1
Muslim Lifestyle

7 Hikmah Bertaubat bagi Umat Muslim, Apa Saja?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang tak luput ari kesalahan. Tak ada manusia sempurna melainkan hanya Allah SWT sebagai pencipta dan penguasa seisi bumi. Dalam perjalanan hidup seorang manusia, berbuat khilaf tentunya pasti pernah dlakukan. Karena pada dasarnya manusia ialah tempatnya salah dan lupa. Akan tetapi, manusia salah yang paling baik adalah manusia yang mau bertaubat. Lalu apa saja hikmah dari bertaubat bagi umat muslim? Berikut penjelasannya.

Umroh.com merangkum, tugas manusia sebagai seorang hamba tidak lain adalah menyembah dan beribadah kepada Allah SWT. Sebagaimana dalam firman-Nya  

“ Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepadaku.” ( Q.S. Adz- Dzariyat : 56 )

Baca juga: Bisa Dicoba, Ini Cara Bertaubat sesuai Kaidah Islam

Pengertian Taubat

Kata taubat berarti memohon ampun atas segala dosa dan kembali lagi ke jalan Allah SWT. Taubat yang diterima oleh Allah ialah Taubat Nashuha, yaitu taubat yang sebenar-benarnya yang mana taubat itu berlaku untuk siapa saja, bukan hanya untuk orang yang mempunyai dosa saja, namun taubat diperintahkan untuk semua orang. Allah berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-baqarah ayat 222 :

  “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri” (Al-Baqarah : 222).

Al-Qur’an menyebutkan kata tobat dan devinisinya sebayak 85 kali, di dalamnya Allah menjelaskan tentang bagaimana orang-orang terdahulu bertaubat, serta balasan dan pahala yang diberikan kepada orang yang bertaubat, dan siksaannya yang didapatkan oleh orang yang bertaubat dalam kehidupan nyata. Dengan tobat seseorang hamba akan mendapatkan ampunan dari Allah. Allah berfirman:

 “Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal saleh, kemudian tetap di jalan yang benar” (QS : taha 82)

webinar umroh.com

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Orang – orang yang bertaubat biasanya dihantui rasa takut kepada Allah dan tidak pernah merasa aman dari azab Allah. Artinya dia selalu hati-hati dalam melakukan sesuatu karena Allah selalu mengawasinya, Menjauhkan dunia dari hatinya dan mengarahkan diri ke akhirat yaitu lebih baik melakukan ibadah-ibadah yang selama ini dia tinggalkan, hatinya terjaga dari kelalaian yaitu selalu mengingat Allah disertai penyesalan dan rasa takut, dan ini sesuai dengan banyaknya kesalahan. Karena tobat adalah berhijrah dari kesesatan menuju kebenaran untuk menggapai rahmat Illahi, kembali kepada ajaran Islam, dengan tidak mengulangi dosa tersebut. 

Rukun-rukun Taubat

Abu Zakaria Muhyiddin Yahya An-Nawawi menerangkan, bahwa taubat itu hendaknya dilakukan dengan mengerjakan rukun-rukun taubat yang terdiri dari

  1. Berhenti dari maksiat.
  2. Menyesal atas dosa-dosa yang telah dikerjakan.
  3. Berjanji dengan sungguh-sungguh untuk tidak mengulangi berbuat dosa.
  4. Dalam hal dosa kepada orang lain, hendaklah ditambah dengan menyelesaikan persoalan dengan orang lain yang bersangkutan.

Tak hanya melancarkan rezeki, Umroh juga menjadikan Anda tamu istimewa Allah. Yuk berangkat ke tanah suci dan temukan paketnya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Hikmah Bertaubat

Ketahuilah bahwa tidaklah Allah memerintahkan sesuatu melainkan ada hikmah di balik perintah tersebut, termasuk perintah agar kita bertaubat kepada-Nya. Taubat memiliki hikmah, yaitu:

1. Terhapusnya dosa.

Rasulullah Saw bersabda, “Orang yang bertaubat (dari dosanya) seakan-akan ia tidak berdosa.” (HR. Ibnu Majah, no. 4250).

2. Kejelekan diganti dengan kebaikan.

Allah berfirman, artinya, “Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; Maka itu kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (Qs. al-Furqan: 70).

3. Membawa keberuntungan.

Allah berfirman, artinya, “Adapun orang yang bertaubat dan beriman, serta mengerjakan amal yang saleh, semoga dia termasuk orang-orang yang beruntung” (QS. al-Qashash: 67).

4. Jalan menuju Surga.

Allah berfirman, artinya, “Kecuali orang yang bertaubat, beriman dan beramal saleh, maka mereka itu akan masuk surga dan tidak dianiaya (dirugikan) sedikitpun” (QS. Maryam: 60).

5. Pembersihan Hati.

Allah berfirman, artinya, “Jika kamu berdua bertaubat kepada Allah, maka sesungguhnya hati kamu berdua telah condong (untuk menerima kebaikan)” (QS. at-Tahriim: 4).

6. Diberi kenikmatan yang baik.

Allah berfirman, artinya, “Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan …” (QS. Huud: 3).

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

7. Mendapat kecintaan Allah.

Allah berfirman, artinya, “Sesungguhnya  Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.”(Qs. al-Baqarah: 222).