play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Doa Muslim Lifestyle

Pengertian, Niat, dan Tata Cara Sholat Sunnah Taubat

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Setiap insan manusia yang hidup di dunia tidak akan pernah luput dari kesalahan, baik itu disengaja ataupun tidak. Perilaku yang buruk dan menyimpang tentunya akan berdampak mudharat atau merugikan, baik itu untuk diri sendiri maupun orang lain yang bisa jadi bernilai dosa di hadapan Allah swt.

Umroh.com merangkum, dalam ajaran agama islam, jika seorang muslim telah melakukan kekhilafan dalam hidupnya dan menyadari serta menyesali akan perbuatannya, maka sungguh sangat diperbolehkan seseorang tersebut untuk segera bertaubat agar kekhilafan yang telah dibuatnya mendapatkan maaf serta ampunan dari Allah swt. Karena sejatinya Allah swt itu maha pengampun dan maha penerima taubat setiap hambanya.

Pengertian Sholat Sunnah Taubat

Sebagai penyempurna dalam proses taubat kita kepada Allah swt, maka kita dianjurkan untuk melaksanaka sholat sunnah taubat. Sholat sunnah taubat adalah  salah satu sholat sunnah yang tidak wajib dikerjakan, namun jika dikerjakan tentu akan ada pahala kebaikan yang mengalir di sana. Sholat taubat adalah sholat yang dikerjakan dengan minimal 2 rakaat dan maksimal 6 rakaat. Untuk mengerjakan sholat taubat, sebaiknya dilakukan di malam hari setelah sholat isya atau saat menjelang sholat tahajud. Hal ini bisa mendukung manusia untuk proses sholat taubat yang tenang, khusuk, tidak banyak gangguan, serta dapat benar-benar ikhlas menghadap Allah SWT.

Sebagaimana Allah berfirman,

يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ تُوبُوٓاْ إِلَى ٱللَّهِ تَوۡبَةً۬ نَّصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمۡ أَن يُكَفِّرَ عَنكُمۡ سَيِّـَٔاتِكُمۡ وَيُدۡخِلَڪُمۡ جَنَّـٰتٍ۬ تَجۡرِى مِن تَحۡتِهَا ٱلۡأَنۡهَـٰرُ يَوۡمَ لَا يُخۡزِى ٱللَّهُ ٱلنَّبِىَّ وَٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ مَعَهُ ۥ‌ۖ نُورُهُمۡ يَسۡعَىٰ بَيۡنَ أَيۡدِيہِمۡ وَبِأَيۡمَـٰنِہِمۡ يَقُولُونَ رَبَّنَآ أَتۡمِمۡ لَنَا نُورَنَا وَٱغۡفِرۡ لَنَآ‌ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ ڪُلِّ شَىۡءٍ۬ قَدِيرٌ۬

Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: “Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”. (QS. At Tahrim : 8).

sholat sunnah taubat
source: shutterstock

Doa Sholat Sunnah Taubat

Tak jauh berbeda dengan sholat sunnah pada umumnya, dalam melaksanakan sholat sunnah taubat pun terdapat doa yang dapat di amalkan. Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa doa adalah hal atau merupakan salah satu cara yang dapat mendekatkan diri kita kepada Allah swt sekaligus membuat kita sungguh-sungguh meminta kepada Allah. Tanpa doa, manusia tidak akan pernah merasa berinteraksi serta mengingat Allah apalagi benar-benar memohon dan menjadikan Allah sebagai tempat bergantung yang sebenar-benarnya. Maka dari itu, berdoa dan berdzikir setelah shalat taubat adalah suatu hal yang sangat tepat dan wajib untuk dilakukan.

Baca juga: Simak Jadwal Sholat Lengkap untuk Daerah Anda di Sini

Setelah anda selesai mengerjakan sholat sunnah taubat, anda dianjurkan untuk memperbanyak bacaan istighfar yang ditujukan untuk memohon ampunan kepada Allah swt. Bacaan istighfar setelah sholat taubat nasuha berbunyi: astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuumu wa atuubu ilaihi.  Artinya: Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepada-Nya. Bacaan tersebut diucapkan sebanyak 100 kali dengan penuh keikhlasan dan hati yang bersih. 

Setelah membaca bacaan istigfar, barulah anda membaca doa sholat taubat seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW berikut ini yang berbunyi :

“Allahumma anta robbi laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana abduka wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. A ‘udzu bika min syarri maa shona’tu abuu-u laka bini’matika ‘alayya wa abuu-u bidzanbii, faghfirlii fainnahuu alaa yaghfirudz dzunuuba illa anta.”

Artinya: “Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.”

sholat sunnah taubat
source: shutterstock

Tata cara sholat sunnah taubat

Jika Anda ingin melaksanakan sholat sunnah taubat, Anda tak perlu bingung karena sejatinya tata cara sholat sunnah taubat sama seperti sholat sunnah lainnya. Sholat taubat nasuha dilakukan sebanyak dua rakaat dengan sekali salam. Boleh dilakukan empat rakaat atau enam rakaat. Namun jika mau, Anda bisa memperpanjang sujud terakhir untuk secara khusus bermunajat dan mengakui berbagai dosa Anda serta memohon ampunan dengan segala kerendahan diri di hadapan Allah SWT.

  • Melakukan wudhu
  • Niat Shalat Taubat

USHALLI SUNNATAT TAUBATI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’ALAA. ALLAHU AKBAR.

Artinya : Aku niat shalat sunat taubat dua raka’at karena Allah ta’ alaa. Allahu Akbar.

  • Takbiratul Ikhram

Adapun yang dimaksud dengan takbiratul ikhram adalah membaca atau mengucapkan takbir (ALLAAHU AKBAR).

  • Membaca Doa Iftitah

Berikut adalah bacaan doa iftitah:

Allaahu Akbaru kabira wal hamdu lillahi kathira, wa subhanallahi bukratan wa asila. Innii wajjahtu wajhiya lillazi fatharas samaawaati wal ardha haniifa muslimaw wa maa anaa minal mushrikeen. Inna salaati wa nusuki wa mahyaya wa mamati lillahi Rabbil ‘aalameen. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimiin.

Artinya:

Allah maha besar dengan sebesar besarnya. Segala puji yang sebanyak banyaknya bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan petang hari. Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah termasuk orang orang yang menyekutukanNya. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam, yang tiada satu pun sekutu bagiNya. Dengan semua itulah aku diperintahkan dan aku adalah termasuk orang orang yang berserah diri.

Baca juga: Jumlah Rakaat Sholat Sunnah Taubat

  •  Membaca Surat Fatihah

Membaca surat Al-Fatihah merupakan Rukun sholat pada setiap raka’at, baik itu sholat fardhu maupun sholat sunnah. Jadi, ini wajib dibaca.

Adapun bacaannya adalah sebagai berikut :

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi rabbil alamin. arrahmaanirrahiim. Maaliki yaumiddiin, iyyaka nabudu waiyyaaka nastaiin. Ihdinashirratal mustaqim, shiratalladzina an’amta alaihim ghairil maghduubi alaihim waladhaalin. Aamiin

  • Membaca Surat atau Ayat-ayat tertentu dari Al-Qur’an

Setelah selesai membaca Surat Al-Fatihan dan Amin, kemudian membaca ayat pendek atau surat Al-Qur’an. Surat Al Kafirun adalah salah satu surat yang disarankan untuk dibaca saat shalat taubat. Hal ini mengingatkan sekaligus menjauhi kita dari perbuatan selayaknya orang-orang kafir atau orang-orang yang senantiasa menduakan Allah, atau berbuat syirik.

  •  Ruku’ disertai Tuma’ninah

Membaca bacaan ketika ruku’ seperti berikut ini:

Subhanarobbialadhimiwabihamdi ( dibaca 3 kali )

  • I’tidal

Setelah selesai ruku’, kemudian I’tidal, yaitu bangkit dari ruku’ sembari mengangkat kedua tangan sejajar telinga, seraya membaca : (Samiallahulimanhamida)

Kemudian kedua tangan diluruskan kebawah sambil berdiri tegak, seraya membaca :

(Robbana laka hamdu milussamawati wamilluardi wamilumasyikta miingsaiing bakdu). Kemudian dilanjutkan dengan mengucapkan takbir (ALLAAHU AKBAR) 

  • Sujud disertai dengan Tuma’ninah

Berikut bacaannya: Subhanna robbial akla wabihamdi ( Dibaca 3 kali )

  • Duduk diantara Dua Sujud disertai dengan Tuma’ninah

Berikut bacaannya : Robbi firli warhamni wajburni warfakni warzukhni wahdini waafini wafuani

  • Sujud Kedua

Berikut bacaannya: Subhanna robbial akla wabihamdi ( Dibaca 3 kali )

  • Duduk Tasyahud (Tahiyyat) Akhir

Duduk dan membaca tasyahud akhir merupakan salah satu rukun shalat. Apabila ditinggalkan baik secara sengaja maupun tidak sengaja maka shalatnya batal.

Adapun untuk bacaan tasyahhud atau tahiyyat akhir secara lengkap adalah sebagai berikut :

AT’TAHIYYAATUL MUBAARAKAATUSH SHALAWAATUTH

THOYYIBAATULILLAAH. AS-SALAAMU’ALAIKA AYYUHANNABIYYU WA RAHMATULLAAHI WABARAKAATUH, ASSALAAMU’ALAINA WA’ALAA IBAADILLAAHISHAALIHIIN. ASYHADUALLAA ILAAHA ILLALLAAH, WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASUULULLAAH. ALLAAHUMMA SHALLI’ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD. WA’ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMAD. KAMAA SHALLAITA ALAA SAYYIDINA IBROOHIIM WA ALAA AALI SAYYIDINA IBROOHIIM. WABAARIK’ALAA SAYYIDINA MUHAMMAD WA ALAA AALI SAYYIDINA MUHAMMAD. KAMAA BAARAKTA ALAA SAYYIDINA IBROOHIIM WA ALAA AALI SAYYIDINAA IBRAAHIIM FIL’AALAMIINA INNAKA HAMIIDUM MAJIID.

  • Mengucapkan Salam
  • Doa dan dzikir setelah melakukan sholat 

Itulah penjelasan singkat mengenai tata cara pelaksanaan sholat sunnah taubah. Semoga informasi di atas bisa berguna bagi anda yang akan melaksankannya.

Facebook Comments