1
Muslim Lifestyle

Hikmah Menuntut Ilmu di dalam Islam dan Kehidupan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Setiap apa yang kita lakukan di muka bumi ini pasti memiliki hikmah. Apalagi yang kita kerjakan sesuai dengan syariat Islam. Orang yang memiliki ilmu akan dapat membedakan antara petunjuk dan kesesatan, kebenaran dan kebatilan, sunnah dan bid’ah. Maka ilmu adalah perkara mulia yang hendaknya menjadi perhatian setiap muslim, perkara yang harus diutamakan. Karena ilmu itu lebih di dahulukan dari perkataan dan perbuatan. Selama melakukannya, hikmah menuntut ilmu sendiri bisa Anda dapatkan dari segala aspek.

Baca juga : Berikut ini Dalil Tentang Ilmu Pengetahuan dalam Islam

Adab Menuntut Ilmu

Agar proses belajar berjalan dengan baik sehingga kita mampu  mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan mampu mengantarkan kita menjadi orang yang sukses di dunia dan selamat di akhirat kelak, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan antara lain :

1. Meluruskan Niat

Ketulusan niat bagi orang yang menuntut ilmu akan mengantarkan seseorang berhasil dan sukses dalam menjalani kehidupannya nanti, karena segala sesuatu yang bernilai ibadah itu tergantung dari niat dan tujuannya. Adapun niat dan tujuan yang seharusnya dimiliki para penuntut ilmu dalam proses menuntut ilmu dengan melaksanakan perintah Allah SWT dan Rasulullah saw, memerangi kebodohan agar tidak dibodohi oleh orang lain, mempersiapkan masa depan yang lebih cerah dan terarah, serta membekali kehidupan akhirat agar bisa selamat dan khusnul khatimah.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

2. Hormat dan Santun terhadap Guru

Umroh.com merangkum, memiliki rasa hormat dan bersikap santun terhadap guru adalah perilaku yang harus dimiliki dalam menuntut ilmu. Guru adalah orang yang memberikan kita ilmu, yang dengan ilmu itu kita akan menjadi orang mulia baik didunia maupun diakhirat. Dan salah satu cara untuk memuliakan guru adalah bersikap hormat dan santun kepadanya sebagai cerimanan sikap kerendahan hati. Sebagai mana sabda Rasulullah :

“Belajarlah kalian ilmu untuk ketenteraman dan ketenangan serta rendah hatilah pada orang yang kamu belajar darinya”. (HR.At-Tabrani)

3. Mengawali dan Mengakhiri dengan Do’a

Untuk mengawali sesuatu yang baik termasuk dalam hal ini menuntut ilmu maka kita harus berdoa’a minimal dengan membaca basmalah dan mengahiri dengan hamdalah. Rasulullah saw bersabda :

“Setiap perkataan atau perkara yang mempunyai nilai kebaikan, tetapi tidak dibuka dengan menyebut nama Allah, maka perkara itu akan menjadi sia-sia. “ (HR.Ahmad)

webinar umroh.com

Dan doa yang sangat bangus untuk mengawali proses belajar adalah:

” Ya Allah berikanlah aku rezeki berupa pemahaman seperti pemahamannya para nabi, hafalan seperti hafalannya para Rasul dan ilham seperti para ilhamnya para Malaikat Mukarrabin “

Adapun doa yang kita baca setelah selesai kita belajar adalah :

” Ya Allah perlihatkanlah kebenaran kepada kami, dan berikanlah kami kekuatan untuk bisa mengikutinya, perlihatkanlah kepada kami kebathilan dan berikanlah kepada kami untuk menjauhinya”

Hikmah Menuntut Ilmu

Hikmah mencakup semua aspek kehidupan. Bahkan dalam masalah akidah. Termasuk juga dalam hal menuntut ilmu. Menuntut ilmu merupakan salah satu kewajiban bagi seorang muslim. Terutama ilmu syar’i. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barang siapa yang menempuh jalan guna menimba ilmu, niscaya Allah akan mudahkan baginya, berkat amalan ini jalan menuju ke surga.” (HR. Muslim)

Para penuntut ilmu memiliki hikmah dalam menuntut ilmu tersebut, dia akan mendapatkan faedah yang lebih banyak dari ilmu yang dia tuntut. Dan kapasitas ilmu yang dia dapati juga akan lebih banyak serta dalam waktu yang lebih singkat dari pada para penuntut ilmu yang tidak mengetahui hikmah dalam menuntut ilmu.

Yuk pilih paket umroh Anda hanya di umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Berikut ini hikmah menuntut ilmu dalam Islam, diantaranya:

  • Berada di jalan Allah, Allah berfirman“Barang siapa yang keluar rumah untuk menuntut ilmu, berarti dia berada di jalan Allah hingga pulang” (HR Turmudzi)
  • Mendapatkan pahala yang mengalir terus “Jika anak adam meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 hal, yaitu Shodaqoh jariyah, Ilmu yang bermanfaat, dan Anak sholeh yang selalu mendoakan orang tuanya.” (HR Muslim)
  • Agar tidak terlaknat, Allah berfirman“Dunia dan seisinya terlaknat, kecuali yang memanfaatkannya demi kepentingan dzikrullah dan yang serupa dengan itu, pada ulama’, dan orang-orang yang menuntut ilmu.” (HR Turmudzi)
  • Ditinggikan derajatnya, Allah berfirman“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat”.
  • Di mudahkan jalan menuju surga, Allah berfirman : “Barang siapa menempuh jalan untuk menuntut ilmu agama, pasti Allah membuat mudah baginya jalan menuju surga.” (HR Muslim)
  • Mudah untuk menyelesaikan suatu masalah
  • Bagi orang berilmu, makin tinggi ilmunya semakin tawaduk/tidak sombong.
  • Orang yang senantiasa mengamalkan ilmunya, maka semakin pandai daripada orang yang tidak mengamalkan ilmunya.
  • Meningkatkan ketaatan kepada Allah sebagaimana Imam Syafi’i berkata: “Barang siapa taat kepada Allah SWT dengan ilmu maka bermanfaatlah batinnya.”
  • Menjaga diri dari hal hal buruk sebagaimana Imam Syafi’i berkata: “Barang siapa tiada menjaga dirinya maka tak bergunalah ilmu.”
  • Menuntut ilmu adalah lebih utama daripada ibadah sunnah.
  • Memperhalus perasaan dan menyuburkan kebijaksanaan sebagaimana Al Imam Al Ghazali berkata: “Menuntut ilmu bukan hanya mengisi otak dan pikiran, tetapi juga untuk memperhaluskan perasaan dan menyuburkan kebijaksanaan.”
hikmah menuntut ilmu

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Demikian artikel mengenai hikmah menuntut ilmu untuk para umat islam yang belum tahu. Jangan malas untuk menuntut ilmu di bidang apapun karena dengan kekayaan ilmu yang dimiliki dan disebarkan kepada orang lain akan memberikan dampak positif