play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

Pengertian Ibadah Ghairu Mahdhah Dan Contohnya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com- Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang tidak luput dari kesalahan. Sebagai orang yang beriman kita senantiasa berlomba-lomba dalam beribadah kepada Allah SWT, karena kita harus meyakini bahwa setiap jengkal kehidupan yang kita jalani merupakan wujud dari ibadah. Ibadah contohnya ibadah ghairu mahdhah sendiri tak hanya melaksanakan sholat lima waktu, tetapi dapat berupa puasa, zakat, membaca Al-Quran dan masih banyak lagi.

Untuk itu hidup adalah sebuah pengabdian kepada sang pencipta, suatu pengabdian yang tercermin dari aktivitas-aktivitas kesehariannya, yang semata-mata hanya mencari ridho dari Allah SWT. Dalam islam kita senantiasa diperintahkan untuk melaksanakan ibadah, namun tahukah Anda bahwa dalam islam ibadah terdapat dua jenis, yaitu ibadah mahdhah dan ibadah ghairu mahdhah. Namun kali ini penulis akan membahas mengenai ibadah ghairu mahdhah, mari kita simak ulasannya berikut ini.

Baca juga : 6 Cara Tidur Nabi Muhammad yang Patut Ditiru

Pengertian Ibadah Ghairu Mahdhah

Ibadah ghairu mahdah atau yang bisa disebut ibadah umum merupakan hubungan sesama manusia dan manusia dengan alam yang memiliki nilai ibadah. Ibadah ini tidak ditentukan cara dan syarat secara detail, semua diserahkan kepada manusia itu sendiri. Ibadah ghairu mahdhah berbeda dengan ibadah mahdhah, jika ibadah mahdhah akan bernilai sah dan pahala.

Jika dilakukan dengan niat yang ikhlas namun sebaliknya ibadah ghairu mahdhah jika dilakukan dengan niat yang benar untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT, maka ada nilai pahalanya. Namun jika tidak dilakukan tanpa diiringi niat yang benar, maka tetap sah hanya saja tidak ada nilai pahalanya untuk Anda yang menjalankannya.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Prinsip Ibadah Ghairu Mahdhah

Umroh.com merangkum, ibadah ghairu mahdhah adalah segala amalan yang diizinkan oleh Allah SWT. Dalam hal ini Prinsip-prinsip di dalamnya ada 4 macam diantaranya yaitu :

  • Keberadaannya didasarkan atas tidak adanya dalil yang melarang, selama Allah SWT dan Rasul-Nya tidak melarang maka ibadah dalam bentuk ini boleh dilaksanakan, selama tidak di haramkan oleh Allah SWT maka boleh dilakukan.
  • Tata laksananya tidak perlu ber-pola pada contoh Rasulullah SAW, untuk itu dalam ibadah bentuk seperti ini tidak dikenal dengan istilah bid’ah atau  jika ada yang menyebutnya segala hal yang tidak dikerjakan Rasul bid’ah, maka bid’ah tersebut disebut bid’ah hasanah.
  • Bersifat rasional, ibadah ini baik-buruknya, untung-ruginya, atau manfaat-madharatnya, dapat ditentukan oleh akal dan logika. Sehingga jika menurut logika sehat, buruk, merugikan dan hanya mendatangkan madharat maka tidak boleh dilaksanakan.
  • Asasnya “manfaat”, dalam melaksanakan ibadah ini, yang dilihat adalah manfaatnya, jadi selagi ibadah atau amalan yang Anda kerjakan  mendatang manfaat, maka selama itu pula Anda dapat melakukannya.

Tak hanya jadi tamu Allah, Umroh juga mempermudah rezeki Anda. Yuk temukan paket umroh di umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Contoh Ibadah Ghairu Mahdhah

Ibadah atau amalan dalam ibadah ghairu mahdhah memiliki banyak sekali contoh salah satu contoh yang sederhana yaitu aktivitas makan. Makan pada dasarnya bukanlah sebuah ibadah khusus, setiap orang bebas mau makan kapan saja entah itu ketika lapar ataupun tidak lapar dan dengan menu apa saja, kecuali yang diharamkan oleh Allah SWT.

Bisa saja orang makan karena lapar atau hanya sekadar ingin mencicipi makanan. Akan tetapi dari aktivitas makan tersebut bisa berpahala ketika kita sebagai yang melakukan aktivitas tersebut meniatkan agar memiliki kekuatan (tidak lemas) untuk sholat atau berjalan menuju masjid. Hal tersebut berarti bahwa suatu perbuatan yang asalnya bukan suatu ibadah.

Akan tetapi menjadi ibadah karena melihat dan menimbang niat yang melakukannya. Hal tersebut merupakan contoh sederhana yang bisa kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana sudah paham mengenai pengertian ibadah ghairu mahdhah? Jika sudah tentunya kita harus senantiasa menjalankan ibadah, karena ibadah merupakan segala-galanya bagi umat muslim.

Ibadah Ghairu Mahdhah

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Maka dari itu sebagai umat muslim kita harus senantiasa menjalankan ibadah dalam kehidupan sehari-hari dengan niat semata-mata hanya untuk mendapat ridho dari Allah SWT. Semoga informasi yang penulis sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua dan kita senantiasa menjadi umat muslim yang taat akan ibadah dan menjalankannya dengan penuh ke ikhlasan.

Facebook Comments