1
Serba-serbi Ramadhan

Hadist Tentang Bulan Ramadhan yang Penuh Berkah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Bulan Ramadhan adalah bulan suci dan penuh keberkahan. Di bulan inilah Allah Subhânahu wa Ta’âlâ mengampuni dosa-dosa dan kesalahan yang telah diperbuat oleh umat muslim. Pengampunan dosa dan kesalahan tersebut sudah tertera dalam dalil Al Quran dan hadist. Marilah simak beberapa hadits tentang bulan ramadhan, tentunya sebagai panduan bagi manusia agar dapat menjalankan ibadah dengan sempurna sesuai dengan petunjuk Allah

Keberkahan Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan memiliki banyak keberkahan, keutamaan dan berbagai keistimewaan yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan lainnya. Puasa Ramadhan merupakan penyebab terampuninya dosa-dosa dan terhapusnya berbagai kesalahan. Sebagaimana hadits yang terdapat dalam ash-Shahihain dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ.

Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena keimanan dan mengharapkan pahala (dari Allah Subhanahu wa Ta’ala), niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari)

Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Shalat fardhu lima waktu, shalat Jum’at ke Jum’at berikutnya, dan Ramadhan ke Ramadhan berikutnya menghapuskan dosa-dosa yang dilakukan di antara masa tersebut seandainya dosa-dosa besar dijauhkannya.” (HR. Muslim)

Pada bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu malam lailatul Qadar. Terdapat banyak hadits lain yang menjelaskan keutamaan dan keistimewaan bulan yang sangat berkah ini. Di antara keberkahan bulan ini adalah kaum muslimin dapat meraih banyak keutamaan dan manfaat puasa yang bersifat ukhrawi maupun duniawi.

Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

webinar umroh.com

Apabila Ramadhan datang maka pintu-pintu Surga dibuka, pintu-pintu Neraka ditutup dan syaitan-syaitan dibelenggu.”(HR.Bukhari)

Sedangkan dalam riwayat an-Nasa-i dan Imam Ahmad terdapat tambahan: “Telah datang kepadamu Ramadhan, bulan yang penuh barakah.” (HR. An-Nasai dan Ahmad)

Baca juga : Zakat kepada Orang Tua dan Anggota Keluarga, Bolehkah?

Hadits Tentang Bulan Ramadhan

Ada berbagai macam firman Allah di kitab suci Al Quran dan juga berbagai macam hadist yang membahas mengenai bulan ramadhan, semuanya tentu sebagai panduan bagi manusia agar dapat menjalankan ibadah dengan sempurna sesuai dengan petunjuk Allah. Berikut ini beberapa hadist tentang Bulan Ramadhan yang wajib untuk kita pahami dan dilaksanakan sesuai kemampuan, diantaranya.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Telah datang pada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh keberkahan, di mana Allah Swt. mewajibkan kalian berpuasa, dibuka pintu-pintu surga dan ditutup pintu-pintu neraka dan setan-setan dibelenggu.” (HR. Ahmad, Nasa’i dan Al Baihaqi)

Jelas dari hadist tersebut bahwa bulan ramadhan ialah bulan yang bebas dari gangguan syetan karena seluruh syetan dikurung di neraka.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Wahai para pencari kebaikan, bersegeralah (menuju kebaikan), wahai para pencari keburukan, berhentilah (dari keburukan), Allah membebaskan (seorang hamba) dari api neraka pada setiap malam (di bulan Ramadhan).[At- Tirmidzi).

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Umoh.com merangkum, hadist ini mengenai seruan kepada umat muslim untuk meningkatkan keimannnya sebab di bulan ramadhan Allah mengeluarkan hamba dari api neraka di tiap malamnya. Dalam sebuah hadist dinyatakan bahwa seseorang yang beribadah di bulan ramadhan dengan sungguh-sungguh yakni menjalankan dengan ikhlas semata karena Allah maka baginya akan terbebas dari dosa dan ia menjadi sosok yang baru yang bebas dari dosa baggaikan bayi suci yang baru lahir karena dosa dosanya telah diampuni.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Bulan Ramadhan adalah bulan yang Allah wajibkan kalian untuk berpuasa, dan aku telah mensunnahkan kaum muslimin untuk shalat malam didalamnya, maka barangsiapa berpuasa dengan penuh keimanan dan mengharap pahala, niscaya dosa-dosanya akan keluar (darinya) bagaikan hari ketika ia baru dilahirkan ibunya” (HR.Ahmad)

hadits tentang bulan ramadhan

Ketika bulan Ramadhan seseorang rutin menjalankan sholat malam maka ia akan mendapatkan tempat yang khusus dan sangat indah di surga. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya di surga ada kamar-kamar, luarnya terlihat dari dalam dan dalamnya terlihat dari luar.” Seorang badui menghampiri beliau, ia bertanya: “Itu untuk siapa, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Bagi yang membiasakan ucapannya baik, memberi makan puasa secara kontinyu, sholat malam untuk Allah saat orang-orang tidur,” (HR.At- Tirmidzi)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Puasa dan Al Quran keduanya akan memberikan syafa’at kepada seorang hamba di hari kiamat, puasa berkata, “Wahai Rabb, aku telah mencegahnya dari makanan dan nafsu syahwat di siang hari, maka izinkan aku memberi syafa’at padanya,” dan Al Quran berkata, “Aku telah mencegahnya dari tidur di malam hari, maka izinkan aku memberi syafa’at padanya.” Rasulullah melanjutkan, “Maka keduanya diizinkan memberi syafa’at.” (HR. Ahmad)

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Di hari kiamat nanti, seseorang yang rajin melakukan ibadah sesuai hadits tentang bulan ramadhan akan mendapatkan begitu banyak syafaat dikarenakan kebaikan yang dilakukannya, sehingga ia terbebas dari segala kesusahan dan dapat mencapai kebaikan di akherat dengan mudah, ia tidak akan dekat dengan siksa atau dengan segala sesuatu yang membebani di akherat.