play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Doa

Perhatikan! Inilah Dalil Menuntut Ilmu yang Wajib Diketahui

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Menuntut ilmu merupakan perintah bagi setiap mukmin. Ada banyak dalil tentang menuntut ilmu yang menguatkan kewajiban tersebut. Berikut ini dalil menuntut ilmu yang telah dirangkum umroh.com.

Allah Pemilik Segala Ilmu

“Allah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya Allah ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu.” (QS.At Thalaq: 12)

“Dialah yang menurunkan Al Kitab (Al Quran) kepada kamu. Di antara (isi)nya ada ayat-ayat yang muhkamaat, itulah pokok-pokok isi Al qur’an dan yang lain (ayat-ayat) mutasyaabihaat. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong kepada kesesatan, maka mereka mengikuti sebahagian ayat-ayat yang mutasyaabihaat daripadanya untuk menimbulkan fitnah untuk mencari-cari ta’wilnya, padahal tidak ada yang mengetahui ta’wilnya melainkan Allah. Dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata:

“Kami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyaabihaat, semuanya itu dari sisi Tuhan kami”. Dan tidak dapat mengambil pelajaran (daripadanya) melainkan orang-orang yang berakal.” (QS.Ali Imran: 7 ).

Baca juga: Ingat! Utamakan Adab Ketika Menuntut Ilmu

Allah Memberi Petunjuk pada Orang yang Menuntut Ilmu

“Dan perumpamaan-perumpamaan ini Kami buat untuk manusia; dan tiada yang memahaminya kecuali orang-orang yang berilmu.” (QS.Al  Ankabut: 43)

Allah Memerintah untuk Berdoa Memohon Ilmu

“Maka Maha Tinggi Allah Raja Yang sebenar-benarnya, dan janganlah kamu tergesa-gesa membaca Al Quran sebelum disempurnakan mewahyukannya kepadamu, dan katakanlah: ‘Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan’” (QS.Toha: 114)

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Allah Memudahkan Jalan Penuntut Ilmu

Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang menempuh suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR.Muslim).

Ilmu Lebih Berharga Dibanding Harta Benda

Umroh.com merangkum, suatu ketika, Rasulullah berkata kepada Ali bin Abi Thalib ra., “Demi Allah, jika Allah memberikan petunjuk kepada satu orang saja melalui perantaraanmu, itu lebih baik bagimu dibandingkan dengan unta merah” (HR.Bukhari & Muslim). Pada masa itu, unta merah adalah unta yang paling bagus sekaligus paling mahal.

Ilmu  Merupakan Tanda Kebaikan

Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang dikehendaki kebaikan oleh Allah, maka Allah akan memahamkan dia dalam urusan agamanya.” (HR.Bukhari & Muslim).

Keutamaan Orang Berilmu

Rasulullah bersabda, “Keutamaan orang berilmu di atas ahli ibadah bagaikan keutamaan bulan purnama atas seluruh bintang-bintang. Sesungguhnya ulama itu adalah pewaris para nabi. Para Nabi tidaklah mewariskan dirham dan dinar, akan tetapi mereka mewarisi ilmu. Maka barangsiapa yang mengambilnya, sungguh dia telah mengambil keberuntungan yang besar” (HR.Abu Dawud).

Jadilah tamu istimewa Allah dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

Anjuran untuk Berlapang-Lapang dalam Majlis

“Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS.Al Mujadilah: 11).

Doa Makhluk Allah untuk Para Penuntut Ilmu

Rasulullah bersabda, “Segala sesuatu memintakan ampun bagi ahlul ilmi, sampai-sampai ikan di lautan.” (HR.Abu Ya’la)

“Sesungguhnya Allah, malaikat-malaikatNya, sampai semut di sarangnya, dan ikan di lautan bershalawat untuk orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia.” (HR.Thabrani).

Menuntut Ilmu Setara dengan Berjihad

Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang mendatangi masjidku ini, tidaklah ia mendatanginya kecuali untuk kebaikan yang akan dipelajarinya atau diajarkaannya, maka dia setara dengan kedudukan mujahid fii sabiilillah.” (HR.Ibnu Majah).

Pahala Ilmu yang Bermanfaat Tak Pernah Putus

“Jika anak Adam meninggal maka terputuslah amalnya kecuali dari tiga perkara: shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakannya.” (HR.Muslim)

Rasulullah juga bersabda, ”Empat amalan orang hidup yang (pahalanya) tetap mengalir setelah orang tersebut meninggal dunia. Seseorang yang mempunyai anak shalih yang berdoa untuknya dan doa tersebut bermanfaat untuknya. Orang yang bersedekah, maka pahalanya mengalir untuknya selama sedekah itu berpahala setelahnya. Seseorang yang mengajarkan ilmu dan mengamalkannya setelahnya, maka baginya pahala sebesar pahala orang yang mengamalkannya tanpa sedikit pun mengurangi pahala orang yang mengamalkannya tersebut.” (HR.Thabrani).

Menuntut Ilmu Lebih Utama dari Ibadah Sunnah

“Keutamaan ilmu itu lebih aku cintai daripada keutamaan ibadah. Dan sebaik-baik agamamu adalah wara’ ” (HR.Al Bazzaar)

Orang Berilmu Memiliki Posisi yang Penting

“Allah menyatakan bahwasannya tidak ada sesembahan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang menegakkan keadilan. Para malaikat dan orang-orang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu).” (QS.Ali Imran: 18)

Derajat Orang Berilmu akan Ditinggikan

“Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (QS.Al Mujadilah: 11)

Makna “diangkat derajatnya” dalam dalil menuntut ilmu ini bisa berarti pahala yang banyak, kedudukan yang tinggi atau nama yang masyhur di dunia. Bisa juga berupa kedudukan yang tinggi di surga.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Umar bin Khaththab menuturkan,”Adapun Nabi kalian Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, sungguh dia pernah bersabda, “Sesungguhnya Allah akan mengangkat kedudukan sekelompok orang dengan Kitab ini, dan akan merendahkan sebagian lainnya dengan Kitab ini pula” (HR.Muslim).

Facebook Comments