play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Doa

Lakukan Ini Jika Doa Tidak Dikabulkan Allah SWT

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Allah SWT sangat suka terhadap hamban-Nya yang berdoa. Terlebih lagi doa itu dihaturkan terus-menerus tanpa berhenti. Namun, terkadang yang menjadi permasalahan ialah, Anda  mungkin sudah sangat getol berdoa namun Allah SWT tak kunjung memberikan jawaban untukmu. Jangan putus asa, karena terdapat banyak tips doa tidak dikabulkan yang bisa Anda lakukan sebagai umat muslim.

Meskipun doa kita belum dikabulkan, hal itu bukan berarti Allah SWT tidak menyukai kita, tetapi bisa jadi Allah SWT sedang menguji kita dan ingin selalu mendengar keluhan hamba-Nya. Atau Allah SWT punya rencana lain dibalik itu semua. Ketahuilah bahwa  Allah SWT ialah Maha mengetahui segala sesuatu, mulai dari yang terbaik sampai dengan sebaliknya. Percayalah bahwa skenario Allah SWT adalah yang terbaik untuk hambanya.

Baca juga : Sangat Merugikan! Ini Bahaya Fitnah Dalam Kehidupan

Lakukan Ini Jika Doa Tidak Terkabul

Dikutip dari Imam al-Bukhari dan Imam Abu Dawud, bahwa Nabi Muhammad saw bersabda:

“Akan dikabulkan (doa) salah seorang di antara kalian selama ia tidak tergesa-gesa (menuntut pengabulannya), sampai ia berkata: ‘Sungguh aku telah berdoa, namun belum juga dikabulkan untukku.”

Hadits di atas menunjukkan pentingnya bersabar dalam berdoa. Sebab, dengan mengatakan, “aku telah berdoa, namun belum juga dikabulkan untukku”, secara tidak langsung telah berprasangka buruk kepada Allah, dan menunjukkan ke tidakyakinan bahwa doanya akan terkabul.

Jika kepercayaan Anda sedang goyah, percayalah kalau Allah SWT mendengarkan semua doa Anda. Jika merasa belum dikabulkan, maka bersabarlah. Jika doa – doa Anda tak kunjung juga dikabulkan, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika ingin memastikan semua doa yang Anda panjatkan didengar Allah, Apa saja tips nya ? berikut penjelasannya untuk Anda.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah!Yuk download sekarang juga!

1. Mencari waktu yang mustajab

Umroh.com merangkum, saat doa Anda merasa belum atau tak dikabulkan oleh Allah SWT, tidak usah putus asa, Anda hanya perlu mencari waktu yang mustajab agar doa – doa Anda terkabul. Waktu mustajab itu ialah Hari Arafah, bulan Ramadhan, sepertiga malam terakhir, ketika perang, turun hujan, ketika sujud, antara adzan dan iqamah.

Rasuluah Saw. bersabda:

“Allah turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku, Aku kabulkan, siapa yang meminta-Ku, Aku beri, dan siapa yang minta ampunan pasti Aku ampuni.” (HR. Muslim)

Nabi bersabda, “Doa antara adzan dan iqamah tidak tertolak.” (HR. Abu Daud, Nasa’i, danTurmudzi)

Nabi bersabda, “Keadaan terdekat antara hamba dengan Tuhannya adalah ketika sujud. Maka perbanyaklah berdoa.” (HR. Muslim)

2. Menghadap kiblat dan mengangkat tangan

Dari Jabir RA, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berada di padang Arafah, beliau menghadap kiblat, dan beliau terus berdoa sampai matahari terbenam. (HR. Muslim).

Ibn Abbas radliallahu’anhu mengatakan bahwa Nabi saw ketika berdoa, beliau menggabungkan kedua telapak tangannya dan mengangkatnya setinggi wajahnya ( wajah menghadap telapak tangan ). (H.R Thabrani).

Ingin Umroh dengan paket menarik? Kunjungi Umroh.com Sekarang Juga!

3. Khusyu rendah hati, dan penuh harap kepada Allah

Allah berfirman,

إِنَّهُمْ كَانُوا يُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَيَدْعُونَنَا رَغَبًا وَرَهَبًا وَكَانُوا لَنَا خَاشِعِين

“Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyu’ kepada Kami.” (Q.s. Al-Anbiya’: 90)

4. Bersuara lirih, tidak teriak-teriak

Allah juga berfirman,

ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ

“Berdoalah kepada Tuhanmu dengan rendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” (Q.s. Al-A’raf: 55)

5. Memuji Allah dan bershalawat kepada Nabi

Nabi pernah mendengar ada orang yang berdoa dalam sholatnya dan dia tidak memuji Allah dan tidak bershalawat kepada Nabi, Kemudian beliau bersabda: “Orang ini terburu-buru.” Kemudian Beliau bersabda,

“Apabila kalian berdoa, hendaknya dia memulai dengan memuji dan mengagungkan Allah, kemudian bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian berdoalah sesuai kehendaknya.” (HR Ahmad)

6. Wajib yakin kalau doa pasti terkabul

Nabi bersabda,

“Janganlah kalian ketika berdoa mengatakan: Ya Allah, ampunilah aku jika Engkau mau. Ya Allah, rahmatilah aku, jika Engkau mau. Hendaknya dia mantapkan keinginannya, karena tidak ada yang memaksa Allah.” (HR. Bukhari & Muslim)

macam - macam doa iftitah

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Jangan pernah merasa kecewa dan kecil hati, apalagi menuduh Allah SWT tidak mendengar doa-doa kita. Kita harus senantiasa optimis dan berbaik sangka kepada Allah SWT serta yakin bahwa doa kita pasti didengar dan dikabulkan oleh Allah SWT.

Facebook Comments