play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Travel

Terkuak! Ini 10 Fakta Menarik Tentang Iran

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Memiliki sejarah yang panjang, Iran menjadi salah satu negara yang menarik untuk dikunjungi. Ratusan kerajaan pernah menguasai wilayah Iran, dan hal ini membuat banyak peninggalan arsitektur, budaya, dan seni bisa ditemui di Iran. Tak heran, Iran dikenal dengan hasil karya yang berkualitas tinggi, serta kekayaan etnisnya. Wisatawan yang datang ke Iran bisa menikmati keindahan alam, arsitektur, serta sedapnya kuliner di sana. Lalu, apa saja sih fakta menarik tentang negara Iran itu sendiri?

Fakta Menarik Negara Iran

1. Tidak Menggunakan Bahasa Arab 

Umroh.com merangkum, masih banyak yang menyangka bahwa orang-orang Iran adalah orang Arab, dan mereka berkomunikasi dengan bahasa Arab. Padahal orang-orang Iran bukan orang Arab, melainkan berasal dari ras Indo-Eropa (Arya) dan mereka menggunakan bahasa Farsi atau Persia. Memang ada kemiripan antara bahasa Farsi dan bahasa Arab. Tetapi kedua bahasa tersebut tidak sama.

Baca juga: Mengejutkan! Begini Alasan Wanita Iran Melepas Hijab

2. Menjadi Tempat Lahirnya Peradaban Tertua di Dunia 

Empat ribu tahun Sebelum Masehi, Iran menjadi wilayah kerajaan Elam, salah satu peradaban tertua di dunia. Waktu terus berjalan, dan wilayah Iran silih berganti dikuasai oleh beberapa kerajaan. Seperti kerajaan Akhemeniyah yang berdiri pada 550 tahun Sebelum Masehi dan merupakan kerajaan Persia pertama, hingga kemudian Iran dikuasai oleh Kerajaan Islam di abad ketujuh.

fakta iran

3. Menyimpan Energi dalam Jumlah Besar 

Iran dikenal sebagai negara yang memproduksi bahan bakar fosil dalam jumlah besar. Bahkan jumlah gas alam yang tersimpan di Iran terbanyak kedua di dunia setelah Rusia, produksi gas alam Iran adalah yang terbanyak ketiga di dunia.  

Mau dapat kesempatan untuk berangkat umroh tanpa biaya? Cukup dengan download aplikasinya di sini, InshaAllah Mekkah di depan mata!

Selain gas alam, Iran juga menyimpan minyak bumi yang jumlahnya terbesar keempat di dunia. Untuk memenuhi kebutuhan energi di masa depan, Iran mengembangkan sumber energi terbarukan. Selain itu, Iran juga membangun program nuklir di Bushiri. 

4. Negara dengan Jumlah Warisan Dunia Terbanyak Ketiga 

Dengan kekayaan latar belakang sejarah, tak heran banyak peninggalan bersejarah di Iran. Unesco mencatat Iran sebagai negara dengan jumlah situs warisan dunia terbanyak ketiga setelah Cina dan India. Total ada 24 situs warisan dunia, yang terdiri dari 22 situs budaya dan 2 situs alam. Situs terbaru di Iran yang masuk dalam situs warisan dunia Unesco adalah situs alam Hutan Hyrcanian yang terdaftar pada Agustus 2019. 

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda sekarang juga!

5. Memiliki Penduduk yang Ramah 

Penduduk Iran dikenal sebagai salah satu masyarakat paling ramah di dunia. Mereka terbuka terhadap orang asing, ramah, dan hangat. Mereka tidak segan menyapa orang asing yang kedapatan berlibur di negara mereka. Misalnya untuk berbincang ringan, atau menawarkan bantuan. Mereka sangat senang jika ada wisatawan yang mengunjungi negaranya, dan akan melakukan apapun agar wisatawan merasa nyaman. 

6. Memiliki Kuliner yang Lezat dan Unik 

Iran memiliki kuliner yang unik dan beragam. Wisatawan bisa mencicipi makanan Persia di mana-mana, namun yang terbaik adalah di rumah-rumah warga lokal.  

Masakan Persia memiliki cita rasa otentik. Seperti Haleem (sup gandum, kacang lentil, dan daging), Tahchin (kue beras yang dimasak dengan cara dipanggang), Kabab Koobideh (daging tumbuk yang diolah dengan bawang bombay), atau Sabzi Polo ba Mahi (nasi dengan rempah-rempah yang disajikan dengan ikan). 

Mau berangkat umroh tapi kendala dengan biaya? Jangan khawatir, cuma di umroh.com semua rencana Anda akan terwujud!

Ciri khas masakan Iran adalah banyak menggunakan daging. Sebagian besar masakan menggunakan daging sebagai bahan dasarnya. Namun, jika tidak begitu menyukai daging, ada beragam varian hidangan yang terbuat dari kacang lentill atau terong. 

7. Terkenal dengan Produksi Karpet 

Iran telah dikenal memproduksi karpet sejak zaman tembaga. Seiring berjalannya waktu, karpet-karpet dari Iran semakin dikenal dan menjadi salah satu komoditi yang dibawa para pedagang ke penjuru dunia. 

Kini, karpet dari Iran dikenal dengan keindahan dan kemewahannya. Karpet dari Iran banyak digunakan di istana kerajaan dan kini mulai banyak dipakai sebagai dekorasi rumah tangga di berbagai dunia. Bahkan iran menjadi produsen dan eksportir karpet terbesar di dunia. 

fakta iran

8. Kucing Persia Memang Berasal dari Iran 

Kucing Persia adalah salah satu jenis kucing yang banyak digemari sebagai hewan peliharaan. Kucing dengan bulu yang panjang, wajah yang bulat, dan moncong yang pendek itu memang berasal dari Iran. Mereka hidup di dataran tinggi Iran, dan bulu-bulunya yang panjang berfungsi untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat. 

Kucing jenis tersebut pertama kali dibawa ke Italia dari Roma pada paruh pertama abad 17. Kucing Persia kemudian dikembangbiakkan oleh orang Eropa, dan dengan cepat menarik minat warga Eropa. Mereka tertarik menjadikan Kucing Persia sebagai hewan peliharaan. 

9. Memiliki Gunung Berapi Tertinggi di Asia 

Gunung Damavand di Iran tercatat sebagai gunung berapi tertinggi di dunia. Puncak gunung tersebut berada di ketinggian 5.609,2 meter. Gunung Damavand terletak di Alborz, dekat dengan pesisir selatan Laut Kaspia di provinsi Mazandaran. 

10. Musim Semi dan Musim Gugur adalah Waktu Terbaik Mengunjungi Iran 

Jika Anda ingin mengunjungi Iran, maka waktu yang disarankan adalah saat musim semi dan musim gugur. Sebenarnya, kita bisa kapan saja mengunjungi Iran. Namun di musim semi dan musim gugur, Iran memiliki cuaca terbaik. Suhunya berkisar antara 7 hingga 20 derajat Celcius. 

Mau dapat tabungan umroh? Yuk download aplikasinya di sini dan dapatkan tabungan umroh sekarang juga!

Ketika musim semi, wisatawan akan disuguhi keindahan bunga-bunga yang bermekaran di Iran. Salah satu yang menarik adalah menyaksikan bunga tulip, bunga nasional Iran, bermekaran.

Facebook Comments