1
Muslim Lifestyle

Hikmah Sholat Berjamaah yang Wajib Diketahui

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Sebagai seorang muslim, sholat adalah ibadah utama yang wajib dilaksanakan. Sholat memiliki kedudukan yang begitu tinggi dimata Allah SWT dan rasulnya karena merupakan pondasi dari kokohnya iman islam seseorang. Lalu apa sih sebenarnya hikmah dari sholat berjamaah itu sendiri?

Umroh.com merangkum, pelaksanaan sholat boleh saja dilakukan secara sendiri dirumah. Namun, amat sangat dianjurkan apabila dapat dilakukan secara berjamaah, terlebih itu dilaksanakan di dalam masjid. Dengan melaksanakan sholat berjamaah pahala yang didapat akan jauh lebih besar  yaitu 27 kali lipat dibandingkan dengan sholat sendiri.

Baca juga: Inilah Hukum Sholat Berjamaah bagi Wanita

Pentingnya Sholat Berjamaah

Sholat berjamaah merupakan sebuah amalan yang sangat utama, jauh lebih utama daripada sholat sendirian. Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu’anhu menceritakan:

“Barangsiapa yang senang untuk berjumpa dengan Allah di hari esok hari akhirat sebagai seorang muslim maka hedaklah menjaga sholat lima waktu dengan berjamaah yang mana diserukan panggilan adzan untuknya. Karena Allah telah mensyariatkan jalan-jalan petunjuk untuk Nabi kalian shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan sesungguhnya sholat berjamaah itu termasuk jalan petunjuk. Kalau lah kalian sengaja mengerjakan sholat di rumah-rumah kalian sebagaimana halnya perbuatan orang yang sengaja meninggalkan sholat jamaah ini dan mengerjakannya di rumah niscaya kalian telah meninggalkan sunnah Nabi kalian. Dan kalau kalian sudah berani meninggalkan sunnah Nabi kalian, maka kalian pasti akan sesat. Sungguh aku teringat, bahwa dahulu tidak ada yang meninggalkan sholat berjamaah itu melainkan orang munafiq yang terbukti kemunafikannya. Sampai-sampai dahulu ada di antara para sahabat itu yang memaksakan diri untuk datang sholat berjamaah dengan dipapah di antara dua orang lelaki untuk diberdirikan di dalam barisan/shaf sholat berjamaah”

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Keutamaan Sholat Berjamaah

1. Sebagai tiang agama

Sholat adalah tiang agama, barang siapa yang menegakkan sholat berarti ia menegakkan agama dan barang siapa yang meninggalkan sholat berarti ia merobohkan agama. Sholat merupakan amalan yang pertama kali dihisab kelak di akhirat. Jika baik sholatnya, maka baik pula amal ibadahnya yang lain. Sebaliknya, jika buruk sholatnya, maka buruk pula amal ibadah yang lainnya. 

2. Pahalanya dua puluh tujuh kali lipat dari pada sholat sendirian 

Rasulullah SAW bersabda: 

“Telah menceritakan kepada kita Abdullah bin Yusuf, ia berkata: telah mengabarkan kepada kita Malik dari Nafi‟ dari Abdullah bin Umar sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: Sholat berjamaah itu lebih utama daripada sholat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.” (HR. Bukhari). 

webinar umroh.com

3. Mendapat pahala seperti haji dan umrah bagi yang mengerjakan sholat subuh berjamaah

Sebagaimana telah dikatakan oleh Abdul Wahab Asy-Sya‟roni dalam kitabnya Alminahu Assaniya, yaitu: 

“Wahai Ali: tetaplah kamu sholat berjamaah sesungguhnya sholat berjamaah disisi Allah bagaikan keberangkatanmu menunaikan ibadah haji dan umrah, tidak ada orang yang senang sholat berjamaah kecuali orang yang mu‟min yang benar-benar telah dicintai Allah, dan tidak ada orang yang benci sholat berjamaah melainkan orang munafiq yang benar-benar dibenci Allah.” 

4. Membebaskan diri seseorang dari siksa neraka dan kemunafikan

Seorang yang ikhlas melaksanakan sholat berjamaah maka Allah akan menyelamatkannya dari neraka dan di dunia dijauhkan dari mengerjakan perbuatan orang munafik dan ia diberi taufik untuk mengerjakan perbuatan orang-orang yang ikhlas.

Jadilah tamu Allah dengan temukan paketnya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Hikmah Sholat Berjamaah 

Sejatinya Allah SWT telah mensyariatkan sholat berjamaah karena mempunyai hikmah-hikmah yang besar, diantaranya: 

  • Persatuan umat, Allah SWT menginginkan umat Islam menjadi umat yang satu, maka disyariatkan sholat berjamaah sehari semalam lima kali. Lalu Islam memperluas jangkauan persatuan ini dengan mengadakan sholat jumat seminggu sekali supaya jumlah umat semakin besar. Hal itu menunjukkan bahwa umat Islam adalah umat yang satu. 
  • Menjadi penghalang dari mengerjakan kemungkaran dan keburukan.

Firman Allah dalam QS. Al Ankabut ayat 45 : 

Artinya:…”Dan tegakkanlah sholat karena sholat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar

  • Sebagai bentuk wujud ketaatan kepada Allah SWT. Tatkala mendengar adzan maka menyegerakan untuk memenuhi panggilan adzan tersebut kemudian melaksanakan sholat berjamaah dan meninggalkan segala urusan dunia. Maka itulah bukti atas penghambaan kepada Allah. 
  • Menumbuhkan kedisiplinan. Dengan melaksanakan sholat berjamaah secara rutin, maka seseorang akan terbiasa berdisiplin dalam mengatur dan menjalani kehidupan. 
  • Menghilangkan perbedaan status sosial. Ketika melakukan sholat berjamaah di masjid, maka sudah tidak ada perbedaan lagi antara yang kaya dan yang miskin, antara atasan dan bawahan, demikian seterusnya. Semua dihadapan Allah SWT sama, yang paling mulia adalah yang paling bertakwa