1
Muslim Lifestyle

Sangat Merugikan! Ini Bahaya Fitnah Dalam Kehidupan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Sebagaimana yang kita ketahui, fitnah merupakan kebohongan besar yang dapat merugikan orang lain. Fitnah juga termasuk ke dalam dosa besar yang tidak diampuni oleh Allah SWT. Karena itulah Islam melarang umatnya untuk memfitnah karena akan sangat merugikan orang lain jika dilihat dari bahaya fitnah itu sendiri. Dalam surat Al Hujurat Allah SWT berfirman,

 “Wahai orang yang beriman jauhilah kebanyakan dari prasangka, (sehingga kamu tidak menyangka sangkaan yang dilarang) karena sesungguhnya sebagian dari prasangka itu adalah dosa dan janganlah sebagian kamu menggunjing setengahnya yang lain. Apakah seseorang dari kamu suka memakan daging saudaranya yang telah mati? ( Jika demikian kondisi mengumpat) maka sudah tentu kamu jijik kepadanya. (Jadi patuhilah larangan-larangan tersebut) dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” (Q. S. Al-Hujarat : 12)

Baca juga : Ini Kriteria Ruqyah yang Diperbolehkan dalam Islam

Macam-macam Fitnah

Sejatinya, terdapat dua macam fitnah yang besar dan harus kita hindari. Yang pertama adalah fitnah syubhat dan yang kedua adalah fitnah syahwat.

1. Fitnah Syubhat

Fitnah syubhat berarti fitnah yang samar-samar atau tidak jelas. Dengan fitnah syubhat ini, ilmu seseorang bisa rusak sehingga keyakinannya dalam perkara ma’ruf menjadi samar dengan kemungkaran.

Fitnah syubhat sendiri merupakan fitnah yang paling berbahaya karena kurangnya ilmu dan lemahnya bashirah. Dan ketika diiringi dengan niat buruk serta hawa nafsu, timbullah fitnah besar dan keji. Rasulullah SAW bersabda,

“Sesungguhnya di antara yang aku takutkan atas kamu adalah syahwat mengikuti nafsu pada perut kamu dan pada kemaluan kamu serta fitnah-fitnah yang menyesatkan.” (H. R. Ahmad)

2. Fitnah Syahwat

Fitnah syahwat adalah bentuk perbuatan yang dapat melemahkan iman seseorang karena mengikuti hawa nafsu. Biasanya, mereka yang terkena fitnah syahwat akan malas beribadah serta kerap melanggar perintah Allah dan mengerjakan maksiat. Hal ini disebabkan oleh hawa nafsu beserta andil dari iblis yang senantiasa mengiringi dan membuat iman semakin lemah.

webinar umroh.com

 Fitnah syahwat sejatinya berhubungan dengan dunia, membangkitkan kesenangan dan kerap mengikuti hawa nafsunya. Dalam surat Al Imran, Allah SWT berfirman:

 “Dijadikan indah bagi manusia kecintaan kepada syahwat (apa-apa yang diingini) berupa wanita, anak-anak, harta kekayaan yang berlimpah dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia. Dan di sisi Allahlah tempat kembali yang baik (surga).” (Q. S. Al-Imran : 14)

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah!Yuk download sekarang juga!

Bahaya Fitnah

bahaya fitnah

Fitnah adalah hal tercela yang Allah SWT benci dan tak sukai. Hukumannya pun sangat berat, lebih berat dari ketidaktaatan atau dosa besar lainnya. Karena fitnah sangat berbahaya. Berikut ini bahaya fitnah apabila seseorang tetap melakukannya!

1. Kesengsaraan

Karena fitnah adalah suatu kebohongan dan berita yang tidak benar, maka fitnah akan sangat merugikan bagi orang lain terutama tang difitnah. Harga dirinya bisa hancur di mata masyarakat, menjadi bahan cemoohan dan bisa dikucilkan. Sementara yang memfitnah bisa tidak dipercaya lagi oleh orang lain dan akan dijauhi semua orang.

2. Keresahan

Fitnah yang tersebar oleh masyarakat akan membuat masyarakat takut dan tidak tenang. Seperti fitnah pencurian, orang-orang akan takut menjadi korban. Atau fitnah buruk lainnya. Maka jangan rusak ketenangan hidup seseorang dengan fitnah yang keji.

3. Merusak tali silaturahmi

Satu fitnah bisa memecah suatu bangsa bahkan menghancurkan bangsa tersebut. Karena dengan satu fitnah, permasalahan lain bisa saja muncul seperti domino yang siap berjatuhan. Maka dari itu, janganlah membuat masalah karena hidup pun ada ujiannya.

4. Mencelakakan orang lain

Istilah fitnah lebih kejam dari pembunuhan ternyata benar adanya. Umumnya, fitnah terjadi karena kebencian seseorang terhadap orang lain, maka tidak menutup kemungkinan akan adanya tindak kejahatan atau kriminal hingga mencelakakan orang lain.

Ingin Umroh dengan paket menarik? Kunjungi Umroh.com Sekarang Juga!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

5. Merugikan orang lain

Umroh.com merangkum, jelas sekali fitnah akan sangat merugikan orang lain. Korbannya pun akan mengalami banyak kerugian seperti rugi fisik, psikis sampai harta benda dan keluarganya pun bisa jadi korban. Harga diri pun hancur sehingga tidak mendapat respect dari orang lain.

6. Fitnah adalah tanda orang munafik

Ya, jelas sekali fitnah menjadi tanda orang munafik karena ciri-ciri orang munafik adalah bicara dusta, diberi amanah malah ingkar dan mengkhianati, serta melanggar janji.

7. Allah akan memasukkan ke Neraka

Fitnah adalah dosa besar yang dapat menjadi penghalang seseorang untuk masuk surge. Akibat fitnah tersebut, maka ia akan menanggung semuanya seumur hidupnya apabila tidak segera bertaubat dan memohon ampun kepada Allah, maka neraka lah tempatnya.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Itulah bahaya fitnah yang akan sangat merugikan. Maka dari itu jangan sampai kita memiliki sifat tercela ini. Rugi sekali, bukan? Semoga artikel ini bermanfaat dan hanya Allah yang dapat memberikan taufik.