1
Muslim Lifestyle

Jangan Dilakukan, Begini Bunyi Hadits tentang Ghibah!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Setiap kaum muslimin tentu sudah seharusnya mengikuti perintah Allah SWT dan menjauhi larangannya seperti melakukan dosa ghibah. Betapa banyak kaum muslimin yang dapat menjalankan perintah Allah SWT dengan baik seperti shalat lima waktu, bersedekah dan menjalankan sunnah-sunnah Nabi Muhammad SAW namun mereka tidak mampu menahan dirinya untuk melakukan dosa ghibah bahwasanya mereka tahu ghibah itu merupakan dosa tercela dan merupakan dosa yang besar, namun tetap mereka melakukannya dan tidak bisa menahan dirinya untuk membicarakan keburukan orang lain (Ghibah) dibawah ini merupakan hadits tentang ghibah yang menjelaskan bahwa ghibah dosa besar dan Allah SWT tidak menyukai umatnya untuk melakukan ghibah.

Hadits tentang ghibah

1. Ghibah merupakan perkara yang haram 

sebagaimana firman Allah SWT :

“Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak prasangka. Sesungguhnya sebagian pransangka itu dosa. Janganlah kamu mencari kesalahan orang lain dan jangan di antara kalian menggunjing sebagian yang lain. Apakah di antara kalian suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kalian akan merasa jijik. Bertawaklah kalian pada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat dan Maha Penyayang.” (QS. Al-Hujurat : 12)

Baca juga: Ternyata Begini Hukum Ghibah dalam Hati Jika Dilakukan!

2. Ghibah merupakan perbuatan yang hina dan jijik

Allah Subhanahu wa Ta’ala benar-benar telah mencela penyakit ghibah ini dan telah menggambarkan orang yang berbuat ghibah dengan gambaran yang sangat hina dan jijik. Begini bunyi hadits ghibah tentang hal tersebut,

 “Dan janganlah sebagian kalian mengghibahi sebagian yang lain. Sukakah salah seorang dari kalian memakan daging bangkai saudaranya yang telah mati, pasti kalian membencinya. Maka bertaqwalah kalian kepada Allah, sungguh Allah Maha Menerima taubat dan Maha Pengasih”. [Al Hujurat :12]

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

3. Ghibah merupakan dosa berat dari dosa zina

Umroh.com merangkum, Rasulullah SAW mengatakan bahwa dosa Ghibah merupakan dosa besar dan melebihi dari dosa zina beliau besabda, 

“Artinya, “’Ghibah itu lebih berat dari zina.’” Seorang sahabat bertanya, ‘Bagaimana bisa?’ Rasulullah SAW menjelaskan, ‘Seorang laki-laki yang berzina lalu bertobat, maka Allah bisa langsung menerima tobatnya. Namun pelaku ghibah tidak akan diampuni sampai dimaafkan oleh orang yang dighibahnya.” (HR At-Thabrani).

webinar umroh.com

4. Ghibah merupakan hal yang paling bahaya dalam hidup

Diriwayatkan oleh Said bin Zaid RA, Rasulullah SAW bersabda yang artinya; “Sesungguhnya riba yang paling bahaya adalah berpanjang kalam (ucapan) dalam membicarakan (keburukan) seorang muslim dengan (cara) yang tidak benar.” (H. R. Abu Daud).

5. Bau orang yang suka berghibah

Hadits riwayat Ahmad dari Jabir bin Abdullah; “Kami pernah bersama Nabi tiba-tiba tercium bau busuk yang tidak mengenakan. Kemudian Rasulullah berkata; ‘Tahukah kamu, bau apakah ini? Ini adalah bau orang-orang yang mengghibah (menggosip) kaum mukminin.” 

Tak hanya melancarkan rezeki Anda, umroh juga menjadikan Anda tamu Allah. Yuk temukan paketnya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

5 Cara menghindari ghibah

Bagi kamu yang ingin menghindari ghibah, maka bisa lakukan cara seperti dibawah ini :

1. Beteman dengan orang baik

Bertemanlah dengan orang yang baik, maka besar kemungkinan kamu akan menjadi orang baik, karena jika kamu berteman dengan orang baik, maka hal positif lah yang akan kamu dapatkan. Kebalikannya, jika kamu berteman dengan orang yang berperilaku buruk, maka ini akan membentuk pribadi kamu untuk berperilaku buruk pula. Rasulullah SAW bersabda “Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628)

2. Menjaga lisan

Hendaklah menjaga lisan kamu, hal itu tentunya untuk menghindari ghibah yang merupakan dosa besar. Ketika kamu mengetahui apa yang dibicarakan hal buruk, maka lebih baik diam itu untuk menghindari ghibah. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda 

“Barangsiapa yang dapat memberikan jaminan kepadaku tentang kebaikannya apa yang ada di antara kedua tulang rahangnya – yakni mulut atau lidah – serta antara kedua kakinya – yakni kemaluannya, maka saya memberikan jaminan syurga untuknya.” (Muttafaq ‘alaih)

3. Intropeksi diri 

Intropeksi diri memang suatu hal yang sulit, tetapi dengan intropeksi diri tentu kamu akan mempunyai rasa malu jika ingin membicarakan keburukan orang lain. Intropeksi diri juga membantumu untuk mengindari dari ghibah karena dengan intropkesi diri kamu tidak perlu mencari keburukan orang lain dan tentunya kamu akan mengingat keburukan kamu sendiri, dengan begitu kamu akan menghindari ghibah dan mengingat keburukan kamu yang telah kamu lakukan selama ini

4. Ingat kebaikan orang tersebut

Tidak semua orang yang dibicarakan memiliki perilaku yang buruk, sehingga tidak ada satupun yang ada pada dirinya. Ketika hendak melakukan ghibah maka ingatlah perbuatan baik orang tersebut dan jangalah mengingat keburukannya, karena manusia tidak ada yang sempurna, setiap manusia tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, maka alangkah baiknya untuk mengingat kebaikan orang tersebut selama ini.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

5. Perbanyaklah berpikir positif

Berpikir positif akan dapat menyelamatkan kamu dari pikiran-pikiran buruk yang merusak pikiran kamu. Berpikir positif tentu lebih baik dan pastinya lebih banyak mempengaruhi kamu di kehidupan sehari-hari.