1
Muslim Lifestyle

Yuk Lakukan! Ini 10 Contoh Ibadah Ghairu Mahdah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Ibadah adalah ketundukan manusia kepada Allah yang dilaksanakan atas dasar iman yang kuat dengan melaksanakan semua perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya dengan tujuan mengharapkan ridha dan ampunan-Nya, termasuk tujuannya ingin masuk surga. Selain itu beribadah kepada Allah harus dilakukan dengan ikhlas, bukan untuk mendapatkan pujian dari orang lain atau maksud-maksud lainnya. Terdapat contoh ibadah ghairu mahdah yan bisa Anda lakukan karena akan membawa berkah tersendiri untuk Anda.

Baca juga : Inilah Dalil Tentang Najis yang Harus Anda Tahu

Syarat Ibadah yang Diterima

Ibadah adalah perkara taufiqiyyah, yaitu tidak ada suatu ibadah yang di syariatkan kecuali berdasarkan Al – Quran dan As Sunah. Ibadah-ibadah itu bersangkutan dengan penerimaannya kepada dua faktor yang penting, yang menjadi syarat bagi diterimanya suatu ibadah. Syarat-syarat diterimanya suatu amal (ibadah) ada dua macam yaitu: 

1. Ikhlas

yakni dilaksanakan dengan mengharapkan keridhaan Allah, hanya pamrih atas nama Allah dan karena perintah-Nya. Allah berfirman dalam surat Az-Zumar ayat 11-12 sebagai berikut:

“Katakanlah. ‘sesungguhnya aku diperintahkan agar menyembah Allah dengan penuh ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama. Dan aku diperintahkan agar menjadi orang yang pertama-tama berserah diri.” (QS. Az-Zumar : 11-12)

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

2. Berdasarkan Pedoman yang Ada

Ibadah dilaksanakan sesuai syariat Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunah. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Kahf ayat 110 sebagai berikut:

“Katakanlah (Muhammad), ‘Sesungguhnya aku ini hanyaseorang manusia seperti kamu, yang telah menerima wahyu, bahwa sesungguhnyaTuhan kamu adalah Tuhan yang Esa’. Barang siapa mengharap pertemuan dengan Tuhannya maka hendaklah dia mengerjakan kebajikan dan janganlah dia mempersekutukan dengan sesuatu pun dalam beribadah kepada Tuhannya’.” (QS. Al-Kahf : 110)

Contoh Ibadah Ghairu Mahdhah

Ibadah Ghairu Mahdhah adalah ibadah tidak murni yang segala amalan yang diizinkan Allah walaupun tidak ada dalil yang jelas memerintahkan pelaksanaan amal tersebut.  Ibadah ghairu mahdhah memiliki prinsippelaksanaan ibadah ini berdasarkan pada tidak adanya dalil yang melarang. Jadi ibadah ghairu mahdhah boleh dilaksanakan selama Rasulullah tidak melarang dan Allah tidak mengharamkannya.

webinar umroh.com

Umroh.com merangkum, ibadah ghairu mahdhah memiliki manfaat. Artinya, selama ibadah atau amalan tersebut memiliki manfaat maka diperbolehkan untuk dikerjakan. Ada beberapa contoh yang termasuk dalam ibadah ghairu mahdhah, diantaranya:

Yuk berangkat umroh agar rezeki Anda dilancarkan. Temukan paketnya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]
  • Itikaf atau berdiam diri di masjid untuk berdoa kepada Allah SWT
  • Wakaf atau memberikan sebagian harta yang kekal zatnya kepada suatu badan yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat
  • Shadaqah dengan memberikan sesuatu tanpa ada tukarannya karena mengharapkan pahala di akhirat
  • Berkurban dengan menyembelih hewan kurban dalam syarat tertentu pada waktu bulan dzulhijjah dengan niat ibadah guna mendekatkan diri kepada Allah SWT
  • Seorang kepala rumah tangga yang memberikan nafkah kepada anak-anaknya dengan niat untuk memenuhi perintah Allah Ta’ala dan dengan niat untuk mendidik anak-anaknya agar mereka beribadah kepada Allah Ta’ala. Juga seseorang yang menikah dengan niat untuk menjaga dirinya dari perbuatan zina.
  • Seseorang yang meninggalkan minum khamr, hanyalah akan berpahala jika dilandasi oleh niat dan motivasi karena takut azab dan hukuman dari Allah SWT
  • Aktivitas tidur di awal malam dengan niat agar bisa bangun di akhir malam untuk membaca Al-Qur’an dan juga sholat malam. Jadi, Mu’adz menjadikan aktivitas tidurnya dalam rangka membantunya untuk melaksanakan ibadah kepada Allah Ta’ala, yaitu membaca Al-Qur’an di akhir malam (menjelang subuh)
  • Aktivitas makan pada asalnya bukanlah ibadah khusus. Orang bebas mau makan kapan saja, baik ketika lapar ataupun tidak lapar, dan dengan menu apa saja, kecuali yang Allah Ta’ala haramkan. Bisa jadi orang makan karena lapar, atau hanya sekadar ingin mencicipi makanan. Akan tetapi, aktivitas makan tersebut bisa berpahala ketika pelakunya meniatkan agar memiliki kekuatan (tidak lemas) untuk sholat atau berjalan menuju masjid. Ini adalah ciri pertama.
  • Menjaga wudhu dengan  membersihkan hadats atau kotoran agar mensucikan sebagian anggota tubuh
  • Zikir dan bersholawat dalam keadaan apapun guna mendekatkan diri dan meminta perlindungan kepada Allah SWT menjadi contoh ibadah ghairu mahdah yang terakhir.
hukum memberi hutang

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Demikian contoh ibadah ghairu mahdhah yang tanpa disadari termaduk kedalam rangkaian ibadah. Semoga kita selalu mengikuti apa yang sudah di syariatkan oleh agama Islam dan selalu mengikuti sunah – sunah Rasulullah SAW.