play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
       
1
Doa Muslim Lifestyle

Waktu yang Diharamkan untuk Sholat Sunnah Taubat

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Ada pepatah mengatakan Manusia ialah tempatnya salah dan segala kekhilafan. Baik itu disengaja maupun tidak disengaja. Perilaku yang buruk dan menyimpang tentunya akan berdampak mudharat atau merugikan, baik itu untuk diri sendiri maupun orang lain yang bisa jadi bernilai dosa di hadapan Allah swt. Perlu kita yakini bahwa Allah swt sesungguhnya telah menetapkan ketentuan – ketentuan bagi manusia yang selalu berbuat dosa namun enggan untuk bertaubat, kelak nantinya ia akan merasakan panas nya api neraka dan siksa kubur yang pedih. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al Quran Surat Az- Zumar ayat 54 yang artinya :

“Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepadaNya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).”

Baca juga: Tata Cara Sholat Sunnah Taubat

Sudah menjadi suatu kewajiban bagi setiap umat muslim untuk selalu taat akan perintah Allah dan menjauhi segala larangannya. Jika Anda merasa telah berbuat dosa atau kekeliruan dalam hidup, dan Anda menyadari serta menyesali akan perbuatan tersebut, sebaiknya segeralah Anda bertaubat.  Secara garis bersar, Taubat adalah sikap menerima atau menyesali setiap kesalahan yang kita lakukan dan berjanji untuk tidak mengulanginya kembali. Saat kita sadar akan kekhilafan yang telah kita perbuat cara yang dapat dilakukan seorang muslim untuk meminta ampunan kepada Allah swt yaitu dengan cara melakukan taubat nasuha.

waktu sholat sunnah taubat
source: shutterstock

Umroh.com merangkum, Allah swt ialah sosok yang maha pengampun dan maha penerima taubat. Tak ada kata terlambat untuk Anda bertaubat selagi Anda masih diberi nafas dan selagi matahari tidak terbit dari sebelah barat. Maka taubat Anda akan senantiasa diterima oleh Allah swt. Dengan catatan lakukan semua dengan niat, tekad, serta keistiqomahan dalam menjalaninya.

Baca juga: Jadwal Sholat Lengkap untuk Daerah Anda di Sini

Sebagai penyempurna dalam proses taubat kita kepada Allah swt, maka kita dianjurkan untuk melaksanaka sholat sunnah taubat. Sholat sunnah taubat adalah  salah satu sholat sunnah yang tidak wajib dikerjakan, namun jika dikerjakan tentu akan ada pahala kebaikan yang mengalir disana. Sholat taubat termasuk sholat sunnah yang dikerjakan hanya apabila ada kejadian-kejadian tertentu yang menjadi penyebabnya. Sejatinya Sholat Taubat merupakan salah satu bentuk sholat mutlak yang pelaksanaannya bisa dilakukan kapan saja, baik itu siang maupun malam, kecuali pada saat-saat dimana diharamkan.

Waktu yang Diharamkan untuk Melaksanakan Sholat Sunnah Taubat

  1. Mulai dari terbit fajar kedua hingga terbit matahari.
  2. Saat terbit matahari hingga matahari naik sepenggalah
  3. Saat matahari persis di tengah-tengah hingga terlihat condong.
  4. Mulai dari sholat ashar hingga tenggelam matahari.
  5. Ketika menjelang matahari tenggelam hingga benar-benar sempurna tenggelamnya.
  6. beberapa kalangan ulama menyatakan bahwa waktu yang paling utama untuk melaksanakan sholat taubat adalah pada 2/3 malam atau semasa qiyamul lail dilaksanakan.

Namun yang lebih tepatnya waktu sholat sunnah taubat yaitu dilaksanakan sesegera mungkin setelah Anda menyadari adanya kesalahan atau dosa yang diperbuat baik disengaja ataupun tidak. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda semua, dan semoga kita semua termasuk ke dalam golongan orang – orang yang dicintai Allah swt dan juga Rasulullah saw. aamiin

Tulis Komentar Anda