play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

Ingat! Ini Hukum Sholat Berjamaah di Masjid

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Sebagaimana yang kita ketahui sholat lima waktu merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan oleh kaum muslim. Perintah itu sudah jelas tertera dalam rukun islam yang ke dua. Sholat adalah perkataan dan perbuatan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam, dengan cara Tuhan disembah disertai dengan cara-cara tertentu untuk membangkitkan rasa kagum di dalam hati atas kebesaran-Nya dan kesempurnaan kekuasaan-Nya. Lalu bagaimana hukum sholat berjamaah di masjid? Berikut penjelasannya.

Tim Umroh.com memaparkan, dalam menjalankan ibadah sholat, dapat dilakukan sendirian dan dapat pula diselenggarakan secara berjamaah. Namun alangkah baiknya sholat dilakukan secara berjamaah lebih khususnya untuk kaum laki – laki. Karena Sholat berjamaah merupakan sebuah amalan yang sangat utama, jauh lebih utama daripada sholat sendirian.

Baca juga: Inilah Hukum Sholat Berjamaah bagi Wanita

Pengertian Sholat Berjamaah

Umroh.com merangkum, sholat berjamaah adalah salah satu simbol kebersamaan kaum muslimin. sholat berjamaah di masjid adalah sholat yang dilakukan secara bersama-sama dengan sekelompok orang dimana satu orang menjadi imam dan yang lainnya menjadi makmum dengan memenuhi syarat-syaratnya, yang dilakukan di masjid. sholat berjamaah jauh lebih afdhal karena di dalamnya terdapat perasaan ukhuwah dan menambah semangat beribadah, dalam suasana teratur di bawah pimpinan seorang imam.

hukum sholat berjamaah

Hukum Sholat Berjamaah

Sholat disyariatkan pelaksanaannya secara jamaah. Dengan berjamaah sholat makmum akan terhubung dengan sholat imamnya. Adapun dasar hukum sholat berjamaah itu adalah sunnat al-muakkadah yaitu perbuatan yang dianjurkan dengan nilai pahala yang tinggi. Hal ini didasarkan dalam sunnah Rasulullah SAW adalah berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Umar RA, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda:

“Telah menceritakan kepada kita Abdullah bin Yusuf, ia berkata: telah mengabarkan kepada kita Malik dari Nafi‟ dari Abdullah bin Umar sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: sholat berjamaah itu lebih utama daripada sholat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.” (HR. Bukhari).

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Hadits di atas menjelaskan betapa pentingnya sholat berjamaah, karena Allah akan memberikan kebaikan atau pahala sebanyak dua puluh tujuh derajat. Jadi sudah sepantasnya seluruh umat Islam mengamalkan hal tersebut.

Berdasarkan ayat Al-Quran dan sunnah Rasulullah SAW bahwa sholat berjamaah di masjid itu disyariatkan dan lebih utama dilaksanakan daripada sholat sendiri di rumah. Akan tetapi Bagi laki-laki, sholat lima waktu berjamaah di masjid lebih baik daripada sholat berjamaah di rumah, kecuali salat sunat, maka di rumah lebih baik. Bagi perempuan, sholat di rumah lebih baik karena hal ini lebih aman bagi mereka.

Jadilah tamu Allah dengan temukan paket umroh terbaik di Umroh.com!

Hukum Wanita Pergi Ke Masjid

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa, bagi seorang perempuan sholat lebih baik dikerjakan dirumah karena itu lebih aman untuknya. Sebenarnya Boleh saja wanita ikut sholat berjamaah di masjid. Namun, ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan agar niat sholat perempuan ke masjid ini tidak akan mendatangkan mudharat baginya. Diantara ketentuan – ketentuan itu ialah :

1. Ada tempat untuk sholat

Terpisah dari jamaah laki-laki dan ada penghalang antara mereka, dan disunnahkan mereka sholat berjamaah sendiri terpisah dari jamaah laki-laki, baik yang menjadi imam dari mereka sendiri maupun orang laki-laki. Apabila tidak ada tempat bagi perempuan, baiknya laksanakan sholat di rumah, karena sejatinya tempat sholat wanita di dalam rumah semakin tidak terlihat dan jauh dari campur baur lawan jenis akan semakin utama.

2. Aman dari fitnah

Saat perempuan hendak melaksanakan sholat berjamaah di masjid ada syarat yang harus dipenuhi agar terhindar dari fitnah yaitu dengan mewajibkan untuk menutup aurat, tidak memakai minyak wangi, dan mendapatkan izin dari suami. Rasulullah saw pernah bersabda

“ Janganlah kalian menghalangi istri – istri kalian untuk kemasjid. Jika mereka meminta izin pada kalian maka izinkanlah dia.” ( HR. Muslim, No 442 )

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

3. Kewajiban perempuan

Bagi seorang perempuan yang sudah diperistri, mengurus rumah dan merawat anak ialah suatu hal yang tak boleh di tinggalkan begitu saja. seorang perempuan boleh melaksanakan sholat di masjid asalkan kewajibannya telah terpenuhi dengan baik dan tidak ada halangan – halangan untuk pergi ke masjid selama di izinkan oleh suami dan aman untuk dirinya. 

Facebook Comments