1
Muslim Lifestyle

Ini 20 Adab Menuntut Ilmu yang wajib Diketahui

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Sebagai manusia alangkah baiknya untuk kita memiliki adab dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam menuntut ilmu. Seseorang penuntut ilmu tentunya harus dapat menghiasi dirinya dengan adab dan akhlak yang mulia. Mereka juga harus mengamalkan ilmunya dengan meminta akhlak yang mulia, baik terhadap dirinya maupun untuk orang lain. Selama menjalaninya juga Anda harus tahu mengenai 20 adab menuntut ilmu yang perlu Anda tahu dan pahami.

Karena dengan adab yang dimilikinya, maka seseorang akan menjaga ucapannya serta tingkah lakunya dalam lingkungan dimana dia tinggal. Berikut ini merupakan adab-adab yang selayaknya kita ketahui ketika menuntut ilmu.

Baca juga : Jangan Takut! Ini 7 Tips Memastikan Makanan Halal

Pengertian Adab

Secara bahasa pengertian adab adalah sebuah akhlak mulia dengan bentuk dari tingkah laku, tabiat atau aturan-aturan yang berdasarkan norma maupun berdasarkan agama. Adab berasal dari bahasa Arab yang artinya adalah pendidikan atau mendidik. Sedangkan pengertian adab menurut bahasa Yunani adalah kebiasaan atau etika. Namun pada intinya, adab adalah sebuah perilaku dari manusia yang menunjukkan kehalusan dan kebaikan budi pekerti seperti kesopanan, serta akhlak untuk mendidik dirinya sendiri supaya menjadi orang yang paham akan aturan dan menjadi manusia yang bertanggung jawab.

Adab Menuntut Ilmu

Berikut di antara adab-adab yang selayaknya diperhatikan ketika seseorang menuntut ilmu syar’i :

1. Ikhlas

Ketika seseorang sedang menuntut ilmu, maka sudah seharusnya kita selalu ikhlas karena Allah SWT dan seseorang yang sedang menuntut ilmu tidak akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat jika mereka tidak ikhlas menuntut ilmu karena Allah SWT atau menuntut ilmu hanya sekadar ingin dipandang oleh orang lain. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran “Agar mereka tidak diperintahkan agar beribadah hanya untuk Allah dengan memurnikan ketaatan hanya untukNya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan menjalakan mereka membuat sholat dan memurnikan zakat ; dan yang demikian merupakan agama yang lurus.” (QS. Al-Bayyinah )

2. Rajin berdoa kepada Allah

Setiap seseorang yang sedang menuntut ilmu, sudah seharusnya rajin berdoa kepada Allah SWT dan memohon ilmu yang bermanfaat bagi dirinya kelak agar bisa membagikan ilmu yang mereka punya untuk diajarkan kepada orang lain.

3. Bersungguh – sungguh dalam belajar

Umroh.com merangkum, dalam menuntut ilmu sangat diperlukan niat yang sungguh-sungguh. Karena ketika menuntut ilmu maka tidak layak untuk kita menjadi orang yang bermalas-malasan dalam mencari ilmu. Nabi Muhammad SAW bersabda “Dua orang yang rakus tidak akan pernah kenyang yaitu (1) orang yang rakus terhadap ilmu dan tidak pernah puas dengan dan (2) orang yang serakah ke dunia dan tidak pernah suka kenyang.” (HR. Al-Baihaqi)

webinar umroh.com
adab menuntut ilmu

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

4. Menjauhkan diri dari dosa dan maksiat

Bagi siapapun yang sedang menuntut ilmu lalu dia tetap melakukan maksiat, maka akan terhalang dari ilmu yang bermanfaat. Sesungguhnya dosa dan maksiat dapat menggantikan ilmu yang bermanfaat, bahkan dapat membebaskan hati, merusak kehidupan dan mendatangkan siksa dari Allah SWT.

5. Tidak sombong dan tidak malu ketika menuntut ilmu

Ketika seseorang yang sedang menuntut ilmu menjadi sombong dan memiliki sifat malu, maka mereka tidak akan pernah mendapatkan ilmu selama kedua sifat tersebut masih ada pada dirinya. Imam Mujahid mengatakan “Seseorang yang tidak belajar ilmu : orang pemalu dan orang yang sombong.” (HR. Bukhari)

6. Mendengarkan dengan baik pelajaran yang dijelaskan oleh guru

Saat seseorang menuntut ilmu dan sedang belajar dalam mengkaji ilmu alangkah baiknya untuk kita selalu mendengarkan penjelasan dari guru.

7. Diam pada saat pelajaran berlangsung

Seseorang yang memiliki adab tentunya akan diam ketika guru menjelaskan dan tidak berbicara ketika tidak ada kepentingan yang lain.

8. Berusaha untuk menerima ilmu yang disampaikan oleh guru

Kiat menarik pelajaran yang disampaikan oleh guru atau pengajar adalah mencari tempat duduk yang tepat di hadapan guru dan memperhatikan penjelasan guru, bersungguh-sungguh dalam mencatat.

9. Menghafalkan ilmu yang telah disampaikan

Nabi Muhammad SAW bersabda “Allah akan memberikan cahaya kepada wajah orang yang telah membuka perkataan, kemudian ia dapat memahaminya, menghafalkan nya dan memulainya. Banyak orang membawa fikih kepada orang yang lebih paham daripadanya.” (HR. At-Tirmidzi)

Dari hadits tersebut dijelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW berdoa kepada Allah SWT agar Allah SWT memberikan cahaya pada wajah orang-orang yang mendengarkan, memahami, menghafal dan mengamalkan ilmu yang mereka miliki.

10. Mengikat ilmu atau pelajaran dengan melalui tulisan

Ketika seseorang sedang menuntut ilmu, maka penuntut ilmu ini harus meminta pelajaran, poin-poin penting dan juga fawaa-id (faedah dan manfaat) agar ilmu yang dipelajarinya tidak mudah hilang dan terus tertancap dalam ingatannya setiap kali dia mengulanginya.

Dengan melaksanakan umroh bisa melancarkan rezeki, kunjungi Umroh.com dan dapatkan paket menariknya!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

11. Mengamalkan ilmu

Alangkah baiknya untuk kita agar selalu mengamalkan ilmu yang kita punya, karena dengan mengamalkan ilmu yang kita punya maka sama seperti kita memberikan pengetahuan kepada orang lain. Yang tadinya orang lain tidak tahu maka akan menjadi tahu.

12. Berusaha mendakwahkan ilmu

Objek dakwah yang paling utama adalah keluarga dan kerabat. Bagi seseorang yang sedang menuntut ilmu alangkah baiknya untuk memberikan dakwah kepada keluarga terdekat.

13. Hendak sopan ketika mengajukan sebuah pertanyaan

Ketika guru sudah menjelaskan, lalu sang guru memberikan sesi tanya jawab, alangkah baik untuk kita yang sedang menuntut ilmu untuk mengajukan sebuah pertanyaan dengan nada yang penuh kesopanan dan tidak menyinggung perasaan dari guru kita.

14. Hendaknya sopan terhadap teman-teman

Ketika seseorang menuntut ilmu alangkah baiknya juga untuk memiliki adab kesopanan, baik itu ke guru maupun ke teman – teman kelasnya, karena sikap sopan santun kepada teman juga merupakan sikap sopan kepada guru kita.

15. Memberikan salam kepada semua yang hadir ketika masuk kelas

Seseorang yang memiliki adab dalam menuntut ilmu, tentunya tidak akan lupa mengucapkan salam ketika dia hadir terutama ketika memasuki ruangan kelas. Karena memberikan salam merupakan dari bentuk sikap penuh kehormatan bagi guru dan teman kita.

16. Meninggalkan debat kusir dan adu argumen

Seseorang yang memiliki adab dalam menuntut ilmu tentunya akan menjauhi debat kusir dan adu argumen yang nanti akan membuat kita menjadi pertengkaran.

adab menuntut ilmu

17. Memuji kehebatan guru

Alangkah baiknya untuk kita selalu memuji kehebatan guru kita, baiknya itu berupa ilmu yang dimiliki oleh guru kita ataupun kesabaran selama mengajar muridnya. Memuji juga harus dilakukan di belakang guru bukan hanya memuji di depan guru saja.

18. Hendak hadir di dalam kelas dengan pakaian yang layak

Seseorang yang memiliki adab tentunya akan selalu ingat bahwa bersih adalah sebagian dari iman.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

19. Sopan kepada guru

Sebagai orang yang memiliki adab dalam menuntut ilmu, tentunya harus sopan kepada gurunya dan menghargai guru.

20. Berterima kasih kepada guru

Berterima kasihlah kepada guru kita, karena beliau kita dapat mengetahui ilmu dan menambah ilmu.