1
Muslim Lifestyle

Penting! 3 Bacaan Doa agar Niat Taubat Diterima

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – sesungguhnya hakikat taubat ialah kembali kepada Allah SWT disertai keteguhan melaksanakan apa yang diperintahkan dan meninggalkan apa yang dilarang. Perlu diketahui bahwa taubat bukan hanya dilakukan khusus untuk manusia yang melakukan perbuatan berdosa saja semacam ( zinnah, minuman keras, dan semacamnya ) melainkan setiap saat manusia perlu lah berintropeksi diri dan terus memohon ampunan dari Allah SWT agar senantiasa selamat dunia dan akhirat. Berikut akan dijelaskan doa soal taubat yang wajib dipahami.

Setiap orang yang bertaubat, pasti beruntung. Karena seseorang dikatakan beruntung jika dia melakukan perbuatan yang diperintahkan oleh Allah dan meninggalkan apa yang dilarang oleh Nya. Sebagaimana Allah SWT berfirman, artinya :

“ Dan barang siapa yang tidak bertaubat, maka mereka itulah orang – orang yang zalim. “ ( Q.S al – Hujurat : 11 )

Baca juga: Inilah Pengertian Taubat yang Perlu Dipahami

Kewajiban Taubat Bagi Muslim

Sebagai seorang muslim, bertaubat ialah suatu kewajiban yang tidak boleh di tunda – tunda pelaksanaannya, karena beberapa hal. Diantaranya ialah :

  • Manusia tidak akan pernah tau sampai kapan ia akan hidup di dunia. Kematian bisa datang kapanpun dan dimana pun jika Allah SWT sudah menghendaki. Maka dari itu jangan lah menunda – nunda taubat karena kematian bisa datang secara tiba – tiba.
  • Menunda taubat sudah sangat jelas akan membuat hati menjadi keras dan semakin acuh atau jauh dari sang maha pencipta serta melemahnya keimanan seseorang.
  • Dengan  terus terbiasa berbuat dosa baik besar maupun kecil akan membuat hati semakin senang dan bergantung dengan kenikmatan tersebut. 

Macam-Macam Dosa yang Mengharuskan Untuk Taubat

Segala perbuatan yang dilarang atau tidak disukai Allah adalah perbuatan dosa. Jika manusia sudah berdosa berarti akan ada ganjaran yang diterima untuk menebus kesalahannya. Namun, sebelum itu terjadi, manusia bisa segera melakukan taubat dan kembali ke jalan Allah SWT. Dan berikut diantaranya macam – macam dosa yang jika dilakukan wajib segera untuk bertaubat :

  1. Menyekutukan Allah SWT dengan sesuatu.
  2. Berbuat maksiat yang terus menerus.
  3. Putus asa mengharapkan rahmat dari Allah.
  4. Merasa aman dari ancaman siksaan dari Allah.
  5. Penyaksian dusta dan bathil. (Menjadi saksi palsu, dengan memberikan keterangan yang dusta dan tidak benar).
  6. Menuduh berzina seseorang yang tidak berzina.
  7. Melakukan perbuatan sihir.
  8. Bersumpah palsu, yaitu bersumpah membenarkan sesuatu yang sebenarnya salah, atau menyalahkan sesuatu yang sebetulnya benar.
  9. Minum minuman yang memabukkan (minuman keras).
  10. Makan harta benda anak yatim secara dzalim
  11. Makan harta riba, sedang ia sendiri mengetahui hal itu.
  12. Persetubuhan di luar nikah (zina).
  13. Persetubuhan antara sesama jenis (Liwath).
  14. Dua macam terletak pada kedua tangan:
  15. Membunuh seseorang tanpa haq.
  16. Melarikan diri dari medan perang, yaitu jika seorang muslim menghadapi dua orang kafir, atau 10 orang muslin menghadapi 20 orang kafir.
  17. Durhaka atau berani kepada kedua orang tua.

Jadilah tamu Allah dengan temukan paketnya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Bacaan Doa Untuk Taubat

Tim Umroh.com merangkum, setidaknya terdapat 3 bacaan doa taubat yang dapat kita amalkan setiap hari agar senantiasa mengingat Allah SWT dalam setiap langkah yang akan kita lakukan. dan doa itu diantaranya ialah :

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيْمَ الَّذِيْ لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

webinar umroh.com

Astaghfirullaahal ‘azhiima-lladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, wa atuubu ilaih.

Terjemah nya:

Aku minta ampun kepada Allah Yang Maha Agung, tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Dia, Yang Hidup dan terus-menerus mengurus makhlukNya, dan aku bertaubat kepada-Nya. (HR. Abu Dawud 2/85, At-Tirmidzi 5/569, Al-Hakim).

Rasul Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang membaca: (doa di atas) maka Allah mengampuninya, sekalipun dia pernah lari dari perang.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ ظُلْمًا كَثِيْرًا، وَلاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ، فَاغْفِرْ لِيْ مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ، وَارْحَمْنِيْ، إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Allaahumma innii zholamtu nafsii zhulman katsiiron, wa laa yaghfirudz-dzunuuba illaa anta, faghfir lii maghfirotan min ‘indika, warhamnii, innaka antal ghofuurur-rohiim.

Terjemahannya:

Ya Allah, sungguh aku telah menzalimi diriku dengan kezaliman yang banyak, dan tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau. Maka ampunilah aku dengan suatu pengampunan dari sisi-Mu, dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (HR. Bukhari no. 834 dan Muslim no. 2705)

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَتُبْ عَلَىَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Robbighfir lii wa tub ‘alayya, innaka antat-tawwaabur-rohiim. 

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Terjemahannya:

Ya Rabbku, ampunilah dosa-dosaku dan terimalah taubat dariku. Sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang. 

(HR. Ahmad, At-Tirmidzi, Abu Dawud, An-Nasa’i, Al-Bukhari)

Semoga kita semua senantiasa terhindar dari perbuatan yang dapat menjerumuskan kita kedalam dosa. Amalkan selalu doa di atas agar kita senantiasa dapat mengingat Allah dimanapun dan kapanpun.