1
Muslim Lifestyle

Bisa Dicoba! Begini Bunyi Doa saat Terlanjur Ghibah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Islam adalah agama yang sangat melarang keras perbuatan ghibah. Ghibah merupakan hal yang buruk. Keburukan yang didapat tidak hanya pada orang yang menjadi bahan pembicaraan melainkan juga pada si pelaku ghibah. Lalu bagaimana jika kita terlanjur ghibah? Ini lho doa yang bisa dibaca saat terlanjur ghibah.

Tim Umroh.com memaparkan, hal ini sudah jelas di jabarkan oleh Allah dalam Q.S Al Hujarat ayat 12, yang artinya:

Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.

Menggunjing orang lain termasuk dosa besar dalam Islam. tidak diragukan bahwa semua umat Islam telah mengetahui akan hal ini. Namun dewasa ini, membicarakan pribadi orang lain nampaknya tak pernah bisa lepas dalam obrolan sehari – hari terlebih jika kita sudah berkumpul dengan kerabat. 

Baca juga: Begini Hukum Ghibah dalam Hati jika Dilakukan!

Ghibah Penyakit Hati

Umroh.com merangkum, Ghibah sebagaimana yang sudah dijabarkan di atas merupakan perbuatan dosa besar. Ghibah adalah penyakit hati yang diremehkan, padahal dampaknya akan menghancurkan nilai amal ibadah yang sudah kita bangun dan dijalani selama hidup. Rasulullah saw pernah bersabda, “Ghibah adalah membicarakan tentang saudaramu, kalau dia mendengar, dia tidak menyukainya”. Saat kita Membicarakan keburukan orang lain sejatinya tidak memberikan manfaat apapun. Melainkan akan menambah dan menanamkan rasa benci yang amat dalam.

Doa Jika Anda Terlanjur Ghibah

 Doa setelah mengghibah

Allahummaghfir lana wa lahu.

Artinya,

webinar umroh.com

” Ya Allah, ampunilah kami dan ampunilah dia (orang yang dighibahi).”

Doa ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Al-Baihaqi dalam kitab Al-Da’awat Al-Kabir dari Anas bin Malik, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

إِنَّ مِنْ كَفَّارَةِ الْغِيبَةِ أَنْ تَسْتَغْفِرَ لِمَنِ اغْتَبْتَهُ، تَقُولُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَلَهُ

“Sesungguhnya sebagian kafarat ghibah adalah kamu mendoakan ampunan atas orang kamu ghibahi dengan mengucapkan; Allohummaghfir lanaa wa lahuu.”

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Cara Hindari Ghibah

Jika Anda ingin menghindari ghibah, ada beberapa poin penting yang dapat Anda lakukan seperti di bawah ini:

1. Bergaul dengan orang yang baik

Pergaulan merupakan hal yang dapat membawa dampak besar pada kehidupan sehari-hari kita. Ketika Anda bergaul dengan orang-orang yang berprilaku baik, maka Anda dengan sendirinya akan ikut terpengaruh dan melakukan hal-hal yang baik pula. Sebaliknya, jika Anda bergaul dengan orang yang berperilaku buruk, maka secara tak sadar Anda juga akan terbawa berprilaku seperti itu. Kalau kita ingin menghindari perbuatan ghibah, berarti kita juga harus menjauhkan diri dari orang – orang yang senang melakukan hal tersebut. 

2. Jaga lidah Anda

Ada pepatah mengatakan, mulutmu harimaumu. Berhati-hati dalam bicara merupakan sifat yang harus kita tanamkan sejak kecil. Berhati-hati ketika ingin mengatakan sesuatu membantu Anda dalam menghindari ghibah. Ketika tahu apa yang akan dibicarakan merupakan hal yang buruk, lebih baik tidak usah dikatakan. 

4. Intropeksi diri

Intropeksi diri merupakan hal yang cukup sulit dilakukan. Terkadang sering kita tak sadar bahwa kita sering mengkritik dan menjabarkan detail kesalahan orang lain, tapi lupa bahwa kita juga memiliki segudang salah yang perlu di perbaiki. Intropeksi diri merupakan hal yang baik terlebih untuk mencari kejelekan diri sendiri. Intropeksi diri akan membuat Anda merasa malu jika harus membicarakan keburukan orang lain sedangkan Anda sendiri masih memiliki banyak kesalahan dan harus dibenahi. Intropeksi membuat Anda sadar dengan kesalahan yang ada sehingga dapat dijadikan sebagai ajang untuk membenahi diri supaya dapat berperilaku lebih baik.

Jadilah tamu istimewa Allah dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

5. Ingat kebaikan orang tersebut

Tidak semua orang yang dibicarakan memiliki kelakuan yang buruk sehingga tidak ada satupun ada kebaikan dari dirinya. Setiap orang tentu memiliki sisi baik dan sisi buruk. Ketika ingin membicarakan kejelekan tentangnya, sebaiknya Anda ingat-ingat pula kebaikannya. Dengan mengingat sisi baik orang tersebut terlebih jika orang tersebut sering membantu Anda ketika ada masalah, maka rasa keinginan untuk membicarakan hal buruk darinya akan hilang.

6. Banyak berpikir positif

Berpikir positif menyelamatkan Anda dari pikiran-pikiran buruk terhadap orang lain. Berpikir positif tentu lebih baik dan pastinya memberi pengaruh yang baik pula pada kehidupan Anda. Berbeda dengan berpikir positif, bagi Anda yang senantiasa berpikir negatif dapat membuat Anda tenggelam dalam beragam hal yang tidak bermanfaat sehingga perilaku Anda juga dapat menyimpang. Selain itu pikiran buruk terhadap orang lain membuat kita dengan mudah membicarakan keburukannya.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

7. Saling mengingatkan

Anda tidak perlu merasa sungkan ataupun ragu untuk mengingatkan terhadap sesama. Namun dalam mengingatkan tentu Anda sendiri juga harus mencerminkan perbuatan yang baik. jangan sampai Anda hanya sekedar mengingatkan namun kelakuan Anda juga tidak jauh beda dengan yang diingatkan. Bagi Anda yang beragama Islam, tentu tahu jika ghibah merupakan perbuatan yang berdosa dan dimurkai Allah. Perbuatan ini membuat timbangan kejahatan orang yang digunjingkan berpindah pada si pelaku ghibah. Sehingga ada baiknya jika Anda berpikir seribu kali sebelum melakukan perbuatan satu ini.

Semoga kita semua bisa senantiasa mengingatkan dan mengontrol diri serta lisan masing – masing agar terhindar dari perbuatan yang tidak disukai oleh Allah SWT. Semoga informasi di atas bermanfaat untu kita semua.