1
Muslim Lifestyle

Jangan Lupa! Saat Tayamum, Bacalah Doa Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Islam sangat memperhatikan kebersihan. Pemeluknya diwajibkan berada dalam keadaan suci ketika beribadah shalat, di samping kewajiban bersuci sebelum shalat. Islam juga memberi kemudahan apabila kita menemukan kondisi-kondisi yang tidak memungkinkan untuk berwudhu dengan air. Berikut akan dijelaskan secara lengkap beberapa doa tayamum yang wajib dihafalkan.

Tim umroh.com memaparkan, Allah membolehkan kita bersuci dengan debu atau tanah (sho’id) yang suci apabila tidak menemukan air atau dalam kondisi sakit. Ritual bersuci sebagai pengganti wudhu ini disebut dengan tayamum.

Baca juga: Apa Sih Sunnah Tayamum dalam Islam? Ini Jawabannya!

Kondisi Dibolehkannya Tayamum 

Tayamum merupakan ritual bersuci menggunakan media yang ada di permukaan bumi, seperti debu yang suci, sebagai pengganti wudhu atau mandi wajib. Tayamum dibolehkan jika seseorang menemukan kondisi sebagai berikut:

  1. Sudah masuk waktu shalat namun tidak menemukan air (misalnya saat bepergian),
  2. Air yang ada hanya cukup untuk minum atau memasak,
  3. Dalam keadaan sakit yang memungkinkan bertambah parah jika terkena air,
  4. Ada air namun kesulitan untuk menjangkaunya karena jarak yang jauh (hingga khawatir waktu shalat habis) atau karena ada binatang buas. 

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Hikmah Tayamum

Bolehnya melakukan tayamum dengan media permukaan bumi berasal dari sebuah hadist. Rasulullah bersabda, “Dijadikan bagi kami (umat Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam) permukaan bumi sebagai thohur/sesuatu yang digunakan untuk besuci (tayamum) jika kami tidak menjumpai air”. 

Umroh.com merangkum, tanah banyak digambarkan sebagai sesuatu yang baik di dalam Al Quran. Karena itu para ulama memandang hakikat tanah sama dengan hakikat air. Menurut Profesor Nasarudin Umar, keduanya memiliki sifat bersih dan merupakan sumber dari kejadian manusia. 

Karena itulah tanah bisa dipakai untuk bersuci sebagai pengganti wudhu. Hal ini menunjukkan bahwa kita akan menemukan unsur pembersih di manapun kita berada. Baik air, maupun tanah atau debu. Karena itu manusia hendaknya selalu sadar untuk berusaha membersihkan dan mensucikan diri, baik lahir maupun batin.

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda cuma di umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Cara dan Doa Tayamum 

Pertama, tayamum diawali dengan menyediakan tanah, debu, dan sebagainya yang merupakan objek dari permukaan bumi (sho’id) sebagai media bersuci. Pastikan sho’id yang akan digunakan untuk tayamum suci dari najis.

webinar umroh.com

Kedua, menghadap kiblat, kemudian mengucapkan basmallah.  

  بِسْمِ َّ اﷲِ َّ الرحْمَنِ َّ الرحِیم

Bismillahirrohmaanirrohiim 

Artinya: Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. 

Ketiga, letakkan telapak tangan yang dirapatkan di atas permukaan sho’id, lalu meniupnya sedikit. 

Keempat, mengusap wajah sambil menghadirkan niat tayamum. Niat bisa diucapkan dalam hati, atau diucapkan secara lisan dengan lafal: 

نَوَیْتُ َّ التیَُّ ممَ لِاِسْتباحَةِ َّ الصلاَةِ فَرْضًا ِﷲِ تَعَالَى

Nawaitut tayyammuma listibahatish sholaati lillaahi ta’aala 

Artinya: Aku berniat tayamum agar bisa mengerjakan shalat karena Allah Ta’ala.  

Lalu ratakan debu ke seluruh wajah.

Kelima, letakkan kembali telapak tangan pada tanah atau debu. Posisikan jari tangan renggang, dan tidak ada benda yang menghalangi menempelnya debu pada tangan. Misalnya cincin yang harus dilepas. 

Keenam, tiup sedikit telapak tangan, lalu dengan tangan kiri mengusap punggung tangan kanan dan diteruskan hingga siku, lalu mengarah ke bagian dalam lengan bawah menuju telapak tangan.  

Ketujuh, lanjutkan dengan mengusap ibu jadi kiri dengan punggung ibu jari kanan, lalu lanjutkan mengusap tangan kiri. Gerakannya sama dengan yang dilakukan di tangan kanan, yaitu dimulai dari punggung tangan, mengarah ke siku, lalu mengarah ke pergelangan tangan. 

Kedelapan, pertemukan telapak tangan, lalu usap-usap sela jari.  

Kesembilan, cukup lakukan gerakan di atas sebanyak satu kali, lalu akhiri tayamum dengan membaca doa setelah tayamum. Doa tayamum yang dibaca untuk menutup ritual bersuci ini adalah: 

 أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إَِّ لا اﷲُ، وَحْدَهُ لَا شَرِیْكَ لَهُ، وَ أشْهَدُ أَ َّ ن مُحََّ مدًا عَبدُهُ وَرَسُوْلهُ، ا َّ للهَُّ م اجْعَلْنِي مِنَ َّ التَّ وابِیْنَ، وَاجْعَلنِي 

  مِنَ الْمُتَطَِّ هرِیْنَ وَاجْعَلني مِنْ عِبَادِكَ َّ الصالِحِیْنَ سُبْحَانَكَ اَ َّ للهَُّ م وَبحَمْدِكَ، أشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إَِّ لا أَنْتَ، أسْتغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إلَیْكَ

Asyhadu allaa ilaha illallah, wahdahu laa syarikalah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rosuuluh. Allahummaj’alni minattawwabiina, waj’alni minal mutatohhiriina, waj’alni min ‘ibaadikash shoolihiin. Subhaanakallhumma wabihamdika, asyhadu allaa ilaaha illa anta, astaghfiruka wa-atuubu ilaik. 

Artinya: Aku bersaksi tiada tuhan selain Allah semata yang tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku sebagai orang-orang yang bertaubat, jadikanlah aku sebagai orang-orang yang bersuci, dan jadikanlah aku sebagai hamba-hamba-Mu yang saleh. Mahasuci Engkau, ya Allah. Dengan kebaikan-Mu, aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Engkau. Dan dengan kebaikan-Mu, aku memohon ampunan dan bertaubat pada-Mu. 

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Tayamum merupakan bentuk kemudahan yang Allah berikan kepada hambaNya. Tujuannya agar manusia tetap bisa membersihkan badannya dari hadast, serta sebagai bentuk nikmat Allah berupa petunjuk agar kita senantiasa bersyukur kepadanya.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.