara yang dapat mendekatkan diri kita kepada Allah swt sekaligus membuat kita sungguh-sungguh meminta kepada Allah. Tanpa doa, manusia tidak akan pernah merasa berinteraksi serta mengingat Allah apalagi benar-benar memohon dan menjadikan Allah sebagai tempat bergantung yang sebenar-benarnya. Maka dari itu, berdoa dan berdzikir setelah shalat taubat adalah suatu hal yang sangat tepat dan wajib untuk dilakukan.

Baca juga: Simak Jadwal Sholat Lengkap untuk Daerah Anda di Sini

Setelah anda selesai mengerjakan sholat sunnah taubat, anda dianjurkan untuk memperbanyak bacaan istighfar yang ditujukan untuk memohon ampunan kepada Allah swt. Bacaan istighfar setelah sholat taubat nasuha berbunyi: astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuumu wa atuubu ilaihi.  Artinya: Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepada-Nya. Bacaan tersebut diucapkan sebanyak 100 kali dengan penuh keikhlasan dan hati yang bersih. 

Setelah membaca bacaan istigfar, barulah anda membaca doa sholat taubat seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW berikut ini yang berbunyi :

“Allahumma anta robbi laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana abduka wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. A ‘udzu bika min syarri maa shona’tu abuu-u laka bini’matika ‘alayya wa abuu-u bidzanbii, faghfirlii fainnahuu alaa yaghfirudz dzunuuba illa anta.”

Artinya: “Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.”

doa sholat taubat
source: shutterstock

Perihal doa tersebut, Rasulullah SAW pernah bersabda, yang artinya:

“Barangsiapa mengucapkannya (sayyidul istighfar) di siang hari dalam keadaan yakin dengannya kemudian dia mati pada hari itu sebelum petang hari, maka dia termasuk penduduk syurga. Dan siapa yang mengucapkannya di waktu malam hari dalam keadaan dia yakin dengannya, kemudian dia mati sebelum subuh maka dia termasuk penduduk syurga.” (HR. Al-Bukhari)

Amalan Setelah Sholat Sunnah Taubat

Setelah mengerjakan sholat sunnah taubat ini, kamu disarankan untuk melakukan berbagai amal kebaikan. Karena sejatinya Taubatan nasuha ialah proses. Bukan sesuatu yang dapat di capai dengan waktu singkat. Sehingga dalam pelaksanaan nya memiliki tahapan – tahapan yang cukup panjang mulai dari niat, belajar untuk memperbaiki diri serta istiqomah dalam kehidupannya yang baru dengan benar – benar bertaubat dan menjauhi segala perbuatan keji dan munkar. 

doa sholat taubat
source: shutterstock

Selain tidak mengulangi perbuatan keji dan mungkar, anda bisa mengamalkan kebaikan yang lain yaitu dengan bersedekah. Percalayah bahwa sedekah bisa menolong kita untuk membantu terhapusnya dosa – dosa yang sudah kita perbuat. Sebagaimana Firman Allah SWT dalam Alquran surat Thaha ayat 82 yang artinya: “ Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal saleh, kemudian tetap di jalan yang benar.”.

Tulis Komentar Anda
Download GRATIS Jadwal Sholat, Al Quran Digital & Voucher Umroh
Klik Disini